5 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat SMS 2020

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat SMS – Bagi anda yang telah lama ada dalam dunia pekerjaan tentunya sudah tidak asing lagi dengan BPJS Ketenagakerjaan yang dulunya adalah JAMSOSTEK yang telah diubah nama menjadi BPJS Ketenagakerjaan, layanan yang menjamin keselamatan para pekerja yang ada diseluruh Indonesia serta pemerintah telah mewajibkan seluruh instansi dan perusahaan baik skala besar atau menengah wajib mengikutsertakan karyawannya menjadi peserta BPJS TK.

Dengan adanya BPJS Ketenagakerjaann dapat mengurangi beban pekerja ketika menimpa musibah baik itu kecelakaan kerja, sakit, bahkan meninggal dunia semua akan ditanggung oleh BPJS TKĀ  sehingga anda tidak menanggung beban biaya sendirian yang seperti kita ketahui bahwa biaya untuk layanan kesehatan setiap tahunnya semakin meningkat mengingat terjadinya musibah tidak ada yang tahu kapan akan datang, ketika anda telah menjadi peserta BPJS TK anda tidak perlu khawatir lagi soal biaya.

BPJS Ketenagakerjaan juga memiliki banyak layanan yang diberikan untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan antara lain ada Jaminan Hari tua manfaat yang anda dapatkan adalah anda dapat menerima uang tunai yang besarannya merupakan nilai akumulasi iuran dan ditambah dengan hasil pengembangan yang dibayarkan secara sekaligus namun harus memenuhi syarat seperti peserta telah mencapai usia 56 tahun, meninggal dunia, dan cacat total anda dapat mengambil sebagaian jika sudah mencapai 10 tahun dan ketentuan yang berlaku.

Ada pula Jaminan Kecelakaan Kerja manfaat yang anda dapatkan adalah mendapat pelayanan kesehatan seperti perawatan dan pengobatan, kemudian anda akan mendapat santunan berupa uang tunai yang akan diberikan santunan bagi pekerja yang cacat serta santunan kematian dan biaya untuk pemakaman. masih banyak manfaat dari layanan BPJS Ketenagakerjaan yang dapat anda rasakan sebagai pekerja, sehingga dengan adanya jaminan tersebut anda akan tenang dan dapat bekerja secara maksimal.

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat SMS

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat SMS

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat SMS

Namun ada sebagian karyawan perusahaan atau instansi yang akan mendapatkan informasi mengenai saldo BPJS Kesehatan sekali dalam setahun yang perlu anda ingat adalah tidak semua perusahaan memberikan infrormasi berapa besaran saldo pada BPJS Ketenagakerjaan anda, sehingga anda harus mengecek sendiri saldo anda sebagai bentuk pengawasan pada perusahaan tempat dimana anda bekerja terhadap penerapan UU Nomor 40 Tahun 2004 tentang sistem Jaminan Sosial Nasional. Ada beberpa metode yang dapat anda lakukkan untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan anda seperti cek saldo melalui aplikasi, website resmi atau call center, pada artikel kali ini kita akan menjelaskan tentang bagaimana cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan anda melalui SMS, berikut langkah-langkahnya.

Langkah-Langkah Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Via SMS

Langkah Langkah Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Via SMS

Langkah Langkah Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Via SMS

Ketika anda tidak dapat mengakses Internet anda dapat menggunakan cara ini yang terbilang cukup mudah hanya dengan memasukan nomor peserta anda dan kirim ke nomor yang telah ditentukan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Namun sebelumnya anda haeus mendaftarkan nomor telepon anda ke BPJS Ketenagakerjaan. Setelah anda terdaftar menajdi peserta BPJS Ketenagakerjaan maka langkah selanjutnya adalah mengecek saldo melalui SMS

  1. Siapkan kartu BPJS Ketenagakerjaan anda
  2. Kemudian Kirim SMS dengan Format : SALDO(spasi)Nomor Peserta
  3. Lalu Kirim ke 2757
  4. Tunggu sampai anda mendapatkan SMS balasan mengenai saldo BPJS Ketenagakerjaan anda

Tarif yang akan anda kenakan untuk mengecek saldo BPJS TK melalui SMS adalah sebesar Rp 165/SMS maka sebelum anda mengirim format SMS anda harus memastikan bahwa pulsa anda cukup untuk mengirim SMS tersebut.

Untuk cara ini merupakan bagian dari layanan SMS 2757 yang telah diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan untuk dapat semakin mempermudah peserta dalam memeperoleh informasi mengenai besaran saldo BPJS Ketenagakerjaan serta infromasi terkait dengan akun BPJS TK anda. ketika anda mengalami kesulitan mengecek saldo melalui SMS anda juga dapat langsung mengecek saldo dengan cara mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat dari tempat tinggal anda

Dengan menggunakan cara ini terbilang cara yang paling konvesional resikonya adalah anda harus mengantri panjang karena biasanya pada waktu tertentu memang kantor BPJS Ketenagakerjaan penuh oleh peserta yang memiliki kepentingan baik itu untuk pendaftaran atau lain hal. ketika anda memutuskan untuk mengecek saldo dengan mendatangi kantor maka sebaiknya anda datang lebih awal untuk menghindari antrian yang panjang, karena itu akan menghabiskan waktu anda dan kurang efisien jika anda seorang yang penuh dengan banyaknya kegiatan.