Batas Pembayaran BPJS Kesehatan Terbaru 2020

Batas Pembayaran BPJS Kesehatan – Sebagaimana yang telah anda semua ketahui bersama bahwasanya biaya untuk pengobatan dan rawat inap saat ini semakin mahal, semua orang pasti tidak mengharapkan terkena sakit dan menjalani rawat inap apalagi berhubungan dengan penyakit yang harus ditangani melalui operasi di rumah sakit. Hal ini sangat tidak di inginkan oleh semua orang. Maka dari itu pemerintah mempunyai program yaitu badan penyelenggara jaminan sosial kesehatan dan ketenagakerjaan yang para pesertanya terjamin tentang segala kesehatannya dan masa yang akan datang.

Namun demikian program tersebut ditunjukan pada seluruh warga masyarakat indonesia, tetapi sebelum dapat menggunakan layanan yang satu ini anda harus membuat atau mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan syarat-syarat yang sudah menjadi ketentuannya. Dan pada bpjs kesehatan sendiri akan ada pilihan kelas dan fasilitas kesehatan yang menjadi pilihan para peserta itu sendiri, setiap kelas yang menjadi pilihan anda pada saat awal pembuatan juga memiliki biaya iuran yang berbeda misal biaya iuran bpjs kelas 1 dengan kelas 2 dan kelas 3 itu sangat berbeda dan harus dibayarkan setiap bulannya.

Membayar iuran bpjs merupakan kewajiban bagi para peserta yang telah terdaftar menjadi peserta tersebut, pembayaran iuran bulanan dilakukan sebelum tanggal 10 setiap bulannya. Walaupun sudah diberitahu/ informasikan namun tetap saja masih ada peserta yang telat membayar iuran tersebut dengan berbagai alasan. Alasan yang sering diberikan yaitu karena lupa dan keterbatasan keuangan untuk bayar iuran tersebut, namun membayar iuran hukumnya wajib bagi anda yang sudah mulai ikut menjadi peserta bpjs, karena jika anda tidak membayarkan iuran tersebut maka kartu bpjs anda sementara waktu di nonaktifkan terlebih dahulu sampai benar-benar anda sudah membayarkan tunggakan bulan sebelumnya.

Kemudian akan diaktifkan kembali setelah anda membayarkannya, dan jika anda akan menggunakannya tetapi kartu anda ini belum membayarkan iuran maka kartu ini tidak dapat di gunakan terlebih dahulu. Tapi semua itu ada solusinya, jika anda sering lupa alangkah baiknya anda membuat pengingat di ponsel setiap tanggal tertentu harus sudah bayar iuran, sedangkan jika memiliki masalah dengan keuangan maka alangkah baiknya untuk pindah status menjadi PBI. Peserta PBI merupakan peserta KIS tidak mampu yang iuran bulannya akan ditanggung oleh pemerintah daerah setempat, untuk bisa menjadi peserta PBI tersebut anda harus melapor ke kelurahan atau dinas sosial terlebih dahulu untuk mendapatkan syarat terlebih dahulu. Selanjutnya baru anda pindah keanggotaan, dengan mengurusnya ke kantor cabang terdekat yang ada dikota anda.

Batas Pembayaran BPJS Kesehatan

Batas Pembayaran BPJS Kesehatan

Batas Pembayaran BPJS Kesehatan

Untuk beberapa dari peserta barangkali ada yang masih bertanya mengenai batas waktu pembayaran iuran setiap bulan pada bpjs kesehatan, sebaiknya dibayar sampai tanggal berapa??? Iuran bulanan bpjs memang harus mendapat perhatian khusus, pasalnya jika dianggap terlambat melakukan pembayaran maka kartu bpjs akan dinonaktifkan sementara seperti yang kami sampaikan diatas, itu artinya kartu tersebut tidak akan bisa digunakan untukĀ  mendapatkan pelayanan kesehatan dari pihak bpjs.

Bagaimana Pembayaran Iuran BPJS Melebihi Tanggal Jatuh Temponya???

Bagi yang belum mengetahui kapan iuran bpjs kesehatan harus dibayarkan pasti selalu menanyakan hal itu pada benak atau bahkan orang lain yang sudah juga sudah ikut menjadi peserta bpjs kesehatan, yaitu sebelum tanggal 10 setiap bulannya para peserta wajib sudah membayarkan iuran yang sudah menjadi kewajiban bagi setiap para peserta yang sudah ikut serta dalam program pemerintah yang satu ini. Namun jika pembayaran iuran bulanannya di bayarkan melebihi tanggal jatuh tempo atau melebihi tanggal 10 maka tidak akan menyebabkan kartu bpjs anda di nonaktifkan karena keterlambatanya masih kurang dari 1 bulan.

Selalu berhati-hati bagi anda para peserta dengan KTP khusus di daerah DKI Jakarta, karena di DKI Jakarta peserta bpjs yang mengambil kelas 3 yang terlambat 1 bulan dan untuk kelas 1 dan kelas 2 yang terlambat membayarkan iuran minimal 3 bulan, kepesertaan akan langsung dialihkan menjadi peserta PBI yang iuran bulanannya akan dibayarkan oleh pemerintah provinsi DKI jakarta, dan baru bisa beralih kembali ke bpjs mandiri setelah masa pengalihan minimal 6 bulan dengan membayarkan denda bulan keterlambatan sebelumnya.

Batas Waktu Pembayaran Iuran Pertama BPJS

Batas Waktu Pembayaran Iuran Pertama BPJS

Batas Waktu Pembayaran Iuran Pertama BPJS

Sedangkan bagi anda yang ingin melakukan pembayaran iuran awal bpjs, maka pembayaran iuran awal harus dilakukan paling cepat setelah 2 minggu atau 14 hari – 30 hari sejak virtual account diterima. Jika dalam rentang waktu tersebut iuran pertama anda tidak membayarkannya, maka data pendaftaran peserta akan dipending untuk sementara, serta iuran tidak akan bisa dibayarkan. Untuk melanjutkan pembayarannya, maka peserta harus melakukan update nomor virtual account ke kantor bpjs kesehatan terdekat yang ada di kota anda untuk mendapatkan virtual account yang terbaru. Nomor virtual account yang baru akan memiliki rentang pembayaran yang sama yaitu 14 hari sampai 30 sejak virtual account tersebut dibayar.

Bagi anda yang dekat dengan kantor cabang bpjs kesehatan bisa langsung datang dan tanyakan saja apakah efek jika pembayaran iuran bulanan itu melebihi jatuh tempo, pastiĀ  petugas kan menjelaskan dengan keselurahan.