3 Cara Mengatasi Terlewat Wawancara Pencairan JHT 2023

Cara Mengatasi Terlewat Wawancara Pencairan JHT – Jaminan Hari Tua (JHT) merupakan salah satu keuntungan bagi setiap peserta BPJS Ketenagakerjaan. Saldo JHT yang terkumpul nantinya bisa dicairkan apabila peserta sudah tidak lagi bekerja di Perusahaan manapun atau status kepesertaan sudah non-aktif.

Sementara itu, proses pencairan saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan secara Offline dengan cara datang langsung ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Selain itu, ada juga cara mencairkan saldo JHT Online melalui aplikasi JMO, Lapak Asik dan lain sebagainya.

Khusus untuk pencairan JHT Online, setiap peserta nantinya akan menerima jadwal wawancara via WhatsApp. Jadi, dari pihak BPJS Ketenagakerjaan bakal melakukan panggilan Video Call WhatsApp pada hari dan jam yang sudah ditentukan.

Lalu apa jadinya ketika peserta terlewat jadwal wawancara pencairan JHT? Apakah peserta harus mengulang seluruh proses pencairan dari awal? Barangkali ada salah satu dari kalian yang sedang mengalami masalah serupa, silahkan simak pembahasan di bawah ini.

Cara Mengatasi Terlewat Wawancara Pencairan JHT

Cara Mengatasi Terlewat Wawancara Pencairan JHT

Mencairkan saldo JHT lewat JMO, lewat Lapak Asik, WhatsApp dan berbagai metode Online lainnya menjadi pilihan banyak orang. Selain lebih praktis karena tidak perlu datang ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan, cara ini juga hanya membutuhkan waktu kurang dari 90 menit untuk menunggu dana pencairan JHT masuk ke rekening.

Tapi, seperti kami sebutkan diatas bahwa untuk pencairan JHT lewat Online, peserta perlu menjalani sesi wawancara dengan petugas BPJS Ketenagakerjaan. Proses ini biasanya dilakukan melalui Video Call WhatsApp.

Setelah wawancara dilakukan, baru dari pihak BPJS Ketenagakerjaan bakal memproses waktu pencairan dan lain sebagainya. Nah, bicara mengenai wawancara pencairan JHT Online, kami sempat menerima pertanyaan soal bagaimana cara mengatasi terlewat wawancara pencairan JHT.

Bisa dikatakan, proses wawancara ini merupakan tahap penting dalam pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan. Maka dari itu, jika wawancara sampai terlewat, maka para peserta bisa panik dan berpikiran saldo JHT tidak bisa dicairkan dalam waktu dekat ini.

Terlewat wawancara pencairan JHT bisa terjadi karena beberapa faktor berikut :

  • Tidak mendengar saat panggilan Video Call
  • Pihak BPJS Ketenagakerjaan menghubungi di luar jadwal yang telah ditentukan
  • Atau karena jadwal wawancara bentrok dengan jadwal kerja maupun urusan lain yang tidak bisa ditinggalkan

Terlepas dari apapun penyebab terlewat wawancara pencairan JHT, kami sarankan untuk jangan panik. Sebab, di bawah ini kami coba bantu berikan beberapa cara mengatasi terlewat wawancara pencairan JHT :

1. Kirim Laporan ke Akun Media Sosial BPJS Ketenagakerjaan

Cara pertama adalah melaporkan masalah ini akun Media Sosial resmi milik BPJS Ketenagakerjaan berikut ini :

Melalui salah satu akun media sosial diatas, kalian bisa mengirimkan pesan via Direct Messages dengan format sebagai berikut :

  • Nama
  • Nomor Peserta / Nomor KPJ
  • Alamat
  • Tanggal Klaim
  • Jadwal Wawancara
  • Masalah
  • Alasan

Setelah itu, jelaskan bahwa kalian terlewat wawancara pencairan BPJS Ketenagakerjaan lengkap dengan alasannya. Kemudian mintalah untuk dibuatkan jadwal wawancara ulang.

Pesan tersebut mungkin bisa cepat di proses apabila kalian menghubungi pada jam operasional BPJS Ketenagakerjaan, yaitu antara hari Senin – Jumat mulai pukul 05.00 – 17.00 WIB. Pada balasan pesan yang diterima, nantinya akan tertera jadwal wawancara ulang pencairan JHT, pastikan kalian tidak terlewat lagi untuk mengikuti tahap tersebut.

2. Hubungi Call Center

Apabila melalui cara diatas belum bisa mengatasi terlewat wawancara pencairan JHT karena pihak BPJS Ketenagakerjaan slow respon atau bahkan tidak membalas pesan kalian sama sekali, maka coba lakukan panggilan ke Call Center BPJS Ketenagakerjaan.

Dengan cara ini kalian bisa terhubung langsung dengan petugas Customer Service BPJS Ketenagakerjaan. Setelah tersambung, kalian tinggal menjelaskan masalah yang dialami, yaitu terlewat wawancara pencairan.

Kemudian sampaikan juga maksud dan tujuan kalian adalah ingin meminta jadwal wawancara ulang terkait proses pencairan saldo JHT. Pada saat itu juga petugas bakal menjelaskan secara lengkap kapan jadwal wawancara ulang kalian bisa dilakukan.

3. Datang ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Sedangkan cara mengatasi terlewat wawancara pencairan JHT yang terakhir adalah datang langsung ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Silahkan ambil nomor antrian untuk bertemu petugas Customer Service dan tunggu sampai tiba giliran.

Jika sudah, jelaskan pada petugas bahwa kalian melewatkan panggilan Video Call wawancara pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan karena ketiduran, sedang bekerja, sedang di jalan atau alasan lainnya.

Lanjut katakan pada petugas bahwa kalian ingin meminta jadwal ulang wawancara pencairan JHT. Setelah itu petugas akan meminta data kepesertaan kalian seperti nama lengkap, nomor KPJ dan lain sebagainya. Jika sudah, kalian akan menerima jadwal baru untuk melakukan sesi wawancara pencairan JHT.

KESIMPULAN

Demikianlah pembahasan dari kodebpjs.com mengenai cara mengatasi terlewat wawancara pencairan JHT. Intinya, ketika mengalami hal tersebut kalian tidak perlu panik, karena kalian hanya perlu melakukan cara diatas untuk meminta jadwal wawancara ulang. Atau jika jadwal wawancara masih juga bentrok dengan urusan lain, sebaiknya lakukan pencairan JHT secara Offline agar tidak ada proses wawancara Online via WhatsApp.

sumber gambar :

  • Channel Youtube Tutorial Gampang Banget
  • Channel Youtube Yudiyanto