[2020] Perbedaan Kelas BPJS Kesehatan : Iuran & Fasilitas

Perbedaan Kelas BPJS Kesehatan – Sebagai mana kita ketahui bahwa BPJS Kesehatan merupakan lembaga milik pemerintah yang bertujuan untuk menjamin masalah sosial masyarakat Indonesia khsusnya ataupun warga negara asing yang sudah tinggal minimal 6 bulan di Indonesia boleh menjadi peserta BPJS.

Namun perlu di ingat ketika anda mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS tentu awalnya akan ditanya perihal kelas berapa yang ingin anda gunakan. Kelas tersebut yang nantinya akan menentukan berapa jumlah iuran yang wajib di bayarkan setiap bulannya dan pastikan jangan sampai nunggak atau telat membayar.

Setelah anda memutuskan memilih kelas yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda secara finansial. Nah, bagi sebagian orang atau bahkan anda sendiri penasaran fasilitas apa yang bisa anda dapatkan ketika memilih kelas 1, 2 ataupun 3 secara lengkap dan detail sehingga nantinya anda bisa lebih paham akan hal tersebut.

Seperti namanya, perbedaan kelas BPJS dapat di pengaruhi kelas yang di ambil. Contoh saja ketika anda saat awal mendaftar memilih kelas 1 maka fasilitas yang bisa anda terima adalah mendapatakan ruang inap yang berisi kurang lebih 2-3 orang per kamarnya. Serta besaran iuran yang berbeda pada setiap kelas.

Perbedaan Kelas BPJS Kesehatan : Jumlah Iuran & Fasilitas

Perbedaan Kelas BPJS Jumlah Iuran Fasilitas yang Diterima

Setiap kelas BPJS tentu memiliki fasilitas dan iuran yang berbeda-beda tergantung dari pemilihan kelas saat awal melakukan pendaftaran menjadi peserta BPJS. Untuk lebih detailnya, kami memiliki informasi tentang perbedaan kelas BPJS lengkap dengan jumlah iuran yang harus di bayarkan setiap bulannya sampai dengan fasilitas yang diterima oleh masing-masing kelas perawatan, berikut artikel lengkapnya dibawah ini.

Perbedaan Kelas BPJS Kesehatan

Perbedaan Kelas BPJS

Perbedaan setiap kelas pada program BPJS Kesehatan ada di beberapa hal, antara lain :

  • Jumlah Iuran
  • Fasilitas Kesehatan
  • Cara penanganan

Seperti kita ketahui jumlah iuran yang wajib dibayarkan oleh peserta BPJS kelas 1 mencapai 80 ribu rupiah. Begitu juga untuk fasilitas kesehatan yang diterima oleh peserta BPJS kelas 1 biasanya lebih memadai. Sedangkan untuk peserta BPJS kelas 2 dan 3 memang memiliki jumlah iuran yang lebih murah, namun untuk fasilitas serta cara penanganannya  masih dibawah pasien BPJS kelas 1.

Jumlah Iuran BPJS Setiap Kelas

Jumlah Iuran BPJS Setiap Kelas

Beberapa waktu yang lalu Pemerintah Indonesia telah menaikkan jumlah iuran BPJS Kesehetan untuk semua kelas. Presentase kenaikkan jumlah iuran sebesar 100 % jadi dari yang tadinya 80 ribu menjadi 160 ribu rupiah. Adanya hal tersebut banyak keluhan dari masyarakat Indonesia, oleh karena itu kabarnya sekarang iuran BPJS telah kembali ke jumlah semula. Yaitu sebagai berikut :

  • Kelas 1 : Rp. 80.000.
  • Kelas 2 : Rp. 51.000.
  • Kelas 3 : Rp. 25.500.

Fasilitas yang Diterima Pasien

Fasilitas yang Diterima Pasien

Setiap kelas BPJS Kesehatan juga menawarkan fasilitas yang berbeda-beda untuk para pasien. Seperti hal nya iuran BPJS, untuk pasien kelas 1 juga akan memperoleh fasilitas yang lebih baik daripada kelas 2 dan 3. Meskipun demikian, semua pasien dari kelas 1 sampai dengan kelas 3 akan menerima penanganan maksimal dari pihak medis.

Fasilitas BPJS di Kelas 1

Fasilitas BPJS di Kelas 1

Dengan jumlah iuran yang paling mahal wajar saja jika fasilitas yang diperoleh pasien BPJS kelas 1 cukup lengkap. Salah satunya adaalah fasilitas rawat inap dimana untuk para peserta BPJS kelas satu bisa menikmati ruangan dengan kapasitas maksimal 4 orang. Selain itu, di dalam ruangan tersebut juga tersedia fasilitas TV, kamar mandi dan AC.

Fasilitas BPJS di Kelas 2

Fasilitas BPJS di Kelas 2

Kemudian untuk pasien BPJS kelas 2 akan menerima ruang inap berkapasitas 3 sampai 5 orang. Disamping itu, pasien juga bisa menikmati fasilitas kamar mandi dan Televisi. Hanya saja untuk obat-obatan yang diberikan pada pasien kelas 2 memiliki kualitas lebih rendah dibandingkan dengan pasien BPJS kelas 1.

Fasilitas BPJS di Kelas 3

Fasilitas BPJS di Kelas 3

Tentu saja fasilitas yang di dapatkan untuk kelas III berbeda dengan kelas I dan II. Karena memang sebagian besar dari peserta BPJS kelas III berasal dari masyarakat ekonomi menengah kebawah. Fasilitas yang di dapatkan peserta BPJS kelas III adalah ruang rawat inap yang memiliki kapasitas 4-6 orang. Bahkan perlu anda ketahui beberapa rumah sakit memiliki kapasitas ruang rawat inap lebih banyak.

Cara Pindah Kelas BPJS

Cara Pindah Kelas BPJS

Perubahan kelas BPJS baik naik ataupun turun dapat dengan mudah dilakukan melalui beberapa cara. Cara yang pertama adalah melalui aplikasi Mobile JKN. Atau bisa juga menghubungi call center atau pusat pelayanan pelanggan. Jika anda bingung bisa langsung mendatangi kantor cabang BJS terdekat dan beritahu kepada petugas bahwa ana akan melakukan pindah kelas pada BPJS.

Memang jika kita lebih paham mengenai perbedaan kelas BPJS, nantinya bisa menghindari dari kesalahpahaman dan mengerti hak apa saja yang diperoleh saat sudah memilih kelas rawat. Selain informasi diatas, kami juga memiliki informasi yang tidak kalah penting mengenai BPJS yaitu perhitungan denda rawat inap tingkat lanjut yang harus dibayarkan sesuai dengan rawat inap tersebut.