√ Biaya Operasi Jantung Bengkak & Bocor 2021 : BPJS & Non BPJS

Biaya Operasi Jantung –  Jantung? Merupakan salah satu organ tubuh yang terdiri dari kumpulan otot di mana memiliki fungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Bahkan organ ini menjadi organ yang sangat berperan atas kehidupan.

Jika sampai seorang sudah mengalami masalah atau kondisi kesehatan pada organ bernama jantung, maka harus ditangani secara khusus. Karena jika tidak, seperti sudah Anda ketahui bahwasanya bisa saja mengancam nyawa para penderitanya.

Untuk secara umum, jalan satu-satunya untuk mengatasi masalah kesehatan jantung yaitu dengan menjalani operasi. Operasi jantung sendiri bertujuan untuk memastikan jantung tetap dalam keadaan normal dan bekerja dengan baik.

Operasi juga akan dilakukan jika si penderita sudah mengalami indikasi dan beberapa kelainan pada jantung yang terbilang parah. Seperti misalnya gagal jantung, kerusakan bagian jantung, atau membutuhkan alat pacu jantung implan bahkan transplantasi jantung.

Biaya Operasi Jantung Bengkak Bocor BPJS Non BPJS

Berbicara mengenai operasi jantung sendiri, tentunya banyak yang bertanya mengenai biaya dibutuhkan saat operasi jantung. Nah, pada pembahasan kali ini kodebpjs.com akan sampaikan informasi mengenai biaya operasi jantung.

Kapan Operasi Jantung Harus Dilakukan?

Kapan Operasi Jantung Harus Dilakukan

Operasi bypass jantung mungkin menjadi salah satu prosedur medis yang dilakukan ketika pembuluh arteri jantung yang memasok darah ke otot jantung mengalami kerusakan. Pembuluh arteri rusak akan diganti dengan pembuluh darah dari area tubuh lainnya.

Saat pembuluh arteri jantung tersumbat maupun rusak akibat plak yang menumpuk, nantinya darah menjadi tidak mengalir sempurna ke otot jantung. Jika tidak ditangani, otot jantung akan rusak karena tidak dapat asupan makanan, sehingga gagal jantung atau serangan jantung besar kemungkinan terjadi.

Dan jika jantung sudah terlalu parah seperti jantung bengkak dan bocor atau tindakan pasang ring jantung tidak berhasil. Maka dokter akan mengambil keputusan untuk cepat dilakukan penanganan operasi bypass jantung.

Biaya Operasi Jantung

Biaya Operasi Jantung

Lalu untuk besaran biaya operasi jantung itu sendiri berapa? Bisa dikatakan seperti kalimat yang kerap yang banyak orang sampaikan jika “Kesehatan itu mahal“. Hal itu dikarenakan biaya operasi bypass jantung memerlukan biaya cukup mahal.

Operasi Tanpa BPJS

Untuk Anda yang ingin melakukan operasi jantung tanpa memanfaatkan kepesertaan BPJS atau operasi mandiri maka perlu untuk mengeluarkan uang cukup banyak. Sekitar Rp 28 – Rp 500 jutaan, tergantung dengan beberapa hal.

Seperti misalnya menyesuaikan tingkat keparahan jantung, tenaga medis, teknologi dan rumah sakit yang menangani operasi. Biaya tersebut hanya mencakup tindakan operasi saja, belum termasuk biaya rawat inap serta obat-obatan lainnya.

Jadi bisa dikatakan, biaya tersebut masih saja dapat bertambah lagi jika masalah jantung semakin parah dan perawatan pasca operasi terbilang cukup lama. Selain itu, seperti tahapan pemeriksaan harus dilakukan oleh pasien sebelum operasi tentu saja ada biayanya lagi.

Operasi dengan BPJS

Jika melihat angka atau nominal uang yang diperlukan untuk operasi bypass jantung dengan melakukan operasi mandiri di atas, tentu saja banyak terbilang memberatkan pasien yang kurang mampu. Bahkan, tidak jarang ada pasien yang menunda operasi jantung akibat kekurangan biaya.

Dengan demikian, bagi Anda penderita masalah jantung dan peserta BPJS Kesehatan, bisa untuk manfaatkan kepesertannya. Karena penyakit jantung menjadi salah satu PENYAKIT YANG DITANGGUNG BPJS oleh BPJS. Sehingga nantinya bisa meringankan atau bahkan bisa digratiskan.

Tidak hanya peserta BPJS saja, bagi Anda para peserta yang memiliki asuransi kesehatan swasta, tentunya juga bisa dimanfaatkan. Dengan begitu, biaya medis saat operasi jantung akan di ringankan sesuai perjanjian antara pihak terkait dengan pihak asuransi.

Hal Perlu Diperhatikan Setelah Operasi Jantung

Hal Perlu Diperhatikan Setelah Operasi Jantung

Jika sudah tahu mengenai biaya operasi dan sudah berhasil menjalankan penanganan operasi ini. Anda juga perlu tahu apa saja hal yang perlu diperhatikan pasca operasi jantung, ada beberapa hal tersebut seperti:

  • Konsumsi obat yang di resepkan dokter.
  • Jangan gunakan pakaian ketat.
  • Tidak mandi dengan cara berendam.
  • Perbanyak istirahat.
  • Tidak berkendara sampai benar pulih.
  • Perbanyak makanan bernutrisi.
  • Tidak melakukan aktivitas berat.
  • Selalu rawat luka jahitan dan jangan sampai kotor.

Mungkin itu saja yang bisa kodebpjs.com sampaikan mengenai biaya yang diperlukan untuk melakukan operasi jantung. Semoga dengan adanya biaya di atas bisa bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkan dan penasaran akan besarannya.