Biaya Operasi Polip Hidung Terbaru 2020 : BPJS & Non BPJS

Biaya Operasi Polip Hidung – Polip hidung merupakan sebuah jaringan yang tumbuh didalam saluran hidung, polip ini sendiri banyak yang menyebutnya seperti anggur dimana posisinya tergelantung di bagian dalam hidung. Nah penyakit hidung ini sendiri biasanya akan menyerang pada orang dewasa dengan rentan usia di atas 40 tahunan.

Polip hidung ini sendiri juga terbilang lebih banyak terjadi para laki-laki dari pada wanita, namun bukan tidak polip hidung juga bisa menyerang wanita juga. Nah jika sudah terjadi penyakit hidung ini menjadikan anda harus segera mencari penanganan yang tepat dan bisa melakukan dengan cara datang ke dokter atau rumah sakit.

Jika sudah berkonsultasi dengan dokter maka nantinya dokter akan memberikan sebuah solusi untuk penanganannya, penanganan tersebut bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti pemberian obat semprot hidung, tablet, suntikan, bahkan operasi. Di Indonesia sendiri kebanyakan penanganannya yaitu dengan operasi jika polip hidung tersebut sudah terlalu parah.

Jika harus dilakukan sebuah operasi pastinya memerlukan biaya cukup banyak, mengingat sebuah proses bedah atau operasi di Indonesia sendiri terbilang cukup memakan banyak biaya. Nah kali ini kodebpjs.com akan sampaikan informasi mengenai biaya operasi polip hidung pada umumnya di rumah sakit di Indonesia.

Besaran Biaya Operasi Polip Hidung Terbaru

Besaran Biaya operasi Polip Hidung Terbaru

Nah untuk anda yang penasaran mengenai sebuah biaya operasinya sendiri nanti akan kodebpjs.com bahas di bawah ini. Jadi terus simak ulasan berikut ini agar anda paham dan mengetahui sebuah biaya yang diperlukan untuk pengangkatan penyakit hidung bernama polip hidung tersebut.

Biaya Operasi Polip Hidung

Biaya operasi Polip Hidung

Bicara soal sebuah operasi polip hidung sendiri bisa dilakukan dengan dua cara yaitu operasi yang dilakukan sendiri atau mandiri bisa juga operasi polip dimana menggunakan BPJS. Untuk operasi mandiri dirumah sakit di Indonesia sendiri terbilang cukup bervariatif atau beragam sekali.

Perbedaan tersebut dilihat dari parahnya polip, kelas rumah sakit, pelayanan dan beberapa hal lainnya, jika polip semakin parah maka biaya operasi juga akan semakin mahal juga. Pada umumnya operasi di rumah sakit di Indonesia sendiri memerlukan biaya Rp 3.000.000 sampai Rp 10.000.000 bahkan bisa lebih jika rumah sakit tersebut memiliki kelas yang tinggi.

Biaya tersebut hanya biaya operasinya saja, belum termasuk dengan obat-obatan dan juga biaya kamar inapnya. Jadi besaran tersebut akan menjadikan para penderita polip juga harus menyediakan biaya tambahan sebelum berlanjut ke meja operasinya.

kabar gembiranya, sebuah penyakit hidung bernama polip ini merupakan salah satu penyakit yang di tanggung oleh BPJS kesehatan, jika anda merupakan peserta program pemerintah ini maka anda bisa manfaatkannya. Dimana operasi dan biaya pengobatan sepenuhnya akan di gratiskan.

Namun untuk bisa operasi secara gratis maka anda juga harus mengikuti sebuah prosedur yang sudah di tentukan, sehingga bisa berjalan lancar. Prosedurnya yaitu anda harus mengikuti pemeriksaan terlebih dahulu di faskes 1 seperti puskesmas, klinik dan lainnya sebelum dirujuk untuk melakukan penanganan operasi.

Selain itu kartu BPJS kesehatan juga selalu dalam kondisi aktif, dimana tidak memiliki tunggakan dan iuran setiap bulannya. Jika prosedur tersebut sudah dilakukan atau ditaati mungkin proses operasi bisa berjalan secara lancar.

Gejala & Penyebab Polip Hidung

Gejala Penyebab Polip Hidung

Setelah mengetahui biaya operasinya, anda juga harus mengetahui gejala polip hidung. Mungkin polip hidung yang masih kecil mungkin tidak terlalu bermasalah, namun jika polip ternyata besar dan parah maka akan timbul perasaan cukup was-was. Nah berikut beberapa gejala yang biasa di timbul jika mengalami polip hidung:

  • Pilek dan bersin secara terus menerus.
  • Hidung terasa tersumbat.
  • Mengorok saat tidur.
  • Sakit kepala seperti ditekan sehingga terasa sangat berat.
  • Nyeri pada bagian wajah dan gigi bagian atas.
  • Indera penciuman menjadi kurang sensitif terhadap bau yang ada.
  • Ingus biasanya menetes di belakang rongga hidung ke tenggorokan.
  • Sering mengeluarkan darah dari hidung (Mimisan).
  • Gatal di sekitar area mata, hal ini kadang kurang dipahami oleh beberapa orang.

Penyebab polip hidung sendiri dokter menyatakan bahwa pada umumnya di picu oleh sebuah infeksi pada jaringan mukosa hidung. Dimana mukosa adalah lapisan tipis dan basah dimana berfungsi membantu melindungi hidung dan melembabkan udara yang di masuk atau di hirup.

Tidak hanya diakibatkan oleh infeksi, polip hidung juga akan dipengaruhi oleh beberapa faktor kondisi tertentu. Seperti asma, kelainan pada pembuluh darah hidung, fibrosis kistik, sinusitis kronis, dan alergi terhadap obat antiinflamasi non-steroid (OAINS).

Keturunan juga menjadi salah satu faktor yang bisa menyebabkan sebuah polip hidung tumbuh. Jika polip hidung di sebabkan dari keturunan maka hal ini tidak bisa di cegahnya, anda hanya perlu melakukan pengupayaan terbaik agar polip tidak menimbulkan rasa yang berarti.

Mungkin itu saja yang bisa kodebpjs.com sampaikan untuk anda semua mengenai besaran biaya yang dibutuhkan untuk operasi polip hidung. Dimana yang jelas operasi tersebut tidak jauh berbeda dengan biaya operasi lipoma, hernia, prostat dan lainnya, dimana semakin parah penyakit akan semakin besar juga biaya diperlukannya.