Rincian Biaya Tambal Gigi : BPJS & Umum 2020

Biaya Tambal Gigi – Saat anda tidak menjaga kebersihan gigi, akan timbul beberapa masalah serius yang dapat menyerang kesehatan gigi anda. Salah satu hal yang paling di keluhkan adalah gigi berlubang.

Gigi berlubang terjadi karena anda tidak rajin menjaga kebersihan gigi serta sisa-sisa makanan yang menumpuk membuat bakteri mudah masuk kedalam gigi yang tidak sehat.

Jika gigi sudah mulai berlubang, hal tersebut bisa menimbulkan sakit gigi dan bau mulut. Tentu anda tidak ingin hal tersebut terjadi pada gigi karena sangat mengganggu dan timbul rasa sakit akibat gigi berlubang.

Salah satu cara agar gigi anda tidak berlubang adalah dengan menambal gigi. Namun, biasanya orang-orang berpikir mengenai biaya yang di keluarkan untuk tambal gigi mengingat harganya cukup lumayan untuk satu giginya.

Biaya Tambal Gigi  Menggunakan BPJS & Umum

Biaya Tambal Gigi Menggunakan BPJS Umum

Jika anda sedang mengalami masalah terutama pada gigi memang sangat menganggu ya, terlebih apabila terjadi gigi berlsubang atau patah pada bagian gigi depan, tentu hal ini sangat mempengaruhi penampilan anda. Namun, anda tidak perlu kawatir karena saat ini kami memiliki informasi secara lengkap tentang biaya tambal gigi untuk pasien BPJS atau Umum dan berlaku di rumah sakit, puskesmas atau klinik mandiri. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda bisa menyimak artikel lengkap di bawah ini.

Biaya Tambal Gigi di Rumah Sakit dan Puskesmas Umum

Biaya Tambal Gigi di Rumah Sakit dan Puskesmas Umum

Perlu anda ketahui rentang biaya tambal gigi memang terbilang cukup besar. Pada kondisi gigi berlubang tertentu dibutuhkan biaya yang berfariasi. Jika lubang gigi masuk kategori riangan maka dokter akan menggunakan bahan tambal dengan harga terjangkau. Untuk biayanya berkisar antara Rp 150.000 – Rp 300.000 berlaku untuk satu gigi. Namun beberapa rumah sakit, puskesmas, atau klinik mandiri bisa mematok harga lebih murah atau lebih mahal.

Untuk kasus gigi berlubang dengan tingkat keparahan lubang gigi sedang, biaya untuk menambal yang anda keluarkan berkisar antara Rp 400.000 – Rp 600.000 per giginya. Biaya itu dikenakan kepada pasien, jika bahan tambal gigi yang digunakan bukan bahan paling murah. Artinya harga di beberapa fasilitas kesehatan memang bisa lebih murah atau lebih mahal dari kisaran biaya tersebut.

Pada kasus gigi berlubang dengan tingkat keparahan parah, tentunya biaya yang di keluarkan akan lebih besar jika di banding pada kasus gigi berlubang dengan tingkat keparahan rendah atau sedang. Tentu saja bahan yang digunakan untuk menambal gigi harganya lebih tinggi Dalam kategori gigi berlubang yang parah, biaya yang anda keluarkaan mencapai Rp 700.000 – Rp 1.200.000 per gigi.

Biaya Tambal Gigi Gratis Menggunakan BPJS

Biaya Tambal Gigi Gratis Menggunakan BPJS

Biaya tambal gigi bisa gratis jika anda peserta BPJS dengan cara memanfaatkan layanan BPJS Kesehatan untuk memeriksakan gigi anda. Karena memang prosedur tambal gigi ataupun tumpatan gigi termasuk kedalam layanan yang di jamin oleh BPJS Kesehatan.

Pelayanan gigi bisa anda dapatkan pada fasilitas kesehatan tingkat I yaitu puskesmas, klinik, dan tempat praktik dokter gigi mandiri. Untuk dapat menggunakan layanan kesehatan menambal gigi, pastikan bahwa anda mempunyai akses ke faskes tingkat I yang sudah anda daftarkan pada saat awal pendaftaran menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Namun, perlu anda ketahui bahwa tidak semua layanan tambal gigi di tanggung oleh BPJ, ada beberapa layanan gigi yang tidak ditanggung BPJS yaitu untuk keperluan estetika karena tidak termasuk layanan di dalamnya. Namun kami memiliki informasi tentang beberapa penyakit yang di tanggung oleh BPJS.

Prosedur Tambal Gigi

Prosedur Tambal Gigi

1. Pembersihan Pada Gigi Berlubang

Langkah pertama sebelum melakukan tambal gigi, adalah membersihkan area gigi yang berlubang sampai benar-benar bersih. Karena biasanya pada gigi berlubang akan timbul warna coklat kehitaman hal tersebut di karenakan banyak tumpukan bakteri di dalamnya. Dokter biasanya akan melakukan proses bur agar bisa menghilangkan sampai bersih.  Proses awal ini dirasa paling menakutkan bagi sebagian orang karena suaranya yang bising serta rasa ngilu. Tenang saja, dokter biasanya akan memberikan bius lokal pada gigi yang di bur.

2. Proses Pengolesan Bahan Perekat Tambalan

Jika gigi sudah benar-benar dalam keadaan bersih, maka proses selanjutnya adalah pengolesan bahan perekat tambalan atau disebut dengan bonding. Nah, bahan bonding ini sangat diperlukan agar bahan tambal dapat merekat secara sempurna ke permukaan gigi yang berlubang.

3. Penempatan Bahan Tambal Untuk Gigi

Ketika bahan bonding sudah ditempatkan pada gigi yang berlubang, maka langkah selanjutnya bahan tambal gigi baru akan mulai di masukkan. Biasanya dokyer akan membentuk bahan tambal agar bisa sesuai dengan permukaan kunyah pada gigi.

4. Tes Pada Gigi

Proses tes gigi dilakukan untuk bisa mengetahui ada atau tidaknya rasa mengganjal dari tambalan gigi tersebut. Jika anda merasa mengganjal nantinya dokter akan menyesuaikan lagi tinggi tambalan tersebut.

5. Proses Finishing

Jika semua tahan dan proses diatas sudah dilakukan, proses terakhir adalah finishing. Proses ini diperlukan agar permukaan tambal menjadi semakin halus tanpa celah yang memungkinkan bakteri masuk kedalam gigi.

Manfaat dan Tujuan Prosedur Tambal Gigi

Manfaat dan Tujuan Prosedur Tambal Gigi

  • Mampu mengembalikan bentuk serta fungsi gigi yang rusak.
  • Mampu mengurangi jumlah bakteri aktif di dalam mulut.
  • Mampu mempertahankan struktur gigi serta memperpanjang usia gigi.
  • Mampu mempertahankan kontur wajah dan bentuk tulang rahang.
  • Mampu memperbaiki gigi yang patah, retak, dan terkikis.

Demikian informasi lengkap tentang biaya tambal gigi untuk peserta BPJS dan umum yang dapat digunakan pada rumah sakit, puskesmas, atau klinik praktek dokter mandiri lengkap dengan proses serta manfaat tambal gigi. Selain itu, bagi anda yang berada di Surabaya dan sekitarnya kami memiliki rekomendasi klinik gigi terbaik di Surabaya lengkap dengan alamat serta nomor telepon.