4 Cara Cek Iuran BPJS Online Dan Offline 2020

Cek Iuran BPJS – Untuk para pengguna layanan kesehatan masyarakat pasti sudah tidak asing lagi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau yang biasa disingat BPJS merupakan layanan yang di didirkan oleh pemerintah untuk menjamin layanan kesehatan bagi seluruh  masyarakat yang ada di Indonesia tanpa terkecuali. Berbeda dengan asuransi swasta yang biayanya tergolong mahal untuk masyarakat Indonesia, BPJS hadir untuk lebih membantu masyarakat dalam hal kesehatan dengan biaya iuran perbulannya tergolong lebih murah.

BPJS kini telah menjadi jaminan sosial untuk masyarakat yang paling diandalkan ketika sakit.Sampai 2018 saja telah tercatat peserta yang mengikuti BPJS kurang lebih mencapai 197,77 juta jiwa dari jumlah total penduduk Indonesia sebanyak 257 juta jiwa. salah satu faktor penyebab banyaknya peserta BPJS yaitu biaya yang di bebankan kepada peserta setiap bulannya tidak terlalu mahal bahkan termasuk murah. kenapa tidak? hanya dengan membayar iuran perbulan, anda sudah terjamin keselamatan dan kesehatannya seumur hidup.

Faktor kedua yang menjadikan BPJS diminati langsung oleh masyarakat yaitu BPJS menjamin keselamatan setiap pesertanya seumur hidup dan mungkin hanya BPJS yang berani menjamin seumur hidup pesertanya, berbeda dengan asuransi swasta yang memiliki limit untuk para penggunanya, untuk mengurus dokumen BPJS juga sangat mudah dan tidak serumit jika anda memilih asuransi swasta serta pelayanan kesahatan levih cepat dan dapat langsung dilakukkan tindakan pada rumah sakit milik pemerintah.

Hal mendasar yang membuat peserta BPJS terus meningkat adalah, BPJS menjamin semua penyakit tanpa terkecuali baik penyakit ringan ataupun penyakit kronis semua akan mendapatkan pelayanan kesehatan yang sama hal itu sangat berbeda dengan asuransi swasta yang hanya bisa melayani beberapa jenis penyakit saja dan tidak bisa menanggung seumur hidup. jika anda menggunakan BPJS dirumah sakit pemerintah atau rumah sakit yang telah bekerjasama dengan BPJS kemungkinan anda ditolak saat menggunakan BPJS sangatlah kecil.

Cara Cek Iuran BPJS Online dan Offline

Cek Iuran BPJS

Cek Iuran BPJS

Pemerintah sangat memperhatikan kemudahan untuk masyarakat dalam mengakses layanan yang telah diberikan oleh BPJS, hal ini ditujukan agar masyarakat mendapatkan layanan kesehatan yang lebih cepat dan terjangkau. Untuk dapat menggunakan layanan BPJS tentunya anda harus membayar iuran yang harus dibayarkan setiap bulannya tergantung kelas yang anda pilih pada saat awal mendaftar menjadi peserta BPJS, disini kita akan mencoba membahas tentang bagaimana cara mengecek iuran BPJS Setiap bulannya dengan cara yang mudah, namun selain itu anda juga dapat mengecek nomor BPJS Kesehatan anda secara mandiri.

Cara Mudah Mengecek Iuran BPJS Secara Online

Cara Mudah Mengecek Iuran BPJS Secara Online

Cara Mudah Mengecek Iuran BPJS Secara Online

  • Anda dapat membuka situs resmi BPJS
  • Kemudian masukkan 13 digit nomor BPJS anda
  • Masukkan tanggal, bulan dan tahun kelahiran dengan benar
  • Lalu masukkan nomor validasi sesuai dengan gambar yang tertera
  • Kemudian data tagihan akan muncul pada layar secara lengkap mulai dari nama peserta, nomor peserta, status peserta, jenis peserta, jumlah anggota keluarga yang menjadi peserta, tagihan, denda, serta total tagihan, tanggal pembayaran terakhir, nominal pembayaran, dan saldo.

Cara Mudah Mengecek Iuran BPJS Secara Offline

Cara Mudah Mengecek Iuran BPJS Secara Offline

Cara Mudah Mengecek Iuran BPJS Secara Offline

Cara pengecekan iuran BPJS secara offline terbilang cara yang manual jika anda tidak memiliki akses internet di daerah anda, cara pengecekan melalui SMS sangat mudah asalkan anda mengetahui nomor peserta BPJS anda . berikut cara mengecek iuran secara Offline

  • Format Pengiriman SMS
  • Ketik : Tagihan(spasi)Nomor Peserta BPJS anda
  • Contoh : Tagihan 000696526XXXXX
  • Kirim ke Nomor 087775500400
  • Tunggu sampai anda mendapatkan balasan dari pihak BPJS mengenai berapa jumlah tagihan iuran yang harus anda bayarkan setiap bulannya.

Selain dengan menggunakan 2 cara di atas anda juga dapat mengecek iuran melaui aplikasi BPJS yang mana anda harus mengunduh terlebih dahulu ke handphone anda atau anda dapat mendatangi langsung kantor BPJS, namun biasannya anda harus mengantri panjang untuk dapat mengetahui berapa jumlah iuran yang harus anda bayarkan, tentunya cara ini terbilang lama meninggat kita harus datang langsung dan mengantri. oleh karena itu pemerintah terus memberikan inofasi teknologi untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi yang ada pada layanan BPJS.

Mungkin anda salah satu dari banyaknya peserta BPJS pastikan anda harus membayar iuran wajib BPJS setiap bulannya dan jangan samapai terlambat karena jika anda terlambat membayar maka anda akan mendapatkan denda yang harus anda bayar pada bulan berikutnya, anda tentu tidak ingin hal ini terjadi, maka dari itu disiplinlah pada diri sendiri untuk membayar tagihan setiap bulannya. Silahkan anda dapat memilih metode pembayaran sesuai dengan kenyamanan anda.