Contoh Jadwal Shift Kerja Perawat & Peraturan Jam Kerja

Contoh Jadwal Shift Kerja Perawat – Fasilitas Kesehatan berupa Rumah Sakit dan Puskesmas tentu saja memiliki tenaga kerja medis yang mumpuni, mulai dari Dokter Umum, Dokter Spesialis hingga Perawat. Para pekerja medis tersebut juga pastinya memiliki jadwal nya masing-masing.

Kalian pasti sering mendengar jadwal Dokter Mata di Rumah Sakit Hermina, jadwal Dokter THT di RS Bunda dan lain sebagainya. Disamping itu, untuk para Perawat Rumah Sakit pun mempunyai jadwal, akan tetapi untuk peraturan dan ketentuan nya berbeda dengan jadwal Dokter.

Jadwal kerja Perawat biasanya terbagi menjadi 3 Shift, yaitu Shift Pagi, Shift Siang / Sore dan Shift Malam. Bagi kalian yang mungkin bertugas di bagian Administrasi suatu Rumah Sakit dan diminta untuk membuat jadwal Shift Kerja para Perawat disana, silahkan simak artikel ini sampai akhir.

Pembuatan jadwal Shift kerja Perawat tentu saja tidak boleh sembarangan, kalian perlu mempertimbangkan beberapa hal, mulai dari waktu, jam kerja, jatah libur dan lain sebagainya. Berikut ini kami telah menyiapkan beberapa contoh jadwal Shift kerja Perawat yang bisa kalian gunakan sebagai referensi pembuatan jadwal kerja Perawat.

Citayam

Contoh Jadwal Shift Kerja Perawat

Contoh Jadwal Shift Kerja Perawat

Seperti kami sebutkan diatas bahwa pembuatan jadwal kerja para Perawat perlu melalui berbagai pertimbangan, tidak boleh sembarangan. Setiap Rumah Sakit memiliki petugas yang memang ditugaskan untuk membuat jadwal kerja Perawat hingga Dokter disana.

Untuk membuat jadwal Dokter biasanya ditentukan dari jenis Spesialis yang dimiliki. Selain itu, terkadang ada beberapa Dokter yang membuka praktik di lebih dari satu Rumah Sakit, alhasil pembuatan jadwal tidak boleh bentrok dengan jadwal praktek di Faskes lainnya.

Sementara itu, tugas dan kewajiban seorang Perawat di Rumah Sakit maupun Puskesmas tentu saja berbeda dengan Dokter dan pekerja medis lainnya. Serang Perawat umumnya bertugas untuk melayani pasien, mulai dari mengantarkan makanan, menyampaikan keluhan, membuat jadwal visit dan lain sebagainya.

Tugas dan kewajiban Perawat telah tertuang di dalam kode Etik Perawat, oleh karena itu setiap Perawat di Indonesia tidak boleh keluar dari kode Etik yang telah ditentukan. Selain mengemban tugas dan kewajiban berdasarkan kode Etik, dalam menjalankan tugasnya seorang Perawat juga harus mematuhi jadwal kerja yang telah diterapkan.

Contoh, kalian bekerja di Rumah Sakit A sebagai Perawat dengan jadwal 6 hari kerja 1 hari Libur. Pada jadwal tersebut juga telah ditentukan pembagian Shift Pagi, Siang dan Malam dengan beberapa Perawat lainnya.

Kalian wajib mematuhi jadwal Shift yang telah ditetapkan, jika tidak maka dari pihak Rumah Sakit atau Faskes tempat kalian bekerja bakal memberikan sanksi. Disamping itu, untuk kalian yang mungkin ditugaskan membuatkan jadwal Shift kerja Perawat, disini kami punya beberapa contoh jadwal Shift kerja Perawat.

Sebelum itu, perlu diketahui bahwa batasan waktu shift kerja rumah sakit telah tercantum pada Undang Undang Cipta Kerja dan PP 35/2021 tentang Perjanjian Kerja Waktu Tertentu, Alih Daya, Waktu Kerja dan Waktu Istirahat dan Pemutusan Hubungan Kerja.

Dengan begitu, dalam membuat jadwal Shift kerja Perawat kalian harus merujuk pada beberapa poin di bawah ini :

  • Waktu kerja sehari dalam setiap Shift maksimal 7 jam sehari untuk 6 hari kerja dan 8 jam sehari untuk 5 hari kerja.
  • Jumlah jam kerja setiap Shift tidak boleh lebih dari 40 jam per minggu.
  • Apabila ada lebih jam kerja maka akan dihitung sebagai lembur. Ketentuan maksimal lembur adalah 4 jam.
  • Waktu istirahat wajib diberikan antara jam kerja dan tidak dihitung sebagai waktu kerja. minimal setengah jam (30 menit) setelah bekerja selama 4 jam.
  • Istirahat kerja 1 hari (Libur) untuk waktu kerja 6 hari seminggu dan 2 hari untuk waktu kerja 5 hari seminggu.

Selain itu, kalian juga perlu mempertimbangkan beberapa unsur dalam membuat jadwal Shift kerja Perawat, antara lain :

1. Perhatikan Jam Sibuk

Pertama, kalian perlu mengenali jam sibuk di Rumah Sakit, biasanya mulai dari Siang sampai Sore hari. Sedangkan untuk Malam hari, Perawat akan difokuskan untuk menjaga serta mengawasi pasien. Selain itu, pada Shift malam, Perawat juga harus siap melayani dalam keadaan darurat.

2. Buat Jadwal Secara Adil

Kedua, buat jadwal secara Adil contoh nya, Perawat yang telah kerja Shift malam pada hari ini jangan sampai ditugaskan untuk bekerja Shift pagi besok nya. Untuk rotasi Shift dari Malam ke Pagi, berikanlah waktu Libur 1 hari. Sedangkan untuk rotasi Shift dari Pagi ke Sore atau sebaliknya bisa dilakukan tanpa adanya pemberian Libur, tapi untuk tugas yang diberikan khusus rotasi Shift Sore ke Pagi juga sebaiknya jangan yang terlalu berat.

3. Pertimbangkan Tingkat Keterampilan Perawat

Ketiga, kalian juga perlu mempertimbangkan keterampilan Perawat. Pastikan kalian memberikan jadwal serta tugas yang mungkin berisiko pada Perawat yang memang sudah berpengalaman. Sedangkan untuk Perawat baru, sebaiknya berikan tugas untuk menjadi asisten Perawat atau tugas Perawat yang tidak terlalu berat dan tidak berisiko.

4. Menyiapkan Backup Schedule

Terakhir, siapkan juga jadwal cadangan untuk mengantisipasi Perawat yang tiba-tiba tidak bisa hadir. Caranya dengan membuat daftar Perawat pengganti untuk hari-hari tertentu. Pembuatan Backup Schedule juga harus melalui persetujuan Perawat yang ditugaskan untuk Backup.

Setelah menjelaskan panjang lebar mengenai tips-tips membuat jadwal Shift kerja Perawat, sekarang mari kita simak beberapa contoh jadwal kerja Perawat 3 Shift dengan jam kerja sebagai berikut :

  • Shift 1 = 07.00 – 15.00
  • Shift 2 = 15.00 – 23.00
  • Shift 3 = 23.00 – 07.00

Jadi, masing-masing Shift punya jam kerja selama 8 jam (termasuk 1 jam Istirahat). Kemudian untuk contoh jadwal rotasi Shift Perawat bisa lihat pada gambar di bawah ini :

[gambar]

Dengan adanya contoh jadwal diatas, kami harap kalian bisa punya gambaran untuk membuat jadwal Shift kerja Perawat. Tapi perlu diketahui juga bahwa mengenai jam kerja, jam istirahat dan lain sebagainya, setiap Faskes mungkin punya ketentuan yang berbeda-beda. Jadi, pastikan kalian selalu mematuhi setiap ketentuan yang berlaku.

KESIMPULAN

Mungkin itu saja informasi dari Kodebpjs.com mengenai contoh jadwal Shift kerja Perawat untuk 3 Shift, Pagi, Siang dan Malam. Diatas kami juga menjelaskan beberapa unsur yang harus benar-benar diperhatikan dalam membuat jadwal kerja Perawat sera Undang Undang yang mengatur hal tersebut.

sumber gambar :

  • hadirr.com
  • Channel Youtube NewFaqih Channel