Apa Itu NPP, Manfaat NPP & Cara Mendapat NPP BPJS 2020

Apa Itu NPP – Saat ini seluruh perusahaan diwajibkan oleh pemerintah untuk mengikutsertakan semua tenaga kerja atau karyawannya di dalam program BPJS. Baik itu program BPJS Kesehatan atau BPJS Ketenagakerjaan.

Biasanya di dalam perusahaan ada seseorang atau bagian yang biasa mengurusi semacam ini, biasanya itu adalah HRD perusahaan. Dimana tujuan pemerintah sendiri memberikan jaminan kepada para tenaga kerja yang ada.

Selain bisa meningkatkan perlindungan terhadap karyawan selama bekerja, perusahaan juga tidak perlu lagi membuat program khusus. Hal tersebut karena saat ini hampir semua jenis jaminan sosial ada di dalam BPJS, seperti JHT, JKK, dan lainya.

Sebelum mendaftarkan menjadi peserta baru, perusahaan juga harus memiliki NPP sebagai syarat nantinya perusahaan bisa mulai mendaftarkan para tenaga kerjanya. Untuk yang bertanya-tanya mengenai apa itu NPP berikut akan disampaikan di bawah ini.

Apa Itu NPP, Manfaat NPP & Cara Mendapatkan NPP BPJS

Apa Itu NPP

Mungkin ada dari anda yang baru pertama kali mendengar apa itu NPP, namun sebagian lagi juga sudah ada yang mengetahuinya. Untuk lebih jelasnya apa NPP simak terus ulasan ini sampai akhir agar anda paham.

Apa Itu NPP?

NPP sendiri merupakan singkatan dari Nomor Pendaftaran Perusahaan dimana nantinya akan digunakan dalam berbagai macam fungsi dan kegunaannya. Tidak hanya untuk melakukan pelaporan BPJS peserta atau tenaga kerjanya namun masih banyak lainnya.

Manfaat NPP

Tidak hanya digunakan untuk melakukan pendaftaran keikutsertaan BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan para tenaga kerjanya. NPP juga memiliki fungsi sebagai syarat saat melakukan prosedur pembayaran iuran premi BPJS setiap bulannya.

Selain itu NPP juga bisa digunakan untuk mengakses layanan tambahan BPJS atau biasa dikenal sebagai BPJS Online. Dimana nantinya berguna untuk lebih memudahkan perusahaan serta tenaga kerja atau karyawan dalam mengontrol isi saldo BPJS.

Nantinya karyawan bisa dengan mudah dalam MENGECEK SALDO BPJS KETENAGAKERJAAN atau kesehatan secara rutin tanpa harus menunggu laporan dari perusahaan. tidak hanya itu saja, saat mendaftar SIPP BPJS Ketenagakerjaan guna mengakses BPJS Online perusahaan juga harus memiliki NPP.

NPP itu nantinya akan digunakan sebagai keperluan administrasi HRD dalam kaitannya dengan BPJS serta programnya. Jika melihat dari beberapa manfaat tersebut tentunya anda para pemilik usaha yang mempekerjakan tentu harus memiliki NPP agar bisa lebih memudahkan berbagai urusan.

Cara Mendapatkan NPP BPJS Perusahaan

Cara Mendapatkan NPP BPJS Perusahaan

Setelah mengetahui mengenai apa itu NPP dan manfaat NPP pastinya anda juga bertanya-tanya mengenai cara mendapatkan NPP BPJS tersebut. Ada beberapa langkah atau cara yang bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan NPP BPJS Perusahaan.

1. Buka Laman Resmi BPJS Kesehatan

Pertama harus dilakukan yaitu buka laman resmi BPJS Kesehatan dan lanjut ke bagian Register Badan Usaha Baru.

2. Baca Syarat dan Ketentuan yang Ada

Dimana dalam laman ini anda harus benar-benar baca persetujuan terhadap syarat dan ketentuan yang ditentukan. Karena akan berdampak pada kemudahan pengurusan kedepan nantinya.

3. Mengisi Formulir Dibutuhkan

Pastikan semua data yang diminta sudah terisi secara lengkap dan benar.

4. Menunggu Notifikasi Aktivasi

Pada umumnya notifikasi akan dikirimkan melalui e-mail yang di isikan saat mengisi formulir di cara atau langkah sebelumnya.

5. Aktivasi Menggunakan Link Didapat

Langkah berikutnya setelah ada notifikasi maka hanya perlu aktivasi menggunakan link tersebut untuk mendapatkan beberapa hal seperti:

  • Lampiran cetak formulir registrasi badan usaha atau badan hukum lainnya.
  • Nomor kode badan usaha terdaftar.
  • Nomor rekening pembayaran iuran JKN-KIS (Virtual Account).
  • Hak akses aplikasi yang digunakan untuk melakukan pendaftaran berupa username & kata sandi.

6. Lakukan Sign In & Pendaftaran

Setelah selesai melakukan aktivasi, maka anda sudah bisa mulai sign in untuk melakukan pendaftaran BPJS karyawan serta anggota keluarga. Jika pendaftaran telah berhasil dilakukan maka anda hanya perlu bayar iuran BPJS-nya.

FAQ

1. Berapa Besaran Tarif BPJS Kesehatan Perusahaan?

Besaran tarif BPJS Kesehatan perusahaan yaitu 5% dari besaran upah atau gaji. Dimana perusahaan akan menanggung 4% dan tenaga kerja akan menanggung 1%.

2. Apakah Setiap Perusahaan Wajib Ikut BPJS Kesehatan?

Ya perusahaan wajib mendaftarkan baik itu perusahaan dan pekerjanya sebagai peserta jaminan kesehatan pada BPJS Kesehatan dengan membayar iuran dan ini sudah di atur oleh ketentuan Pasal 6 ayat (3).

3. Bagaimana Cara Memeriksa Status Kartu BPJS Kesehatan?

Untuk memeriksa status tersebut anda bisa melakukan lewat website, SMS, telepon maupun lewat aplikasi.

Demikianlah informasi yang bisa kodebpjs.com sampaikan untuk anda semua, mengenai apa itu NPP, manfaat NPP dan cara mendapatkan NPP. Semoga informasi tersebut bisa berguna dan bermanfaat.