4 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online Aktif atau Tidak 2020

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan – Secara umum BPJS Ketenagakerjaan merupakan program kerjasama antara perusahaan dan pemerintah untuk memberi perlindungan pada setiap pekerja atau karyawan apabila suatu saat terjadi kecelakaan kerja dan penyelenggaraan nya menggunakan sistem asuransi sosial. Pada kesempatan sebelumnya kami telah berbicara mengenai syarat membuat BPJS lengkap dengan beberapa syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak terkait.

Perlu kalian ketahui jika dengan memiliki atau menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan kalian bisa merencanakan masa depan atau hari tua kalian, melalui tabungan JHT kalian bisa membuat usaha atau yang lainnya. Untuk pencairan JHT bisa dicairkan 100 % atau semuanya dengan catatan kalian telah lepas kontrak atau pensiun dari perusahaan atau instansi terkait. Selain itu, bagi kalian yang masih bekerja dan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan minimal 10 tahun bisa mencairkan tabungan BPJS sebesar 30 % untuk membayar biaya awal pembelian rumah, program ini diperuntukan untuk pekerja yang berminat memiliki rumah.

Sebelum melakukan pencairan BPJS Ketenagakerjaan, terlebih dahulu kalian bisa melakukan pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan untuk mengetahui berapa jumlah tabungan yang kalian miliki. Saat ini layanan Ketenagakerjaan juga bisa dilakukan dengan cara Online dengan catatan kalian telah memiliki smartphone yang memadai dan memiliki koneksi internet yang baik. Selain cek saldo, kita juga bisa melakukan cek status kartu BPJS Ketenagakerjaan secara offline, online, dan aplikasi BPJSKU untuk mengetahui apakah kartu BPJS masih aktif atau tidak.

Di jaman seperti sekarang ini dimana perkembangan teknologi memang berjalan sangat pesat, kita sebagai masyarakat harus bisa memanfaatkan berbagai macam sarana yang bisa memudahkan sekaligus memberi kenyamanan pada kita dalam melakukan berbagai aktivitas, tak terkecuali untuk cek saldo dan cek status BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu, untuk dapat melakukan cek saldo dan cek status BPJS Ketenagakerjaan secara online terlebih dahulu kita wajib memiliki akun BPJS Ketenagakerjaan, dan bagi kalian yang belum memiliki akun tentunya harus melakukan registrasi.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online Aktif atau Tidak

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Syarat pertama untuk bisa mendaftar atau registrasi akun BPJS Ketenagakerjaan pada website resmi dari BPJS Ketenagakerjaan adalah memiliki alamat e-mail yang aktif, pasalnya ada beberapa link aktivasi dan kode verifikasi dari BPJS Ketenagakerjaan yang nantinya akan dikirim melalui e-mail untuk memenuhi prosedur pembuatan akun. nah bagi kalian yang telah memiliki akun BPJS Ketenagakerjaan, kalian bisa langsung masuk atau log in pada link https://sso.bpjsKetenagakerjaan.go.id/login.bpjs . Baiklah, langsung saja kalian simak cara cek status dan cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan secara online dibawah ini.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Selain melalui website, cara atau metode cek saldo juga bisa dilakukan dengan beberapa cara lainnya, antara lain aplikasi BPJSTKU dan SMS. Adapun untuk tata caranya adalah sebagai berikut :

  • Melalui Website 
  1. Kunjungi link https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/login.bpjs.
  2. Masukan username dan password BPJS Ketenagakerjaan.
  3. Setelah memasuki laman BPJS Ketenagakerjaan kalian pilih “Daftar Layanan”.
  4. Lalu pilih “Cek Saldo JHT”.
  5. Kemudian akan muncul jumlah tabungan BPJS Ketenagakerjaan kalian.
  • Melalui Aplikasi BPJSTKU
  1. Buka aplikasi BPJSTKU.
  2. Masukan Username dan Password akun BPJTSKU.
  3. Setelah itu pilih “Lihat Saldo”.
  4. Kemudian saldo BPJS Ketenagakerjaan atau JHT kalian akan muncul di layar smartphone.
  • Melalui SMS 
  1. Pastikan nomor anda telah terdaftar dengan BPJS Ketenagakerjaan.
  2. Layanan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan via SMS hanya dapat dilakukan oleh pengguna Telkomsel, Indosat, dan XL.
  3. Ketik SMS dengan format : SALDO <spasi> No KPJ kirim ke 2757.
  4. Setelah itu kalian akan mendapatkan SMS balasan berupa jumlah saldo BPJS Ketenagakerjaan kalian.

Cara Cek Status BPJS Ketenagakerjaan

Cek Status Kartu BPJS Ketenagakerjaan

Cek Status Kartu BPJS Ketenagakerjaan

 

Untuk memastikan atau mengetahui status dari kartu BPJS Ketenagakerjaan, ada beberapa metode yang bisa kalian gunakan, antara lain melalui SMS, Internet, Aplikasi BPJSKU, dan Website. Adapun langkah-langkah nya adalah sebagai berikut :

  • Melalui SMS 
  1. Kita harus memiliki nomor handphone yang telah terverifikasi.
  2. Setelah itu lakukan SMS dengan format : STATUS >< TK#NO PESERTA kirim ke 2757.
  3. Lalu akan muncul balasan SMS mengenai status kartu BPJS Ketenagakerjaan apakah masih aktif atau sudah nonaktif
  • Melalui Aplikasi BPJSTKU
  1. Download dan install aplikasi BPJSTKU pada Play Store atau App Store.
  2. Setelah itu, lakukan registrasi akun pada aplikasi tersebut
  3. Setelah berhasil, kalian akan diminta untuk mengisi form identitas sesuai dengan KTP dan masukan juga nomor KPJ yang tertera pada kartu BPJS Ketenagakerjaan.
  4. Kemudian akan muncul keterangan mengenai status, apabila status yang ditampilkan “tidak valid” berarti kartu BPJS kalian sudah tidak bisa digunakan, dan apabila status yang tertera pada layar “valid” berarti kartu BPJS kalian masih aktif.
  • Melalui Website
  1. Buka tab browser dan kunjungi link https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/login.bpjs
  2. Masukan username dan password BPJS Ketenagakerjaan
  3. Kemudian masukan data diri sesuai kartu identitas pada kolom yang telah tersedia
  4. Masukan nomor KPJ yang tertera pada kartu BPJS Ketenagakerjaan.
  5. Setelah pilih “SIMPAN” dan akan muncul status dari kartu BPJS Ketenagakerjaan apakah valid atau tidak valid.

Berikut merupakan tata cara cek saldo dan cek status BPJS TK atau Ketenagakerjaan yang bisa kalian lakukan, seperti yang kita ketahui kedua aktivitas tersebut bisa kita lakukan melalui smartphone atau telephone genggam yang hampir semua orang miliki saat ini. Adanya layanan cek saldo dan cek status BPJS Ketenagakerjaan secara online tentunya memberi kemudahan sekaligus kenyamanan tersendiri bagi kita, jadi kita tidak perlu lagi antri panjang hanya untuk mengetahui saldo maupun status kartu BPJS Ketenagakerjaan kita. Baiklah, cukup sekian informasi yang bisa kami sajikan semoga bermanfaat bagi kalian semua. Terimakasih.