Apa Itu Paklaring? : Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Advertisements

Apa Itu Paklaring – Untuk anda yang bekerja di suatu perusahaan dan sudah menjadi pekerja selama bertahun-tahun apakah pernah mengalami bosan atau ingin mengembangkan bakat di perusahaan yang lain?

Jika iya, anda membutuhkan surat referensi atau biasa di sebut dengan surat paklaring yaitu surat pengalaman bekerja di suatu perusahaan dan beberapa diantaranya berfungsi untuk syarat melamar pekerjaan baru.

Terdapat banyak fungsi surat pakalaring yang bisa digunakan salah satunya sebagai syarat proses pengajuan BPJS Ketenagakerjaan, pinjaman di lembaga keuangan, atau beasiswa profesional.

Advertisements

Selain itu, surat paklaring biasanya di terbitkan oleh suatu perusahaan tempat anda bekerja lengkap dengan berbagai persyaratan yang ada di dalamnya.

Apa Itu Paklaring Lengkap Dengan Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Apa Itu Paklaring Lengkap Dengan Pengertian Fungsi dan Contohnya

Advertisements

 

Pentingnya surat paklaring yang harus di ketahui oleh para pekerja. Nah, untuk mempersingkat waktu, tidak usah menunggu lama lagi, karena pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai apa itu paklaring? lengkap dengan pengertian, fungsi dan juga contohnya.

Apa Itu Paklaring ?

Apa Itu Paklaring

Surat paklaring adalah dokumen yang bisa menunjukan pengalaman seseorang yang pernah bekerja di sebuah perusahaan dan posisi tertentu. Isi dokumen paklaring menjelaskan tentang jenjang karir mulai dari anda awal bekerja sampai akhir bekerja. Surat Paklaring di terbitkan oleh tempat kerja atau perusahaan yang ditinggalkan sebelum anda melamar kerja ke perusahaan yang baru.

Tidak hanya di terbitkan oleh perusahaan tempat anda bekerja sebelumnya, surat paklaring bisa di terbitkan oleh lembaga-lembaga kecil. Hal tersebut di karenakan lembaga-lembaga kecil juga memiliki hak menerbitkan paklaring, sehingga kesimpulannya penerbitan surat paklaring tidak terbatas hanya dari perusahaan saja.

Umumnya surat paklaring digunakan sebagai syarat lampiran berkas ataupun dokumen saat mendaftar atau melamar pekerjaan di suatu perusahaan baru. Sehingga tidak jarang banyak perusahaan-perusahaan besar serta startup berkrembang yang menjadikan surat paklaring sebagai syarat bagi semua calon pekerja yang akan melamar agar surat tersebut menjadi bukti bahwa anda pernah bekerja.

Contoh Surat Paklaring

Contoh Surat Paklaring

PT Galaksi Bimasakti

Jalan Pemuda Berbakti 76 Bandung

Telp: (022) 000000xxx

KETERANGAN PENGALAMAN KERJA

No. 99/SDM/2019/7756

Yang bertanda tangan di bawah ini

Nama : Citraning Nugraha

Jabatan : Direktur Utama PT Galaksi Bimasakti

Dengan ini menjelaskan yang sebenarnya bahwa

Nama : Muhammad Ghufron

Alamat : Jalan Raya Lembang nomor 101, Bandung Barat

Bahwasanya Benar telah bekerja di PT Galaksi Bimasakti sejak 25 Mei 2015 hingga 17 Juni 2019. Jabatan terakhir yang diduduki adalah Manajer Pemasaran Wilayah Jawa Barat.

Selama bekerja di perusahaan kami, Saudara Muhammad Ghufron telah menunjukkan dedikasi dan loyalitas yang baik. Yang bersangkutan tidak pernah sekalipun melakukan tindakan yang mencemarkan nama baik perusahaan.

Saudara Sadam Merdeka Ghufron resmi mengundurkan diri karena inisiatif pribadi, tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Demikian surat keterangan yang di buat oleh PT Galaksi Bimasaksi, semoga dapat difungsikan sesuai dengan kebutuhan.

Bandung, 22 Juni 2020

Citraning Nugraha

Syarat Membuat Surat Paklaring

Syarat Membuat Surat Paklaring

1. Resign Dengan Cara yang Baik

Salah satu syarat mendapatkan surat paklaring adalah anda harus resign dengan cara yang baik sama halnya ketika anda mendaftar kerja pertama kali. Agar nantinya pihak perusahaan mau membuat surat paklaring tersebut untuk anda.

2. Sudah Bekerja Minimal Satu Tahun

Salah satu syarat agar anda bisa mendapatkan surat paklaring yaitu sudah bekerja minimal satu tahun di perusahaan tersebut. Apabila di bawah satu tahun pekerja masih di anggap belum matang di dalam proses kinerjanya. Biasanya orang yang bekerja di bawah satu tahun di anggap “kutu loncar” karena sering berpindah-pindah pekerjaan.

3. Sudah Memenuhi Semua Kewajiban Pekerjaan

Syarat yang terakhir ini memang berkaitan dengan syarat pertama. Jika anda sudah memenuhi atau dalam artian menyelesaikan kontrak dan kewajiban kerja, tentu saja anda bisa meninggalkan kesan baik di perusahaan. Sehingga, pihak perusahaan tidak segan menerbitkan surat paklaring tersebut yang bisa digunakan untuk melamar pekerjaan baru.

Fungsi Surat Paklaring

Fungsi Surat Paklaring Lengkap

1. Melamar Pekerjaan Baru

Fungsi paklaring yang pertama yaitu sebagai syarat untuk mendaftar pekerjaan baru. Sehingga nantinya perusahaan baru tempat anda melamar pekerjaan bisa melihat karir anda melalui surat paklaring tersebut. Selain itu, paklaring bisa menjadi bukti bahwa anda pernah bekerja di suatu perusahaan tersebut.

2. Pencairan BPJS Ketenagakerjaan

Kemudian surat paklaring juga berfungsi untuk proses pencairan BPJS Ketenagakerjaan. Karena kepemilikan dokumen surat paklaring harus di lakukan agar nantinya anda bisa mendapatkan semua atau sebagian dari Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan. Karena ada banyak manfaat Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan bagi para pekerja di Indonesia.

3. Pengajuan Pinjaman Bank dan Kartu Kredit

Agar bisa mengajukan pinjaman dana KKB, KPR, KTA biasanya anda harus memiliki status karyawan. Hal tersebut bertujuan untuk bukti bahwa calon debitur tersebut benar memiliki penghasilan dan bekerja dengan nominal gaji tertentu. Dari situ, pihak bank bisa melihat apakah calon debitur bisa melunasi pinjaman atau tidak.

4. Syarat Mendapatkan Beasiswa Jalur Profesional

Meskipun seseorang sudah bekerja dan juga mempunyai pengalaman, tidak menutup kemungkinan tetap ingin melanjutkan pendidikan ke ke jenjang yang lebih tinggi. Disinilah fungsi surat paklaring yang bisa membuka kesempatan untuk mendapatkan beasiswa jalur profesional.

Itulah tadi penjelasan lengkap dari kodebpjs.com seputar Apa itu paklaring? paling lengkap di sertai dengan beberapa fungsi penting dari surat paklaring tersebut untuk para calon pekerja yang ingin mendaftar di perusahaan baru serta kemudahan saat proses pencairan Jaminan Hari Tua dari BPJS Ketenagakerjaan.

Advertisements