Biaya Operasi Mata Ikan dan Metode Pengobatan Lain 2020

Biaya Operasi Mata Ikan – Mata ikan merupakan gangguan yang terjadi pada kulit kaki maupun tangan. Dalam dunia medis penyakit ini memiliki nama lain Clavus. Sedangkan masyarakat awam biasa menyebutkan dengan istilah kutilan atau kapalan.

Namun perlu diketahui jika kutilan atau kapalan itu berbeda dengan mata ikan. Kedua masalah kulit tersebut memiliki gejala berbeda dengan mata ikan. Nah, berbicara soal mata ikan, beberapa orang memilih jalur operasi untuk membuang mata ikan pada kulit.

Lalu tahukah kalian berapa biaya operasi mata ikan di rumah sakit Indonesia ? jawabannya beragam, soalnya besaran biaya yang harus dikeluarkan tergantung dimana si penderita menjalani operasi. Jika mereka melakukan operasi di rumah sakit ternama seperti Siloam mungkin biayanya lumayan mahal.

Disamping itu, penyakit mata ikan juga tidak termasuk dalam kategori penyakit yang ditanggung BPJS Kesehatan. Oleh karena itu, mau tidak mau kalian harus menyiapkan budget untuk membayar proses operasi. Nah, jika kalian tidak memiliki budget untuk operasi, kalian bisa mengobati mata ikan dengan metode sederhana.

Biaya Operasi Mata Ikan dan Metode Pengobatan Lainnya

Biaya Operasi Mata Ikan dan Metode Pengobatan Lainnya

Proses ini bisa dilakukan dirumah tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun. Nah, untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak penjelasan seputar berapa tarif operasi mata ikan hingga metode alternatif untuk mengobati mata ikan dibawah ini.

Biaya Operasi Mata Ikan

Biaya Operasi Mata Ikan

Penyakit mata ikan tentu menjadi masalah cukup serius bagi setiap orang. Oleh karena itu, sebagian besar penderita mata ikan memilih jalur operasi sebagai solusinya. Nah, terkait hal tersebut kalian mungkin bertanya-tanya berapa biaya untuk menjalani pengobatan mata ikan. Berdasarkan informasi dari beberapa sumber terpercaya, biaya pengobatan mata ikan menggunakan cara ini bisa dibilang sangat terjangkau, yakni kisaran 400 ribu sampai 2 juta rupiah.

Tarif tersebut juga tergantung dari fasilitas kesehatan atau rumah sakit yang digunakan. Jika kalian menjalani pengobatan mata ikan di rumah sakit ternama seperti Rumah Sakit Pondok Indah, Rumah Sakit Siloam dan sejenisnya mungkin harus merogoh kocek cukup dalam sebagai biayanya. Disamping itu, operasi mata ikan juga terbagi menjadi dua metode, antara lain bedah minor dan kauterisasi.

Apakah Mata Ikan Bisa Ditangani Dengan Cara Lain ?

Apakah Mata Ikan Bisa Ditangani Dengan Cara Lain

Selain menempuh jalur operasi, penyakit mata ikan juga bisa ditanggulangi dengan cara lain. Metode ini tentu berguna bagi penderita mata ikan yang tidak mempunyai biaya untuk operasi. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak tutorial mengobati mata ikan dengan cara sederhana berikut ini :

  1. Pertama, tuang air ke dalam baskom dan campur dengan sabun cair.
  2. Lalu rendam kaki ke dalam air tersebut selama 15 menit sambil di gosok-gosok menggunakan sabun khusus kulit.
  3. Kemudian angkat kaki dari rendaman dan bilas menggunakan air bersih.
  4. Keringkan kaki menggunakan handuk.
  5. Selanjutnya oleskan salep yang memiliki kandungan salsilat 40 persen pada area mata ikan dan sekitarnya.
  6. Terakhir, diamkan beberapa saat hingga salep benar-benar meresap pada kulit. Atau lakukan metode tersebut sebelum tidur.

Tips Sehat Terhindar Dari Mata Ikan

Tips Sehat Terhindar Dari Mata Ikan

Agar terhindar dari penyakit mata ikan kalian bisa menerapkan beberapa tips berikut ini :

  • Jangan menggunakan sepatu terlalu sempit.
  • Gunakan kaos kaki ketika memakai sepatu.
  • Rajin mencuci kaki atau tangan setelah bepergian.
  • Apabila terjadi gejala mata ikan segeralah oleskan salap khusus mata ikan atau memiliki kandungan 40 persen salsilat.

Diatas telah kodeBPJS.com sampaikan mengenai berapa biaya untuk melakukan operasi mata ikan. Selain itu, kami juga menjelaskan mengenai metode sederhana untuk mengatasi mata ikan pada kaki. Cara tersebut kami rasa cukup efektif  dan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk operasi mata ikan.