Biaya Operasi Katarak Terbaru 2020 : BPJS & Non BPJS

Biaya Operasi Katarak – katarak merupakan salah satu penyakit yang timbul di mata menjadikan keruh dan berawan. Penyakit ini pastinya mengganggu sekali terhadap pandangan sehingga akan membuat tidak jelas untuk melihat sesuatu/memandang.

Biasanya sebuah penyakit katarak pada mata dipengaruhi oleh faktor usia, semakin bertambahnya usia semakin rentan juga terkena sebuah penyakit katarak. Nah jika sudah terkena katarak pastinya akan dilakukan sebuah penanganan, salah satunya yaitu dengan cara operasi.

Bicara soal operasi sendiri pastinya memerlukan biaya cukup banyak, karena seperti yang anda ketahui sendiri berbagai macam operasi yang ada memiliki biaya cukup mahal. Seperti biaya operasi keloid, operasi patah tulang, operasi mata ikan, dan juga berbagai operasi lainnya.

Biaya operasi katarak pastinya di semua rumah sakit memiliki biaya yang berbeda di setiap rumah sakit. Hal tersebut karena memiliki sebuah penanganan dan pelayanan berbeda, jadi besaran biaya operasi tersebut nantinya akan di tentukan oleh pihak rumah sakit.

Besaran Biaya Operasi Katarak Terbaru

Besaran Biaya Operasi Katarak Terbaru

Memang bicara soal penyakit katarak harus segera di antisipasi atau di tangani untuk bisa kembali melihat secara normal, walaupun tidak seperti awalnya. Namun dengan melakukan sebuah operasi menjadikan upaya dalam penyembuhan ingin dilakukan oleh si pasien.

Biaya Operasi Katarak

Biaya Operasi Katarak

Nah untuk biaya operasi sendiri sudah disampaikan diatas jika sebuah operasi penyakit katarak memiliki besaran yang tidak sama di setiap rumah sakitnya. Besaran tersebut dilihat dari kualitas pelayanan dan juga peralatan yang disediakan atau digunakan pada rumah sakitnya.

Untuk biaya operasi secara umum atau dilakukan mandiri, bisa memakan biaya Rp 6.500.000 sampai Rp 16.000.000 untuk satu mata. Biaya tersebut bisa dikatakan lebih dari itu jika kelas pelayanan memilih yang terbaik, seperti memilih sebuah ruangan kelas VVIP atau terbaik.

Selain itu rupanya penyakit katarak juga bisa dilakukan dengan menggunakan BPJS kesehatan, dimana nantinya ditanggung keseluruhan proses penyembuhannya oleh BPJS. Ini menjadi bukti jika program pemerintah ini memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat indonesia dalam segi kesehatan.

Untuk bisa operasi katarak dengan BPJS ada beberapa persyaratannya, dimana harus mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan. Salah satunya yaitu kartu BPJS tersebut harus dalam kondisi aktif dan selalu aman soal pembayaran iurannya atau tidak pernah menunggak setiap bulannya.

Tidak hanya itu saja, anda juga harus ikuti prosedur lainnya seperti mendapatkan sebuah persetujuan dari faskes satu seperti klinik atau puskesmas. Jika sudah mendapat persetujuan/rujukan maka lanjut dengan datang ke rumah sakit untuk melakukan sebuah operasi katarak tersebut.

Risiko Setelah Operasi Katarak

Risiko Setelah Operasi Katarak

Untuk risikonya sendiri operasi katarak memang minim terjadinya sebuah kegagalan dan kebanyakan pasien katarak yang melakukan operasi memiliki tingkat keberhasilan tinggi. Namun perlu anda ketahui juga beberapa risiko yang nantinya akan terjadi setelah operasi katarak:

  • Muncul katarak sekunder
  • Perdarahan di area mata
  • Pembengkakan mata
  • Lensa buatan terlepas
  • Pelepasan retina
  • Glaukoma atau kerusakan pada saraf mata akibat peningkatan tekanan pada bola mata
  • Peradangan dan infeksi mata
  • Penurunan kelopak mata
  • Fatalnya bisa terjadi kebutaan

Itulah biaya operasi sebuah penyakit katarak pada mata yang bisa kodebpjs.com sampaikan, yang jelas setiap biaya operasi memiliki perbedaan di setiap rumah sakitnya. Jadi sebelum melakukan sebuah operasi tanyakan pada pihak rumah sakit atau cari tahu informasinya mengenai biaya tersebut, jangan lupa untuk siapkan biaya lebih karena pastinya ada pembiayaan lain-lain lagi seperti biaya obat, biaya kamar inap dan sebagainya.