Biaya Operasi Mata Minus Terbaru 2020 : BPJS & Non BPJS

Biaya Operasi Mata Minus – Mata minus atau bisa di sebut dengan juga rabun jauh, merupakan salah satu penyakit mata dimana mata tersebut tidak terlalu jelas saat melihat objek yang letaknya jauh. Objek nantinya akan terlihat seperti blur atau berkabut tidak jelas saat di lihat.

Selain itu mata minus di dunia kesehatan juga diberi nama miopi, penyakit mata satu ini sebenarnya merupakan salah satu kelainan refraksi mata. Kondisi ini terjadi akibat mata tidak bisa memfokuskan sebuah cahaya pada retina mata, menjadikan benda atau pandangan dimana memiliki jarak jauh akan tidak jelas.

Jika sudah mengalami penyakit mata tersebut maka harus segera untuk dilakukan sebuah penanganan secara cepat. Nah untuk penanganannya sendiri ada beberapa cara seperti bisa dilakukan dengan operasi sinar laser atau lebih dikenal dengan istilah operasi lasik, implantasi lensa buatan, dan penggunaan menggunakan kacamata.

Mungkin untuk yang belum terlalu parah sebuah mata minus bisa dilakukan pengobatan dengan kacamata dan selalu melakukan pola hidup sehat. Namun bagi yang mata minus sudah parah di Indonesia sendiri penanganannya menggunakan metode operasi lasik di rumah sakit yang siap dan memiliki peralatan lengkap.

Besaran Biaya Operasi Mata Minus Terbaru

Besaran Biaya Operasi Mata Minus Terbaru

Membahas operasi lasik untuk penanganan atau penyembuhan mata minus, pastinya banyak yang bertanya mengenai biaya yang dibutuhkan tersebut. Untuk biaya itu sendiri operasi sangatlah beragam dan setiap penanganan di rumah sakit satu dengan rumah sakit lain jelas berbeda, untuk yang penasaran berikut kodebpjs.com akan sampaikan informasinya dibawah ini.

Biaya Operasi Mata Minus

Biaya Operasi Mata Minus

Setelah mengetahui penanganan mata minus yaitu dengan cara operasi lasik, pastinya anda juga bertanya-tanya mengenai sebuah biaya operasi lasik atau mata minus berapa sih?. Nah kodebpjs.com akan sampaikan informasi mengenai besaran biaya operasi penyakit mata tersebut.

Pada umumnya di Indonesia sendiri sebuah biaya operasi lasik juga sangat beragam atau bisa dikatakan sangat beravariatif, menjadikan di setiap rumah sakit di Indonesia memiliki besaran yang tidak mungkin sama. Umumnya sendiri biaya operasi lasik untuk mata minus yaitu sebesar Rp 6.000.000 sampai Rp 45.000.000 juta.

Besaran biaya tersebut bisa bertambah jika mata minus termasuk golongan cukup parah dan memilih rumah sakit ternama dimana sudah terkenal memiliki biaya tinggi pastinya akan melebih biaya tersebut. Dimana yang jelas untuk melakukan sebuah operasi mata minus, lebih baik siapkan uang lebih untuk keperluan tidak terduga.

Untuk mata minus atau rabun jauh sendiri BPJS kesehatan tidak menanggung sepenuhnya hanya saja menanggung sebuah biaya pengobatan dan kacamatanya saja. Untuk operasi lasik dimana biaya akan di tanggung oleh BPJS kesehatan sendiri yaitu seperti operasi lasik pada penyakit katarak.

Jadi kesimpulannya untuk operasi mata minus nantinya akan dikenakan biaya mandiri atau sendiri. Untuk keringanannya sendiri yaitu hanya sebuah kacamatanya saja, karena dari pihak BPJS hanya menetapkan sebuah kacamata saja untuk penderita rabun jauh atau mata minus.

Penyebab dan Gejala Mata Minus

Penyebab dan Gejala Mata Minus

Mata minus sendiri juga terjadi akibat beberapa hal, dengan sudah mengetahui mengenai sebuah biaya tadi anda juga harus mengetahui penyebab dan gejala terjadinya mata minus. Rabun jauh/mata minus sendiri disebabkan karena adanya kelainan refraksi pada mata sehingga menjadikan pandangan jarak jauh anda terasa rabun atau tidak jelas.

Nah selain itu beberapa faktor lain penyebab terjadinya sebuah mata minus sebagai berikut :

  • Faktor keturunan, faktor penyebab satu ini memang tidak bisa dielakkan lagi jika rabun jauh sudah menyerang. Mau menyalahkan siapa lagi? Semua orang pastinya berkeinginan hidup sehat dan normal, faktor ini biasanya terjadi karena orang tua juga mengidap mata minus/rabun jauh.
  • Faktor pengaruh lingkungan juga bisa menjadi penyebab sebuah terjadinya mata minus, contohnya saja seperti sering membaca terlalu dekat, radiasi layar monitor komputer atau HP, terlalu sering beraktivitas dalam ruangan, serta sering begadang. Beberapa hal tersebut pastinya sering anda lakukan, jadi mulai dari sekarang jaga baik mata dan meminimalisir beberapa hal-hal tadi.

Selain penyebabnya anda juga memahami serta mengetahui sebuah gejala yang dirasakan, karena rabun jauh atau mata minus tidak memilih siapa yang akan terkena. Tidak muda tidak tua bisa terkena mata minus ini, jadi ketahui juga mengenai gejala-gejala umumnya yang dirasakan:

  • Sering menggosok area mata.
  • Berlebihan pada mata saat berkedip.
  • Pandangan akan berkabut atau blur ketika melihat objek jauh.
  • Muncul rasa sakit pada kepala akibat mata bekerja berlebihan.

Pencegahan Mata Minus atau Rabun Jauh

Pencegahan Mata Minus atau Rabun Jauh

Setelah mengetahui beberapa gejala dan juga penyebabnya, anda juga harus melakukan sebuah pencegahan mengeni hal tersebut agar mata terhindar dari rabun jauh/mata minus. Nah untuk pencegahannya sendiri para dokter menyarankan beberapa hal, seperti:

  • Menerapkan pola hidup sehat dengan tidak melakukan beberapa hal yang bisa menimbulkan penyakit tersebut.
  • Mengantisipasi penyakit yang diidap khususnya diabetes dan hipertensi.
  • Memeriksa mata secara rutin untuk bisa memastikan jika mata selalu dalam kondisi sehat.
  • Melindungi mata dari paparan sinar matahari secara langsung.

Mungkin itu saja informasi mengenai biaya operasi mata minus atau rabun jauh yang kodebpjs.com bisa sampaikan. Dimana yang jelas biaya operasi tersebut tidak jauh berbeda dengan biaya operasi penyakit lainnya dimana besaran biayanya akan di tentukan oleh parahnya penyakit dan juga rumah sakit yang akan menangani.