BPJS Lepas dari Orang Tua : Kriteria & Cara Lepas 2020

BPJS Lepas dari Orang Tua – BPJS kesehatan yang menjadi salah satu program pemerintah dalam memerangi sebuah kesehatan pada masyarakatnya. Menjadi salah satu program dimana di tunjukkan kepada semua warga negara ini, baik dari orang tua sampai sampai anak-anak.

Nantinya program ini bersifat iuran, dimana para pesertanya akan membayarkan iuran setiap tanggal yang sudah di tentukan yaitu pada tanggal 10 setiap bulannya. Pembayaran iuran tersebut juga tergantung dengan pemilihan kelas berapa BPJS Kesehatannya.

Jika kepala keluarga memilih kelas 1 maka anggota keluarga lain seperti istri dan anak juga akan memiliki kelas yang sama. Nantinya iuran tersebut akan sepenuhnya di tanggung yang menjadi kepala keluarga, baik dari istri dan anak-anaknya.

Namun yang akan di bahas kali ini oleh kodebpjs.com yaitu mengenai BPJS lepas dari orang tua itu apa artinya? Mungkin anda banyak yang bertanya mengenai hal tersebut, karena banyak para peserta BPJS yang mengucapkan begitu.

Kriteria & Cara BPJS Lepas dari Orang Tua Terbaru

Kriteria Cara BPJS Lepas dari Orang Tua Terbaru

Lalu apa artinya BPJS lepas dari orang tua? Berikut akan di sampaikan di bawah ini, jadi terus ikuti ulasan ini sampai akhir agar anda paham dan jelas mengenai hal itu.

BPJS Lepas dari Orang Tua?

BPJS Lepas dari Orang Tua

Seperti yang sudah anda ketahui sendiri jika anak biaya iuran BPJS-nya akan sepenuhnya di tanggung oleh orang tua. Tanggungan tersebut nantinya memiliki sebuah batasannya, sampai nantinya anak tersebut bisa membayarkan iuran sendiri.

Nah jadi pembayaran iuran akan tetap di bayarkan oleh orang tua atau kepala keluarga sampai anak benar-benar sudah memenuhi beberapa kriteria seperti:

  • Belum menikah atau bisa dikatakan masih memiliki status sebagai anak dan belum memiliki penghasilan sendiri.
  • Memiliki sebuah usia belum 21 tahun atau belum 25 tahun bagi yang masih menempuh pendidikan formal. Atau bisa dikatakan belum memiliki penghasilan tersendiri dan iuran masih sepenuhnya akan dibayar orang tua.

Jika kedua kriteria sudah tidak lagi ada pada diri anda (anak) maka itu menunjukan jika sudah harus waktunya lepas dari orang tua. Nantinya jika sudah menikah dan memiliki keluarga sendiri, nantinya anda masuk dalam kartu keluarga yang baru tersebut.

Namun untuk yang masih melanjutkan pendidikan formal dan memiliki umur lebih dari 21 tahun, nantinya akan di perjelas dengan surat keterangan kuliah. Tidak hanya itu saja, nantinya juga harus di perbarui setiap setahun sekali.

Cara Lepas BPJS dari Orang Tua

Cara Lepas BPJS dari Orang Tua

Nah pastinya dari anda yang merupakan peserta BPJS Kesehatan juga banyak yang bertanya mengenai bagaimana cara melepas BPJS dari orang tua tersebut? Untuk caranya sendiri lepas dari keikutsertaan orang tua yaitu dengan mendatangi kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan di kota anda.

Untuk anda (anak) yang sudah menikah nantinya akan di perjelas dengan menunjukan sebuah kartu keluarga sendiri, saat melakukan perubahan di kantor BPJS. Jika sudah berhasil dilakukan maka anda sudah sepenuhnya membayarkan iuran keluarga (istri & anak) sesuai kelas yang di pilih.

Perbedaan kelas BPJS Kesehatan tersebut nantinya akan mempengaruhi besaran iuran dan fasilitas yang berbeda. Seperti yang sudah anda ketahui sendiri semakin iuran BPJS tinggi, itu menunjukkan jika kelas yang dan fasilitas diberikan akan lebih baik.

Diatas merupakan informasi yang bisa kodebpjs.com sampaikan, semoga bisa membantu anda yang bertanya-tanya mengenai hal tersebut. Jika belum paham anda bisa menghubungi call center BPJS Kesehatan terlebih dahulu untuk menanyakannya.