4 Cara Cek BPJS Pensiun Jaminan Hari Tua 2020

Cara Cek BPJS Pensiun – BPJS Pensiun merupakan jaminan sosial yang bertujuan untuk mempertahankan derajat hidup lebih layak bagi para peserta BPJSTK atupun ahli waris dengan memberikan penghasilan secara periodik setelah peserta memasuki masa pensiun, mengalami cacat atau meninggal dunia.

BPJS Ketenagakerjaan memiliki 4 program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP). Dari keempat program tersebut memiliki fungsi, besaran iuran, kebijakan, dan cara pencairan yang berbeda-beda.

Sebagian karyawan masih banyak yang belum paham tentang Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun. Padahal kedua program tersebut jauh berbeda, selain kebijakannya, potongan BPJS Ketenagakerjaan setiap bulan juga berbeda antara Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun.

Kedua program BPJS tersebut memang memberikan manfaat ketika pekerja atau peserta sudah tidak produktif lagi dan berhenti bekerja. Contoh perbedaannya, jika program JHT merupakan tabungan yang dapat dicairkan sekaligus saat karyawan sudah berhenti bekerja. Sedangkan JP diberikan secara periodik/per bulan dalam jangka waktu tertentu.

Cara Cek BPJS Pensiun Jaminan Hari Tua Terlengkap

Cara Cek BPJS Pensiun Jaminan Hari Tua Terlengkap

Sebagaimana kami jelaskan diatas mengenai Jaminan Pensiun dan JHT. Bagi sebagian karyawan tentu penasaran dengan jumlah saldo yang ada pada kartu BPJS anda. Untuk itu, artikel ini akan membahas lengkap bagimana cara cek BPJS Pensiun serta JHT. Berikut penjelasan lengkapnya dan simak artikel dibawah ini.

Cara Cek BPJS Pensiun

Cara Cek BPJS Pensiun

 

Jaminan Pensiun merupakan program dari BPJS yang bertujuan untuk meningkatkan derajat hidup bagi peserta setelah memasuki masa pensiun, mengalami cacat, atau meninggal dunia. Jaminan Pensiun akan diberikan secara berkala setiap bulan dalam waktu tertentu.

Terdapat banyak manfaat yang diberikan dari Jaminan Pensiun kepada peserta. Namun, jika anda ingin mengecek saldo dapat langsung mendatangi kantor cabang atau kantor pusat BPJS untuk meminta kepada petugas agar dibantu cek saldo BPJS Pensiun.

Hal ini berbeda dengan BPJS JHT yang dapat dilakukan cara cek melalui sms, aplikasi, website. Namun keduanya sama-sama memberikan manfaat baik bagi peserta. Oleh sebab itu, besara iuran yang dibayarkan juga berbeda antara Jaminan Pensiun dan Jaminan Hari Tua.

Cara Cek BPJS Jaminan Hari Tua

Cara Cek BPJS Jaminan Hari Tua

Untuk mengecek saldo BPJS Jaminan Hari tua dapat dilakukan dengan beberapa cara. Diantaranya melalui SMS gateaway, aplikasi BPJSTKU dan cek BPJS melalui kantor cabang. Berikut langkah-langkahnya.

1. Cara Cek BPJS Jaminan Hari Tua via SMS

  • Ketik DAFTAR(spasi)SALDO#Nomor KTP#NAMA#Tanggal lahir#Nomor peserta kirim ke 2757
  • Contoh : DAFTAR SALDO#000586xxx#INA#17-01-96#000564685, kirim ke 2757
  • Tunggu sampai mendapatkan balasan yang berisi ID anda.
  • Jika sudah mendapatkan nomor peserta, lanjut ke langkah berikutnya.
  • Ketik SALDO(spasi)NOMOR PESERTA, kirim ke 2757
  • Contoh : Saldo 002886xx kirim ke 2757

2. Cara Cek BPJS Jaminan Hari Tua via Kantor BPJSTK

Cara yang kedua, merupakan cara paling banyak digunakan oleh peserta BPJS Ketenagakerjaan. Anda hanya cukup mendatangi kantor pusat atau kantor cabang BPJS, kemudian beritahu kepada petugas bahwa anda ingin cek saldo BPJS Jaminan Hari Tua. Petugas tentu akan membantu dan memberikan informasi mengenai jumlah saldo Jaminan Hari tua milik anda.

3. Cara Cek BPJS Jaminan Hari Tua Via Aplikasi BPJSTKU

  • Download dan instal aplikasi BPJSTKU pada smartphone
  • Setelah aplikasi diinstal pada smartphone, kemudian lanjut untuk setting aplikasi sesuai dengan akun BPJS milik anda.
  • Kemudian klik “Login” serta masukkan email yang sebelumnya anda daftarkan, masukan PIN akun BPJS.
  • Jika sudah login, masuk ke halaman utama lalu klik “Lihat Saldo”.
  • Tunggu sampai layar ponsel anda menunjukan informasi jumlah saldo Jaminan Hari Tua.

4. Cara Cek BPJS Jaminan Hari Tua via Website

Terakhir adalah cara yang banyak digunakan oleh masyarakat milenial. Tentu saja menggunakan cara terakhir ini harus tersedia sinyal internet yang kuat, agar proses pengecekan tidak terganggu.

  • Pertama, silahkan kunjungi website resmi BPJS Ketenagakerjaan
  • Persiapkan kartu BPJS atau Nomor KPJ anda.
  • Kemudian klik menu “Layanan Peserta”.
  • Klik “Pilih Tenaga Kerja”.
  • Pilih “BPJSTKU dan Antrian Online”.
  • Cek saldo klik “BPJSTKU”.
  • Pada layar akan muncul informasi jumlah saldo milik anda.

Dengan mengetahui cara cek BPJS pensiun dan BPJS Jaminan Hari Tua, anda tidak perlu bingung lagi bagaimana cara cek saldo ataupun cek BPJS pensiun karena semua bisa diakses melalui SMS, Website, dan Aplikasi. BPJS Ketenagakerjaan memang memberikan kemudahan dan kenyamanan para peserta dalam mengakses semua informasi mengenai kartu BPJS tersebut.