5 Cara Cek Saldo Jaminan Pensiun Terbaru 2020

Cek Saldo Jaminan Pensiun – Program BPJS Ketenagakerjaan yaitu jaminan pensiun wajib untuk diikuti oleh perusahaan baik perusahaan dengan skala besar atupun menengah. Untuk program Jaminan Pensiun dari BPJS Ketenagakerjaan bisa dibilang program baru untuk BPJS Ketenagakerjaan, Program ini belum ada saat BPJS Ketenagakerjaan masih bernama Jamsostek.Program Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan baru beroprasi pada tanggal 1 Juli 2015, berbeda dengan Program BPJS Ketenagakerjaan lain seperti Jaminan Kematian, Jaminan Kecelakaan, dan Jaminan Hari tua yang lebih dulu ada sejak Januari 2014.

Ada banyak manfaat dari program Jaminan Pensiun antara lain adalah manfaat pensiun hari tua manfaat ini berupa uang tunai bulanan yang akan diberikan kepada peserta saat memasuki masa pensiun sampai dengan peserta itu sendiri meninggal dunia, untuk manfaat ini yang memenuhi masa iuran selama minimum 15 tahun yang setara dengan 180 bulan.program ini sangat membantu bagi peserta yang telah memasuki masa pensiun dimana peserta dapat memperoleh uang tunai selama masa iuran BPJS Ketenagakerjaan saat masih bekerja di perusahaan tempat peserta sendiri bekerja.

Ada manafaat lain yaitu pensiun cacat dimana manfaat yang berupa uang tunai bulanan dan diberikan kepada peserta itu sendiri yang mengalami cacat total tetap yang diakibatkan oleh kecelakaan kerja dan tidak dapat kembali bekerja atau akibat penyakit sampai meninggal dunia sedangkan manfaat ini diberikan sampai peserta meninggal dunia atau peserta bekerja kembali. Untuk manfaat ini diberikan kepada peserta yang menyebabkan cacat total tetap terjadi, minimal 1 bulan menjadi peserta dan denisty rate/ tingkat ketaan pembayaran iuran minimal 80%.

Manfaat program Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan yang terakhir adalah manfaat Pensiun Janda/duda manfaat ini yaitu berupa uang tunai bulanan yang akan diberikan kepada peserta janda/duda dimana ia menjadi ahli waris dan telah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Uang tunai akan diberikan kepada janda/duda ahli waris sampai meninggal dunia/ menikah lagi, dengan catatan kondisi peserta meninggal dunia bila masa iuran kurang dari 15 tahun dengan ketentuan memenuhi minimal 1 tahun kepesertaan dan denisty rate/tingkat kepatuhan membayar iuran minimal sebesar 80%

Cek Saldo Jaminan Pensiun

Cek Saldo Jaminan Pensiun

Cek Saldo Jaminan Pensiun

Untuk anda yang telah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang harus mengetahui program apa saja yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Agar anda dapat mengetahui perkembangan layanan terbaru yang telah diberikan oleh BPJS Ketenagakarjaan sehingaa anda tidak perlu ragu dan bingung untuk menggunakan layanan tersebut jika suatu saat terjadi hal yang tidak anda inginkan. di artikel kali ini kita akan menjelaskan bagaimana cara mengecek saldo Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakarjaan dan berikut caranya.

Cara Mudah Cek Saldo Jaminan Penisiun Melalui SMS

Cara Mudah Cek Saldo Jaminan Penisiun Melalui SMS

Cara Mudah Cek Saldo Jaminan Penisiun Melalui SMS

Cara ini merupakan cara yang paling mudah yaitu anda hanya perlu memasukkan Nomor Peserta BPJS Ketenagakerjaan anda dan anda cukup menunggu balasan yang berupa jumlah nominal saldo Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan anda.

  • Pertama pastikan anda sudah terdaftar untuk dapat menggunakan layanan SMS dengan cara mengirim format : DAFTAR(spasi)SALDO#Nomor KTP#Tanggal Lahir(Tanggal,bulan,tahun)#Nomor Peserta#email(jika ada) kemudian kirim ke 2725
  • Jika anda sudah terdaftar, langkah berikutnya adalah kirim format SMS : SALDO(spasi)Nomor Peserta kemudiankirim ke 2757
  • Tunggu sampai ada balasan yang menunjukan jumlah saldo Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan anda.

Cara Mudah Cek Saldo Jaminan Pensiun Melalui Website

Cara Mudah Cek Saldo Jaminan Pensiun Melalui Website

Cara Mudah Cek Saldo Jaminan Pensiun Melalui Website

Cara yang termasuk mudah adalah dengan cara anda mengunjungi/membuka langsung website resmi BPJS Ketenagakerjaan berikut langkah-langkahnya.

  • Buka website resmi BPJS Ketenagakerjaan
  • Geser kursor kebawah kemudian pilih Layanan Pesert Tenaga Kerja kemudian klik tombol Masuk
  • Pilih BPJSTKU
  • Buat akun dan begitu selesesainya maka anda sudah dapat login dan mencari tahu informasi besaran saldo Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan anda

Cara Mudah Cek Saldo Jaminan Pensiun Melalui Aplikasi

Cara Mudah Cek Saldo Jaminan Pensiun Melalui Aplikasi

Cara Mudah Cek Saldo Jaminan Pensiun Melalui Aplikasi

Untuk metode ini anda harus memastikan bahwa anda sudah mendownload aplikasi BPJS dan instal di hp anda, jik anda belum memiliki aplikasi tersebut anda dapat mendownload melalui Google play store atau App Store.

  • Instal aplikasi BPJSTKU Mobile
  • Masukkan kode verifikasi yang telah dikirim melalui email anda
  • Masukkan PIN aktivasi dari email anda
  • Masukkan PIN untuk masuk ke akun anda
  • Masukkan nama sesuai dengan KTP anda
  • Kemudian masukkan tanggal lahir
  • Masukkan nomor KTP anda
  • Masukkan Nomor peserta anda
  • Masukkan nomor handphone anda
  • Lalu masukkan kode verifikasi yang telah dikirim melalui SMS
  • Kemudian cek saldo Jaminan Pensiun anda sudah dapat dilakukan

Cara diatas merupakan cara mudah yang dapat anda lakukan sendiri dirumah, selain itu anda juga dapat langsung mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat di kota anda, cara ini merupakan cara yang konvensional yang dapat anda pilih untuk mengecek saldo jaminan pensiun anda, tergolong cara yang aman karena kita hanya perlu menunjukan nomor peserta/kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan kepada petugas , kemudian petugas akan memproses dan memberi tahu kepada anda berapa jumlah total saldo Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan anda.