3 Cara Mengetahui Tunggakan BPJS Kesehatan 2020

Cara Mengetahui Tunggakan BPJS Kesehatan – Sebagaimana kita ketahui, BPJS Kesehatan merupakan lembaga milik pemerintah untuk dapat menjamin kesehatan seluruh masyarakat Indonesia. BPJS Kesehatan terbagi dalam beberapa kelas perawatan. Saat awal pendaftaran peserta BPJS Kesehatan, biasanya petugas akan memberikan informasi mengenai biaya per bulannya.

Bagi masyarakat yang sudah terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan harus membayar iuran yang dibayarkan setiap bulannya. Jika anda telat membayar iuran tentu saja pihak BPJS Kesehatan akan memberikan denda, hal tersebut jangan sampai terjadi karena nantinya anda sendiri yang rugi.

BPJS Kesehatan juga memberikan kemudahan bagi para anggotanya untuk melakukan pembayaran iuran setiap bulan. BPJS Kesehatan telah bekerjasama dengan beberapa bank terkemuka di Indonesia. Jika anda telat membayar iuran, tagihan dan tunggakan harus di cek kemudian dibayarkan sesegera mungkin.

Cara cek tunggakan BPJS dapat dilakukan dengan beberapa cara mudah, dapat dilakukan melalui Aplikasi Mobile JKN, SMS Gateaway, dan Website resmi BPJS Kesehatan. Selain dapat mengecek tunggakan, website online juga dapat digunakan untuk cek keanggotaan BPJS Kesehatan online.

Cara Mengetahui Tunggakan BPJS Kesehatan Terlengkap

Cara Mengetahui Tunggakan BPJS Kesehatan Terlengkap

Saat anda menjadi anggota BPJS Kesehatan, tentu saja harus melakukan kewajibannya setiap bulan, yaitu dengan membayar iuran BPJS Kesehatan tepat waktu. Agar dapat melakukan pembayaran BPJS Kesehatan, sebelumnya anda harus mengetahui berapa tunggakan BPJS yang harus anda bayarkan. Berikut kami memberikan beberapa cara untuk mengetahui tunggakan BPJS Kesehatan.

1. Cara Cek Tunggakan BPJS Kesehatan Via SMS

1. Cara Cek Tunggakan BPJS Kesehatan Via SMS

Pemerintah memberikan kemudahan bagi para anggota BPJS Kesehatan dengan membuka layanan pengecekan tunggakan melalui SMS. Dengan cara ini anda tidak pelu repot menggunakan sinyal internet, cukup pastikan pulsa anda terisi agar dapat melakukan pengecekan tunggakan BPJS Kesehatan.

Pengecekan dapat dilakukan melalui nomor 08777 5500 400. Pada nomor tersebut anda dapat mengetahui berbagai informasi penting seperti, cek tagihan iuran, tunggakan BPJS Kesehatan, dan denda yang harus dibayarkan. Jika anda telat melakukan pembayaran pada bulan-bulan sebelumnya atau biasa disebut nunggak, maka harus siap untuk membayar dendanya.

Untuk informasi tunggakan, anda hanya perlu memasukan data diri anda, antara lain Nomor Kartu BPJS Kesehatan, Nomor Induk Kependudukan, dan Nomor Induk Pegawai milik anda. Gunakan pada salah satu nomor induk untuk mengecek tunggakan BPJS Kesehatan. Kami akan memberikan contoh mudahnya dibawah ini.

Contoh :

Tagihan<spasi>Nomor Kartu BPJS Kesehatan

Tagihan 000056897xxx

Kirim ke nomor 08777 5500 400

2. Cara Cek Tunggakan BPJS Kesehatan Via Website Resmi BPJS

2. Cara Cek Tunggakan BPJS Kesehatan Via Website Resmi BPJS

Bagi anda yang sering menggunakan layanan internet, salah satu cara ini paling cocok untuk anda. Agar dapat melakukan pengecekan tunggakan BPJS Kesehatan, anda harus mengunjungi situs resmi BPJS Kesehatan online. Oleh karena itu, pastikan sinyal internet anda cukup agar pengecekan dapat dilakukan secara cepat. Kami akan memberikan langkah-langkah yang dapat anda lakukan.

  1. Kunjungi situs resmi BPJS Kesehatan.
  2. Kemudian, saat berada di halaman utama terdapat menu “Cek Iuran BPJS Kesehatan” disebelah kiri dan klik menu tersebut.
  3. Pada halaman selanjutnya, anda akan melihat tampilan dua kolom, yaitu Nomor Kartu BPJS dan Tanggal Lahir pemilik kartu, kemudian isi.
  4. Setelah selesai melakukan pengisian, anda beralih ke menu berikutnya untuk mengisi angka validasi dengan benar. Lalu, klik “Cek”.
  5. Tunggu sampai layar memunculkan semua informasi pembayaran, meliputi iuran yang sudah dibayarkan, dan tagihan iuran yang belum dibayarkan.

3. Cara Cek Tunggakan BPJS Kesehatan Via Aplikasi Mobile JKN

3. Cara Cek Tunggakan BPJS Kesehatan Via Aplikasi Mobile JKN

Cara yang terakhir melalui Aplikasi Mobile JKN. Menggunakan cara ketiga ini pastikan anda sudah mengunduh Aplikasi Mobile JKN pada smartphone. Namun, jika belum anda dapat mengunduhnya melalui Google Play dan App Store.

  1. Pertama Unduh Aplikasi Mobile JKN dan instal ke smartphone milik anda.
  2. Kemudian registrasi untuk membuat akun tersebut.
  3. Masuk ke akun mobile JKN yang telah anda daftarkan.
  4. Lalu pilih menu “Tagihan”.
  5. Kemudian pilih “Premi”.
  6. Tunggu sampai layar smartphone anda memunculkan informasi mengenai iuran dan tagihan kartu BPJS Kesehatan.

Manfaat dari mengetahui tunggakan BPJS Kesehatan, kita dapat terus memantau dan langsung menyiapkan dana jika ternyata telat melakukan pembayaran bulan sebelumnya. Agar terhindar dari denda akibat menunggak, pastikan anda membayar iruan tepat waktu, lakukan pembayaran sebelum tanggal ditentukannya iuran. Dari ketiga cara diatas, manakah menurut anda cara paling mudah?.