Cara Mengecek Pembayaran BPJS Kesehatan Terbaru 2020

Cara Mengecek Pembayaran BPJS Kesehatan –  Sebagai lembaga yang bertanggung jawab sepenuhnya untuk masalah jaminan kesehatan seluruh masyarakat Indonesia. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi,  BPJS Kesehatan terus mengembangkan proses pembayaran agar lebih mudah dilakukan oleh para peserta BPJS Kesehatan sehingga masyarakat semakin merasa nyaman dan mudah.

Bagi masyarakat anggota BPJS Kesehatan, wajib hukumnya untuk melakukan pembayaran setiap bulan. Nominal iuran yang dibayarkan sesuai dengan kelas yang dipilih saat awal melakukan pendaftaran. Terdapat tiga tingkatan kelas perawatan yaitu kelas 1, kelas 2, dan kelas 3. Peserta dapat memilih kelas perawatan sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Setelah peserta memilih kelas perawatan, tentunya harus membayar iuran setiap bulan secara rutin. Pastikan jangan sampai telat membayar iuran karena nantinya dapat dikenakan denda dari BPJS Kesehatan. Namun, bagaimana cara mengetahui tunggakan BPJS Kesehatan ?, jika anda telat membayarnya. Usahakan untuk selalu mengecek pembayaran BPJS setiap bulan.

Anda dapat mengecek pembayaran BPJS melalui cara paling mudah, yaitu dengan mengirim format SMS Gateaway ke nomor BPJS Kesehatan. Anda dapat mengirimnya di nomor 087775500400, mengecek melalui SMS harus memastikan bahwa pulsa mencukupi untuk mengecek pembayaran BPJS agar nantinya proses pengecekan dapat berjalan dengan cepat.

Cara Mengecek Pembayaran BPJS Kesehatan Terbaru

Cara Mengecek Pembayaran BPJS Kesehatan Terbaru

Dari banyaknya rutinitas sehari-hari, mungkin suatu saat bisa saja lupa belum membayar iuran BPJS Kesehatan. Nah, untuk mencegah agar tidak lupa membayar iuran, anda dapat mengecek pembayaran BPJS Kesehatan setiap bulan sebelum jatuh tempo pembayaran BPJS. Bagaimana caranya? berikut Kodebpjs.com sajikan informasi lengka untuk anda. Silahkan simak artikel dibawah ini.

1. Cara Mengecek Pembayaran BPJS Kesehatan lewat Website

1. Cara Mengecek Pembayaran BPJS Kesehatan lewat Website

Pastikan anda mengunjungi website resmi BPJS Kesehatan untuk mendapatkan informasi yang valid. Mengecek melalui website dianggap cara mudah dan cepat bagi sebagian masyarakat. Pastikan sinyal internet kuat saat melakukan proses mengecek pembayaran BPJS Kesehatan.

  • Langkah pertama, kunjungi situs resmi BPJS Kesehatan
  • Masuk kedalam menu utama, pada menu utama sebelah kiri terdapat menu “Cek Iuran BPJS Kesehatan.
  • Pada halaman selanjutnya anda akan diminta memasukan Nomor Kartu dan Tanggal Lahir sebagai pemegang kartu BPJS Kesehatan.
  • Setelah anda mengisi dua kolom tersebut, masukkan angka validasi yang ada pada menu klik “Cek”.
  • Tunggu sampai layar memunculkan rincian pembayaran yang sudah dilakukan dan jumlah tagihan yang harus anda bayar.

2. Cara Mengecek Pembayaran BPJS Kesehatan lewat Aplikasi Mobile JKN

2. Cara Mengecek Pembayaran BPJS Kesehatan lewat Aplikasi Mobile JKN

Sebelum melakukan pengecekan melalui Aplikasi Mobile JKN, pastikan sambungan internet anda stabil untuk memudahkan proses cek pembayaran. Melalui Aplikasi Mobile JKN, selain dapat melakukan cek pembayaran, anda juga dapat mengakses informasi penting lainnya seperti cek keaktivan kartu BPJS dan masih banyak lainnya.

  • Silahkan anda unduh dan instal aplikasi Mobile JKN melalui Play Store atau App Store.
  • Lakukan registrasi untuk membuat akun.
  • Masuk ke akun mobile JKN yang sudah anda isntal
  • Pilih menu “Tagihan” kemudian pilih “Premi”
  • Nantinya terdapat informasi mengenai tagihan dan pembayaran iuran BPJS Kesehatan secara lengkap. Mulai
  • dari pembayaran periode sebelumnya serta jumlah tagihan yang harus dibayarkan

3. Cara Mengecek Pembayaran BPJS Kesehatan lewat SMS Gateaway

3. Cara Mengecek Pembayaran BPJS Kesehatan lewat SMS Gateaway

Selain menggunakan kedua cara diatas, pengecekan pembayaran BPJS Kesehatan dapat dilakukan melalui sms gateway. Berbeda dengan dua cara diatas. Cara ini terbilang cukup mudah karena tidak perlu adanya sambungan internet. Anda hanya cukup memastikan bahwa pulsa mencukupi untuk melakukan pengecekan pembayaran. Kami akan memberikan cara beserta contohnya.

Terdapat nomor khusus BPJS untuk para anggotanya. Anda dapat menghubungi di nomor 08777 5500 400. Berbagai informasi mengenai BPJS Kesehatan dapat dilakukan pada nomer tersebut. Salah satunya adalah pengecekan pembayaran BPJS. Disana anda akan menerima informasi jumlah tagihan yang harus dibayarkan setiap bulannya.

  • Tagihan(spasi)Nomor Kartu BPJS Kesehatan
    Kirim ke 087775500400
  • Contoh : Tagihan 0000528586375
    Kirim ke 087775500400

Itulah informasi mengenai cara mengecek pembayaran BPJS Kesehatan melalui tiga cara mudah yaitu Website, Aplikasi mobile JKN, dan SMS Gateaway. Pengecekan dapat dilakukan sebulan sekali, atau sebelum anda melakukan pembayaran BPJS Kesehatan. Anda juga dapat melakukan cek pembayaran melalui call center atau mall pelayanan publik.