15 Cara Mengisi Formulir BPJS Kesehatan Untuk Peserta Baru 2020

Cara Mengisi Formulir BPJS Kesehatan – Program jaminan sosial adalah salah satu tanggung jawab dan juga kewajiban negara untuk memberikan perlindungan sosial ekonomi kepada masyarakat atau warga negaranya. Sesuai dengan kondisi atau kemampuan keuangan negara tersebut, termasuk di Indonesia, seperti halnya negara berkembang lainnya mengembangkan berbagai program jaringan sosial berdasarkan funder social security atau jaminan sosial yang didanai oleh pesertanya sendiri dan masih terbatas pada masyarakat pekerja di sektor formal.

Dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) menjadi program pemerintah untuk membantu masyarkatnya memenuhi kebutuhan yang dibutuhan. Seperti bpjs sendiri terbagi menjadi dua yaitu bpjs kesehatan dan bpjs ketenagakerjan, keduanya merupakan badan hukum yang memiliki tanggungjawab terhadap jamian sosial masyarakat. Namun demikian yang akan kami bahas dalam artikel ini adalah tetang bpjs kesehatan.

Keikut sertaan dalam program bpjs kesehatan ini sangat wajib bagi warga masyarakat Indonesia, hal itu agar warganya mempunyai jaminan atau perlindungan yang sesuai dengan tujuan pemerintah yaitu melindungi masyarakatnya. Hal ini yang sangat didukung oleh warga masyarakat negara kita ini sejak program pemerintah menerapkan program ini, sebenarnya bpjs sendiri sudah terbentuk sejak sudah lama yaitu dengan nama dengan PT.Akses namun semakin berkembangnya jaman yang cukup maju ini.

Bpjs semakin menuai kemajuan yang signifikan dengan adanya tambahan didunia teknologi didalamnya, seperti anda dapat melakukan pemesanan nomor urut antria secara online, anda hanya perlu melakukan dengan mungunduh aplikasi di playstore atau appstore, pindah faskes, dan masih banyak lainnya. Dengan semakin bertambahnya waktu jaminan sosial ini sangat diperhatikan dalam segala aspeknya.

Begini Cara Mengisi Formulir BPJS Kesehatan Yang Benar

Cara Mengisi Formulir BPJS Kesehatan

Cara Mengisi Formulir BPJS Kesehatan

Namun sebelum anda menikmati fasilitas atau program dari pemerintah yang satu ini, anda harus mendaftarkan menjadi peserta terlebih dahulu dengan melakukan pembayaran iuran setuap bulannya. Iuran itu pun juga berbeda, tergantung dengan kelas yang ingin anda daftarkan. Misal biaya iuran bpjs kelas 1 dengan kelas 2 dan kelas 3 itu berbeda, untuk kelas 1 iuaran yang dikenakan cukup mahal tetapi memberikan faslitas yang cukup memadai.

Jika anda ingin mendaftarkan menjadi peserta bpjs kesehatan, anda dapat mendaftarkan dikantor cabang bpjs kesehatan terdekat di kota anda. Hal ini sangat mudah untuk dilakukan dengan hanya mengisi formulir yang telah diberikan oleh petugas, mungkin dari anda ada yang masih bingung tentang cara mengisi formulir bpjs kesehatan di bawah akan kami sampaikan.

Cara Mengisi Formulir BPJS Kesehatan

Cara Mengisi Formulir

Cara Mengisi Formulir

  1. Pertama sebelum anda mengisi formulir yang sudah diberikan oleh petugas, siapkan data atau dokumen yang diperlukan seperti: Kartu identitas yang masih hidup (Berlaku) yaitu berupa KTP/SIM/Paspor, siapkan buku nikah (bagi yang sudah menikah), Kartu keluarga (KK), Fotokopi buku tabungan (rekening), Pasfoto 3X4 2 lembar saja.
  2. Kemudian petugas akan mengisi nomor identitas BPJS Kesehatan.
  3. Setelah itu mengisi kolom jenis pekerjaan, dalam tahap ini anda isi sesuai dengan jenis pekerjaan yang sedang anda lakukan(profesi anda sekarang).
  4. Kemudian anda masuk kedalam pengisian identitas. Dalam pengisian identitas tersebut anda akan mengisi berupa kolom, antara lain: Nomor Kartu Keluarga(KK), NIK/KTAS/KTP, nama pada kartu, jenis kelamin, tempat lahir, tanggal lahir, nomor telepon, alamat e-mail, alamat tempat tinggal, alamat surat menyurat dan nomor NPWP.
  5. Setelah itu mengisi kolom identitas pekerjaan.
  6. Lalu mengisi kolom kelas rawat dan faskes yang sudah menjadi pilihan anda.
  7. Kemudian mengisi pada kolom data keluarga.
  8. Di bagian ini Anda akan diarahkan untuk mengisi identitas suami dan anak sesuai dengan data yang telah anda miliki, misal dalam satu keluarga ada empat orang yaitu suami, istri, dan 2 anak maka isikan identitas semuanya.
  9. Setelah formulir pendaftaran diisi, periksalah kembali barangkali ada data yang dimasukan dengan keliru.
  10. Kemudian anda akan mendapatkan nomor virtual account dari petugas tadi. Virtual account inilah yang akan menjadi jalan anda untuk melakukan transaksi transfer sejumlah uang ke salah satu bank yang telah ditetapkan, seperti bank Mandiri, BRI atau BNI dan lainya.
  11. Setelah proses pengiriman/transfer anda akan mendapat bukti transfer.
  12. Bukti ini yang kemudian digunakan untuk melakukan penukaran dengan Kartu BPJS Kesehatan.

Cukup mudah bukan cara mengisi formulir saat akan mendaftarkan menjadi peserta bpjs kesehatan. Jangan khawatir anda tidak bisa mengisinya, karena anda bisa minta tolong saat melakukan pengisian pada petugas yang sedang berjaga. Semoga cara ini dapat bermanfaat dan berguna bagi anda yang ingin membuat kartu bpjs kesehatan.