Kode Mutasi BPJS Kesehatan Terlengkap & Terbaru 2020

Kode Mutasi BPJS Kesehatan – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS KESEHATAN mungkin sudah tidak asing lagi di telinga anda semua. Menjadi salah satu jaminan yang diberikan oleh pemerintah untuk seluruh masyarakat Indonesia ternyata sampai saat ini sudah banyak pesertanya.

Nah untuk anda yang belum terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan maka segera mendaftarkan supaya nantinya mendapatkan perlindungan atas jaminan kesehatannya. Anda bisa mendaftarkan kepesertaan dengan beberapa golongan peserta seperti peserta mandiri, Pekerja Penerima Upah (PPU), Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Dimana peserta mandiri nantinya akan membayarkan iuran seseuai kelas dipilih setiap bulannya, sedangkan untuk peserta PBI tidak akan di kenakan biaya iuran setiap bulannya. Iuran peserta PBI sendiri akan ditanggung oleh pemerintah sepenuhnya. Kepesertaan ternyata bisa beralih atau berpindah dari kepesertaan satu ke kepesertaan lainnya.

Untuk anda yang ingin melakukan pemindahan kepesertaan tersebut dari kepesertaan satu ke lainnya ternyata terdapat kode mutasinya. Nah kode mutasi BPJS Kesehatan tersebutlah yang nantinya diikutsertakan saat pengisian formulir pemutasian kepesertaan anda.

Kode Mutasi BPJS Kesehatan Terlengkap & Terbaru

Kode Mutasi BPJS Kesehatan Terlengkap Terbaru

Untuk lebih jelas mengenai kode mutasi BPJS Kesehatan, berikut akan kodebpjs.com sampaikan di bawah ini. Jadi simak terus ulasan ini sampai akhir agar lebih jelas mengenai kode mutasi tersebut.

Kode Mutasi BPJS Kesehatan

Kode Mutasi BPJS Kesehatan

1. Update gaji peserta Pekerja Penerima Upah (PPU).

  • Kode Mutasi 4.

2. Update fasilitas kesehatan peserta dan tanggungan Pekerja Penerima Upah (PPU).

  • Kode Mutasi 3.

3. Update Identitas peserta serta tanggungan Pekerja Penerima Upah (PPU).

  • Kode Mutasi 1.

4. Mutasi dari Pekerja Penerima Upah (PPU) ke Pekerja Penerima Upah (PPU).

  • Kode Mutasi 5.

5. Mutasi Dari Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) ke Pekerja Penerima Upah (PPU).

  • Pastikan peserta tidak memiliki tunggakan sampai bulan terlapor.
  • Kode Mutasi 6.

6. Nonaktif kepesertaan Pekerja Penerima Upah (PPU).

  • Kode Mutasi 7.

7. Mutasi dari Penerima Bantuan Iuran (PBI) ke Pekerja Penerima Upah (PPU)

  • Kode Mutasi 8.

8. Penambahan Warga Negara Asing bagi Pekerja Penerima Upah (PPU).

  • Menggunakan file excel kolom 34.

9. Penambahan tanggungan peserta Pekerja Penerima Upah (PPU).

  • Kode Mutasi 99.

Cara Pelaporan Karyawan Mutasi BPJS Kesehatan

Cara Pelaporan Karyawan Mutasi BPJS Kesehatan

Termasuk dalam rangka meningkatkan pelayanan kepesertaan Badan Usaha bahwa pelayanan mutasi kepesertaan BPJS Kesehatan. Para peserta dapat melakukan pemutasian secara manual dengan datang langsung ke kantor cabang BPJS Kesehatan.

Tidak hanya itu saja, para peserta BPJS Kesehatan juga bisa melakukan mutasi secara online melalui email. Untuk persyaratan mutasi secara online atau pengiriman melalui email itu sendiri seperti:

  • Membuat surat permohonan mutasi dimana dicetak menggunakan kop surat perusahaan serta di tandatangani & diberi cap/stempel dari perusahaan.
  • Mengisi jenis mutasi yang akan dilaporkan disertai kode mutasi & jumlah jiwa/peserta yang akan dimutasi.
  • Melengkapi data mutasi dengan mengisikan secara lengkap formulir BPJS Kesehatan 37 Kolom.
  • Lampirkan surat permohonan mutasi yang telah di tandatangani serta diberi cap oleh perusahaan & formulir BPJS Kesehatan tadi.
  • Kirim ke alamat email kantor cabang BPJS Kesehatan. Pengiriman mutasi BPJS Kesehatan paling lambat tanggal 20 setiap bulannya.

Mungkin itu saja yang bisa kodebpjs.com sampaikan untuk anda semua mengenai kode mutasi BPJS Kesehatan. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan berguna bagi yang membutuhkan.