6 Cara Cek Faskes BPJS Untuk Semua Daerah 2020

Cek Faskes BPJS – Fasilitas BPJS yang disediakan pemerintah untuk masyarakat dengan kondisi ekonomi yang lemah. Dengan menjadi peserta BPJS, masyarakat bisa memperoleh keringanan biaya dalam hal pengobatan atau perawatan medis. Untuk para peserta BPJS yang ingin berobat, harus terlebih dahulu berobat melalui faskes yang telah disediakan BPJS. Faskes atau Fasilitas Kesehatan berfungsi untuk memberikan layanan kesehatan kepada peserta BPJS yang sakit sesuai dengan prosedur sistem rujukan berjenjang yang berlaku. Dalam program BPJS Kesehatan ada faskes tingkat 1 dan faskes tingkat lanjutan.

Yang termasuk faskes tingkat 1 yaitu Puskesmas, Praktek Dokter, Klinik Pertama dan Rumah Sakit Kelas D. Sedangkan yang termasuk Faskes Lanjutan yaitu Klinik Utama, Rumah Sakit Umum, dan Rumah Sakit Khusus. Peserta yang sakit dan ingin berobat menggunakan BPJS harus berobat terlebih dahulu ke faskes tingkat 1 sebelum ke faskes lanjutan. BPJS Kesehatan merupakan peralihan dari JAMSOSTEK. Program yang digunakan oleh BPJS Kesehatan mirip seperti sistem asuransi pada umumnya dimana peserta diharuskan membayar biaya perbulannya sesuai tingkatan yang dipilih oleh peserta itu sendiri.

Besar iuran yang harus dibayar peserta akan berpengaruh terhadap layanan kesehatan yang aka diterima. Fasilitas kesehatan juga disesuaikan dengan setiap kelas yang di pilih peserta. Masing masing kelas atau tingkatan tertentu tidak dapat begitu saja menikmati faskes BPJS yang sama dengan kelas atau tingkatan yang lainnya. Hal itu disebabkan, karena setiap kelas dalam BPJS memiliki fasilitas kesehatan yang berbeda beda. Hal inilah yang perlu peserta ketahui terlebih dahulu alamat faskes BPJS Kesehatan sebelum melakukan rujukan.

Apalagi jika kalian pindah tempat tinggal atau tempat kerja maka secara otomatis jarak faskes yang sudah terdaftar menjadi jauh dengan tempat tinggal sekarang. Hal itu yang menyebabkan kalian harus pindah faskes BPJS. Sebelum kalian pindah faskes maka kalian harus mengecek alamat faskes yang dekat dengan alamat tempat tinggal atau tempat kalian bekerja. Lalu bagaimana cara cek faskes BPJS yang dekat dengan tempat tinggal kalian. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang caranya maka simak ulasan kami berikut ini.

Cara Cek Faskes BPJS Terbaru

Cek Faskes BPJS

Cek Faskes BPJS

Pada kesempatan kali ini kami akan menginformasikan mengenai cara cek faskes BPJS. Caranya sangatlah mudah untuk dilakukan. Ada banyak cara yang dapat kalian lakukan untuk mengecek faskes yang dekat dengan alamat tempat tinggal kalian. Lalu bagaimana cara mengeceknya, berikut adalah langkah langkahnya.

Cara Cek Faskes Offline

Cara Cek Faskes Offline

Cara Cek Faskes Offline

Cara yang satu ini sebenarnya dapat kalian lakukan bila kalian ingin pindah faskes, karena berbagai hal. Dalam proses perpindahan faskes atau mengganti faskes, maka secara otomatis petugas akan memberi tahu kalian mengenai alamat faskes yang dekat dengan alamat tempat tinggal atau tempat kerja kalian saat ini.

  1. Hal yang pertama yang harus kalian lakukan yaitu pergilah ke kantor BPJS terdekat.
  2. Masuklah dan ambilah nomor antrian. Tunggu sampai giliran nomor antrian di panggil.
  3. Setelah giliran kalian, maka katakan kepada petugas maksud dan tujuan kalian datang ke kantor BPJS Kesehatan.
  4. Kemudian, biasanya kalian akan dimintai untuk menunjukkan alamat tempat tinggal kalian.
  5. Kemudian kalian akan langsung diberitahu oleh petugas BPJS Kesehatan mengenai alamat faskes yang dekat dengan tempat tinggal kalian.

Cara Cek Faskes Online

Cara Cek Faskes Online

Cara Cek Faskes Online

  1. Langkah pertama yaitu buka layanan browser di perangkat yang kalian gunakan seperti laptop atau ponsel kalian.
  2. Langkah yang selanjutnya yang harus kalian lakukan yaitu silahkan buka situs resmi BPJS Kesehatan di www.bpjs-kesehatan.go.id.
  3. Kemudian pilih menu Layanan.
  4. Lalu pilih Fasilitas Kesehatan.
  5. Selanjutnya isi kolom Provinsi, Kabupaten dan Jenis Faskes sesuai tempat tinggal kalian saat ini.
  6. Jika semuanya sudah diisi tekan Tampilkan.
  7. Maka aka muncul informasi hasil pencarian alamat faskes BPJS yang dekat dengan alamat tempat tinggal kalian.

Cara cara tersebut dapat kalian lakukan apabila kalian pindah tempat tinggal atau tempat kerja, maka secara otomatis jarak faskes yang sudah terdaftar di kartu BPJS Kesehatan kalian dengan tempat tinggal kalian saat ini akan menjadi jauh. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara cek faskes BPJS semoga bermanfaat dan menambah wawasan seputar BPJS. Sekian dan terima kasih telah membaca artikel kami.