14 Cara Pindah Faskes BPJS Online Dan Offline 2020

Cara Pindah Faskes BPJS – Pada umumnya ketika masyarakat yang akan mendaftar untuk pertama kalinya menjadi peserta BPJS Kesehatan akan disuruh untuk memilih fasilitas kesehatan (Faskes) yang dekat dengan tempat tinggal peserta. Faskes merupakan fasilitas kesehatan yang diberikan BPJS kepada peserta BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan telah menyediakan faskes tingkat 1 dan faskes tingkat lanjutan. Fungsi adanya faskes yaitu untuk memberikan layanan kesehatan kepada peserta BPJS Kesehatan yang sakit sesuai dengan prosedur sistem rujukan berjenjang yang berlaku di BPJS Kesehatan.

Yang termasuk faskes tingkat 1 yaitu Puskesmas, Klinik Pertama, dan Rumah Sakit Kelas D. Sedangkan untuk faskes tingkat lanjutan terdiri dari Klinik Utama, Rumah Sakit Umum, dan Rumah Sakit Khusus. Faskes tingkat 1 menjadi tempat pertama yang harus peserta kunjungi ketika ingin berobat menggunakan BPJS Kesehatan untuk mendapatkan penanganan pertama. Masyarakat yang menggunakan faskes tingkat 1 akan mendapatkan surat rujukan BPJS untuk berobat lebih lanjut ke rumah sakit apabila penyakit yang dideritanya perlu dirujuk ke rumah sakit.

Bagi kalian yang sudah memiliki kartu BPJS Kesehatan pastinya sudah mengetahui mengenai tentang faskes. Jika peserta BPJS Kesehatan pindah tempat tinggal atau tempat kera, maka arak rumah tinggal dengan faskes yang telah terdaftarkan sebelumnya tidak lagi dekat. Hal ini yang menyebabkan kalian perlu mengganti faskes. Namun banyak orang yang enggan untuk mengganti atau pindah faskes sesuai tempat tinggal saat ini.

Mereka beralasan bahwa prosesnya ribet dan,sulit dan masih banyak alasan yang lainnya. Hal itu yang membuat orang enggan untuk tidak melakukan perubahan faskes. Padahal lokasi faskes yang berdekatan dengan tempat tinggal atau tempat kerja menjadi hal yang penting. Melakukan perubahan perpindahan faskes nyatanya tak sesulit yang dibayangkan oleh banyak orang. Peserta dapat pindah faskes dengan cara yang sangat mudah dan pastinya tidak ribet. Lalu bagaimana cara pindah faskes yang mudah dan tidak ribet, simaklah ulasan kami berikut ini yang sudah kami rangkum.

Cara Pindah Faskes BPJS

Cara Pindah Faskes BPJS

Cara Pindah Faskes BPJS

Nah pada kesempatan yang sangat baik ini kami akan memberikan informasi mengenai cara pindah faskes. Seperti yang sudah saya katakan diatas bahwa caranya sangat lah mudah kalian dapat melakukannya secara online maupun offline. Dengan cara tersebut maka kalian akan mendapatkan kemudahan bila kalian harus mengganti faskes karena pindah tempat tinggal atau tempat kerja. Berikut adalah cara cara yang dapat kalian lakukan untuk mengganti faskes yang telah terdaftar.

Cara Pindah Faskes BPJS Online

Cara Pindah Faskes BPJS Online

Cara Pindah Faskes BPJS Online

  1. Langkah yang pertama download aplikasi mobile JKN di Playstore.
  2. Kemudian daftarkan diri kalian.
  3. Masukan nomor BPJS kalian.
  4. Masukan nomor KTP.
  5. Isi tanggal lahir dan nama ibu kandung kalian.
  6. Kemudian buat password.
  7. Masukan email kalian yang masih aktif.
  8. Masukan nomor Handphone kalian yang masih aktif.
  9. Jika sudah terdaftar, lalu login menggunakan nomor BPJS atau email yang sudah didaftarkan tadi.
  10. Pada layar utama mobile JKN, pilih menu Ubah Data Peserta.
  11. Kemudian tekan Faskes 1.
  12. Kemudian pilih provinsi, kabupaten dan faskes sesuai daerah kalian saat ini.
  13. Jika sudah dipilih, maka kalian aka mendapatkan kode verifikasi yang aka dikirimkan melalui email atau nomor handphone yang sudah kalian daftarkan tadi.
  14. Kemudian masukan kode verifikasi dengan benar, klik verifikasi.
    Jika verifikasi selesai maka aka muncul menu informasi tentang perubahan faskes 1 dari yang sebelumnya menjadi faskes yang sekarang beserta dengan kapan masa berlakunya.

Cara Pindah Faskes BPJS secara Offline

Cara Pindah Faskes BPJS secara Offline

Cara Pindah Faskes BPJS secara Offline

  1. Siapkan KTP asli.
  2. Siapkan kartu peserta BPJS Kesehatan.
  3. Siapkan kartu keluarga.
  4. Siapkan surat keterangan domisili.
  5. Kemudian datanglah ke kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan membawa berkas berkas yang sudah kalian siapkan.
  6. Lalu mintalah formulir khusus penggantian faskes yang terdapat diloket kepada petugas.
  7. Isi formulir tersebut dengan benar dan lengkap.
  8. Setelah formulir sudah terisi semuanya, selanjutnya serahkan formulir tersebut dan juga dokumen yang sudah kalian siapkan ke petugas.
  9. Selanjutnya proses penggantian akan diproses oleh petugas.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga dapat menambah wawasan kalian dan juga dapat memberi manfaat yang besar bagi kalian yang telah membacanya. Sekian dan terima kasih telah membaca artikel kami.