5 Cara Cek Saldo BPJS Kesehatan Terbaru 2020

Cek Saldo BPJS Kesehatan – Mungkin bagi anda sudah tidak asing lagi dengan apa itu yang dinamakan bpjs, yaitu badan penyelenggara jaminan sosial yang bertanggung jawab langsung kepada presiden. Layanan yang secara resmi dikeluarkan oleh pemerintah pada beberapa tahun belakang yang menjadi program yang sangat disukai atau didukung oleh warga masyarakatnya. Sebab layanan yang diberikan oleh bpjs kesehatan ini sangat memuaskan dan memiliki tarif yang terjangkau daripada asuransi kesehatan lainnya.

Hal inilah yang menjadikan banyak dari warga atau masyarakat kita ini ingin membuatnya dengan rela berdesak-desakan di kantor cabang hanya untuk mengambil nomor urut agar dapat membuatnya, sebenarnya anda dapat melakukan dengan cara online atau memesan nomor urut dari jauh-jauh hari sebelum anda datang kekantor. Pemerintah sebagai pihak yang menjamin terselenggaranya program ini benar-benar memperhatikan kemudahan untuk masyarakatnya dalam mengakses layanan yang diberikan BPJS Kesehatan.

Tentu hal ini yang dimaksudkan agar masyarakat mendapatkan layanan kesehatan yang terjangkau dan lebih cepat, termasuk dalam segala macam prosedur dan juga ketentuan dalam mengakses layanan kesehatan tersebut selain mengandalkan produk asuransi biasa. Berkembang dan majunya teknologi inilah yang menjadi sangat terasa sekali betapa dahsyatnya teknologi di berbagai aspek yang sudah mulai mengaplikasikannya.

Nah, salah satunya ialah bpjs sendiri. Dengan memaksimalkan teknologi yang ada menjadikan peserta bpjs kesehatan ini sangat mudah untuk melakukan berbagai jenis kegiatan yang berhubungan dengan bpjs. Seperti melakukan pembayaran iuran bulanan, ganti domisili, melakukan pendaftaran, atau ingin mengganti faskes/kelas yang terlebih dahulu ke yang lebih memiliki fasilitas layanan yang cukup memuaskan tetapi anda sedang berada diluar kota anda hanya perlu mengganti faskes/kelas dengan cara online, ataupun hanya sekedar ingin mengetahui berapa saldo/ tagiahan iuran tiapbulanya yang ada pada kartu bpjs anda.

Cek Saldo BPJS Kesehatan

Cek Saldo BPJS Kesehatan

Cek Saldo BPJS Kesehatan

Sehingga jika tidak ada saldo maka anda mengetahui dan segera untuk mengisinya, karena jika tidak memiliki saldo ataupun tidak membayar biaya iuran tiap bulannya maka kartu bpjs anda akan di nonaktifkan sementara dan akan kembali diaktifkan kembali setelah anda melakukan pembayaran penunggakan biaya iuran yang belum dibayarkan tersebut.

Dengan kemajauan teknologi sangat terasa sekali bukan??? Inilah yang menjadikan para peserta layanan yang diberikan oleh pemerintah ini sangat antusias. Rupanya cek saldo atau tagiahan iuran bpjs kesehatan sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti:

Melalui aplikasi Mobile JKN

Melalui aplikasi Mobile JKN

Melalui aplikasi Mobile JKN

  1. Pertama anda hanya perlu mengunduh aplikasi ini di hp lewat playstore atau appstore.
  2. Lakukan registrasi terlebih dahulu untuk membuat akunnya.
  3. Kemudian buka dan masuk ke akun mobile JKN anda.
  4. Setelah itu anda pilih menu “Tagihan” lalu klik.
  5. Kemudian akan tertera informasi tagihan serta pembayaran iuran yang bpjs kesehatan.
  6. Lalu ikuti arahan selanjutnya.

Melalui Website Resmi

  1. Pertama anda hanya perlu masuk pada website resmi bpjs, yaitu https://bpjs-kesehatan.go.id.
  2. Terus akan muncul halaman utama pada layar tampilan.
  3. Kemudian pilih menu “Cek Iuran BPJS Kesehatan” lalu klik untuk melanjutkan ke halaman berikutnya.
  4. Setelah sudah di klik akan muncul pada tampilan layar,  dan anda dimintai untuk mengisi kolom yaitu nomor kartu dan tanggal lahir anda.
  5. Setelah itu anda juga harus mengetikan angka validasi yang tertera, kemudian klik “Cek”.
  6. Setelah itu rincian pembayaran anda akan muncul pada layar tampilan.
  7. Rincian ini meliputi pembayaran yang telah dilakukan dan juga tagihan yang belum anda bayarkan.
  8.  Dan selesai.

Lewat SMS

Hal ini sangat mudah untuk dilakukan karena anda hanya perlu mengetikan Tagihan <spasi> Nomor Kartu BPJS Kesehatan kemudian kirim ke 087775500400, kemudian akan balasan yng menunjukan berapa banyak tagihanya. Mungkin cara ini sangat mudah dan praktis untuk anda lakukan bagi anda yang bertempat tinggal jauh dari kantor sehingga tidak dapat datang langsung ke kantor cabang tersebut.

Melalui ATM

Melalui ATM

Melalui ATM

Kamu bisa melihat saldo bpjs melalui ATM, ada bank yang bekerja sama dengan bpjs yaitu Mandiri, BRI, dan BNI. Misal bank BNI telah bekerja sama dengan pihak bpjs untuk memberikan layanan cek saldo bpjs melalui ATM. Akan tetapi layanan di ATM BNI ini hanya khusus untuk mengecek saldo, tetapi tidak dapat untuk melakukan pencairan saldo tersebut.

Langsung ke Kantor BPJS

Mungkin cara ini dapat dilakukan oleh orang yang bertempat tinggal di dekat kantor sehingga dapat dengan mudah untuk melakukannya dan tidak memakan banyak waktu, hanya dengan datang ke kantor dan langsung temui petugas untuk dapat membantu cara pengecekan saldo tersebut.

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan, semoga beberapa cara ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Tetapi cara tersebut pastinya sudah banyak yang melakukannya.