√ Contoh Surat Jampersal dari Desa 2021 : Fungsi & Syarat

Contoh Surat Jampersal dari Desa – Jaminan Persalinan atau Jampersal merupakan salah satu jaminan yang lebih ditujukan kepada para ibu hamil. Dimana Jampersal memiliki tujuan untuk meningkatkan cakupan pemeriksaan kehamilan, pertolongan persalinan dan kondisi ibu hamil lainnya.

Jampersal sendiri disediakan oleh pemerintah untuk para warga masyarakat miskin yang kurang mampu serta tidak memiliki jaminan kesehatan seperti BPJS. Namun tidak menutup kemungkinan peserta tetap akan dikenakan biaya tambahan.

Pastinya banyak para peserta yang bertanya mengenai cara mendapatkan surat Jampersal tersebut dan berikut kodebpjs.com akan sampaikan informasi tentang contoh surat Jampersal dari Desa. Dengan surat Jampersal inilah nantinya peserta menjadi ikut serta dari program pemerintah tersebut.

Mungkin untuk anda banyak yang masih bingung dan tidak tahu mengenai isi surat Jampersal dari desa itu sendiri. Apalagi bagi masyarakat yang baru pertama kali mengetahui dan baru akan pernah mengurus surat Jampersal di desa.

Contoh Surat Jampersal dari Desa Beserta Fungsi dan Cara Mendapatkan

Contoh Surat Jampersal dari Desa Beserta Fungsi dan Cara Mendapatkan

Untuk lebih jelas mengenai contoh surat Jaminan Persalinan tersebut, berikut akan disampaikan dibawah ini secara jelas beserta fungsi dan syarat mendapatkannya dari desa itu apa saja. Jadi terus simak ulasan ini sampai akhir.

Contoh Surat Jaminan Persalinan dari Desa

Surat Jampersal-nya sendiri berisi mengenai pernyataan atas warga masyarakat tersebut yang berisi nama, alamat dan beberapa form lainnya. Dan berikut contoh surat Jampersal tersebut.

Contoh Surat Jaminan Persalinan dari Desa

Fungsi Surat Jampersal

Fungsi Surat Jampersal

Program pemerintah bernama Jaminan Persalinan (Jampersal) ini sendiri berfungsi sebagai jaminan dalam pembiayaan persalinan yang meliputi dari pemeriksaan kehamilan, pertolongan persalinan, pelayanan nifas, sampai pelayanan bayi baru lahir.

Dengan hal ini menunjukkan jika Jampersal diperuntukkan untuk para ibu hamil yang belum memiliki jaminan atas persalinannya. Namun untuk bisa menggunakan dan melakukan pemeriksaan ini sendiri masyarakat perlu untuk menujukan SURAT RUJUKAN JAMPERSAL terlebih dahulu.

Syarat Mendapatkan Jampersal dari Desa

Syarat Mendapatkan Jampersal dari Desa

Untuk mendapatkan surat Jampersal dari desa itu sendiri, masyarakat yang mengajukan perlu melengkapi persyaratan diperlukan. Syarat diperlukan tersebut seperti:

  • Surat pengantar dari RT dan RW.
  • Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Anda bisa dapatkan saat datang ke kantor kepala desa.
  • Surat pernyataan tidak memiliki jaminan (disediakan bidan, Puskesmas atau Faskes.
  • Fotokopi KTP suami istri.
  • Fotokopi KK.
  • Fotokopi KIA.
  • Materai 6000.

Persyaratan tersebut di setiap desa atau daerah bisa saja memiliki perbedaan satu sama lain. Sehingga untuk memastikannya anda bisa menanyakan langsung saat datang ke kantor balai desa.

Mungkin itulah informasi yang dapat kodebpjs.com sampaikan untuk anda semua mengenai contoh surat Jampersal dari desa. Semoga dengan adanya ulasan di atas tentang contoh surat tersebut bisa bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkan.