√ Contoh Surat Rujukan Jampersal 2020 : Manfaat & Fungsi

Contoh Surat Rujukan Jampersal – Persalinan yang dapat diartikan sebagai proses pengeluaran hasil konsepsi atau yang biasa disebut dengan sebagai janin atau kandungan. Dalam proses ini lah seorang ibu hamil nantinya bisa melihat anaknya lahir ke dunia.

Proses persalinan ini menjadi salah satu proses melelahkan bagi seorang ibu, karena seorang bertaruh nyawa untuk bisa melakukan proses persalinan. Ada banyak hal yang perlu di ketahui dan dilakukan untuk memastikan bahwa sang ibu dan si jabang harus dalam keadaan sehat.

Nah dengan begitu seorang ibu hamil yang akan melahirkan harus benar mengetahui metode apa yang nantinya akan digunakan saat masuk waktu persalinan. Dalam proses persalinan ini anda bisa manfaatkan surat rujukan Jaminan Persalinan (Jampersal) yang sudah bekerja sama dengan BPJS KESEHATAN saat melakukan persalinan.

Program bernama Jampersal ini menjadi salah satu jaminan pembiayaan persalinan meliputi pemeriksaan kehamilan, pertolongan persalinan, pelayanan nifas bahkan sampai pemeriksaan kehamilan dan juga pelayanan untuk bayi baru lahir. Sehingga Jampersal diperuntukkan bagi seluruh ibu hamil yang belum memiliki jaminan akan persalinannya.

Contoh Surat Rujukan Jampersal Beserta Manfaat & Fungsinya

Contoh Surat Rujukan Jampersal Beserta Manfaat Fungsinya

Namun pada pembahasan kali ini kodebpjs.com akan sampaikan informasi mengenai contoh surat rujukan Jampersal beserta manfaat dan fungsi dari Jampersal tersebut. Jadi untuk lebih jelas dan paham mengenai contoh surat rujukan tersebut, berikut akan disampaikan secara jelas dibawah ini.

Contoh Surat Rujukan Jampersal

Contoh Surat Rujukan Jampersal

Untuk contoh surat rujukan itu sendiri nantinya peserta atau ibu hamil yang ingin menggunakan jaminan ini hanya perlu melakukan, pengisian surat rujukan seperti kolom-kolom data diri seperti nama, umur, alamat, no KTP/KK serta beberapa data lainnya. Jika sudah mendapatkan surat rujukan ini nantinya para ibu hamil bisa manfaatkan surat rujukan Jampersal saat persalinan.

Manfaat Jampersal

Manfaat Jampersal

Manfaat yang dirasakan bagi peserta Jampersal bisa dikatakan cukup banyak. Dengan begitu nantinya peserta dapat menikmati pelayanan-pelayanan yang diberikan, seperti pelayanan:

  • Pemeriksaan kehamilan kurang lebih 4 kali.
  • Persalinan normal, pelayanan nifas & bayi baru lahir normal.
  • Pemeriksaan kehamilan resiko tinggi.
  • Pelayanan pasca mengalami keguguran.
  • Persalinan per vaginam dengan tindakan emergensi dasar
  • Pelayanan bayi baru lahir dengan tindakan emergensi dasar.
  • Pemeriksaan rujukan kehamilan pada kehamilan risiko tinggi.
  • Penanganan rujukan pasca mengalami keguguran.
  • Penanganan kehamilan ektopik terganggu/ada masalah.
  • Persalinan menggunakan tindakan emergensi komprehensif.
  • Pelayanan bayi baru lahir menggunakan tindakan emergensi komprehensif.
  • Pelayanan KB setelah persalinan.
  • Pelayanan Jampersal tidak mengenal batas wilayah, atau dalam artian peserta berhak mendapatkan pelayanan dimanapun dan kapanpun dengan menunjukkan (KTP)/Identitas diri lainnya.

Fungsi Jampersal

Fungsi Jampersal

Untuk program Jampersal ini berfungsi sebagai jaminan pembiayaan persalinan yang meliputi pemeriksaan kehamilan, pertolongan persalinan, pelayanan nifas bahkan pemeriksaan kehamilan sampai pelayanan bayi baru lahir. Dengan begitu Jampersal diperuntukkan untuk para ibu hamil yang belum memiliki jaminan atas persalinannya di waktu yang nantinya akan datang.

FAQ

1. Apakah Jampersal Gratis?

Jampersal lebih ditujukan kepada masyarakat kurang mampu yang tidak memiliki jaminan kesehatan. Sehingga layanan persalinan ini akan diberikan secara gratis namun tidak menutup kemungkinan adanya biaya tambahan lainya, sehingga tetap harus menyiapkan uang.

2. Apakah Jampersal Dapat Digunakan Untuk Operasi Caesar?

Pasien Jampersal dapat mendapatkan pelayanan operasi caesar secara gratis dengan menujukan surat rujukan Jampersalnya.

Demikianlah informasi yang dapat kodebpjs.com sampaikan untuk anda semua mengenai contoh surat rujukan jaminan persalinan beserta manfaat dan fungsi dari Jampersal itu sendiri. Semoga dengan adanya ulasan menganai contoh surat diatas, dapat bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkan.