Kartu BPJS Nonaktif Karena Data Ganda ? Penyebab & Mengatasi

Kartu BPJS Nonaktif Karena Data Ganda – Banyak manfaat saat ikut serta dalam program BPJS Kesehatan, salah satunya adalah terjaminnya berbagai penyakit peserta. Hal itulah yang menjadikan pengobatan peserta BPJS Kesehatan akan gratis atau tidak keluar biaya apapun.

Namun dengan catatan kepesertaan BPJS Kesehatan peserta/pasien harus aktif atau tidak boleh ada tunggakan iuran di bulan-bulan sebelumnya. Namun demikian, jika kepesertaan menunggak bayar iuran maka proses pengobatan gratis dengan BPJS sampai kapanpun tidak bisa.

Menunggak pembayaran iuran BPJS itulah yang nantinya bisa menyebabkan kepesertaan BPJS Kesehatan Anda menjadi nonaktif. Selain itu, penyebab lain yang menjadikan BPJS nonaktif yaitu karena adanya kasus tidak dikehendaki seperti ada dugaan memiliki data peserta BPJS ganda / double.

Banyak kasus data ganda atau double biasanya akan diketahui saat peserta melakukan pengobatan dengan BPJS atau saat menjalani rawat inap di faskes terdaftar. Dengan begitu pihak faskes akan menginformasikan jika kartu BPJS kepesertaan milik Anda berstatus nonaktif akibat data Ganda.

Citayam

Kartu BPJS Nonaktif Karena Data Ganda

Kartu BPJS Nonaktif Karena Data Ganda

Membahas mengenai kartu BPJS nonaktif karena data ganda, pada pembahasan kali ini kami akan sajikan informasi secara lengkap baik itu penyebab beserta cara mengatasinya. Tujuan mengatasi agar nanti kartu BPJS bisa kembali digunakan untuk berobat tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

Penyebab Kartu BPJS Nonaktif Karena Data Ganda

Lalu bagi Anda yang bertanya penyebab kenapa kartu BPJS tidak aktif akibat data ganda, ada beberapa penyebab masalah tersebut. Namun secara umum dan banyak kasus data ganda dari para peserta BPJS Kesehatan terjadi dan disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.

1. Terdaftar Peserta BPJS PBI & Daftar BPJS Mandiri

Penyebab pertama kartu nonaktif karena data double akibat peserta sebelumnya sudah terdaftar dan ikut serta BPJS PBI yang iuran bulanannya ditanggung oleh pemerintah. Namun yang menjadi masalah yaitu tidak mengetahuinya dan melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan mandiri atau perusahaan.

2. Terdaftar Peserta BPJS Mandiri & Didaftarkan BPJS Perusahaan

Penyebab kedua kartu nonaktif karena data double juga diakibatkan peserta sebelumnya terdaftar menjadi peserta BPJS Mandiri atau BPJS PBI, lalu peserta bekerja di sebuah perusahaan dan perusahaan mendaftarkan peserta menjadi peserta BPJS Kesehatan perusahaan.

Melihat dari dua kasus atau penyebab kenapa kartu BPJS tidak aktif karena data ganda di atas, bisa disimpulkan jika ada kesalahpahaman antar kedua pihak. Entah itu dari peserta BPJS PBI yang tidak mengetahui sudah terdaftar atau peserta BPJS Mandiri yang tidak konfirmasi dengan pihak perusahaan tempat kerja sehingga didaftarkan ulang.

Cara Mengatasi Kartu BPJS Nonaktif Karena Data Ganda

Setelah mengetahui apa saja penyebab yang menjadikan kartu BPJS tidak aktif karena data ganda di atas, maka selanjutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana solusi cara mengatasi permasalahan data ganda ini. Cara mengatasi bisa dilakukan secara online atau offline, lebih jelasnya simak dibawah ini:

1. Hubungi Kontak BPJS Kesehatan (Online)

1. Hubungi Kontak BPJS Kesehatan Online

Solusi cara mengatasi pertama yaitu secara online dengan menghubungi kontak atau call center BPJS Kesehatan untuk meminta penjelasan dan bantuan kasus kartu nonaktif karena data ganda. Untuk kontak BPJS Kesehatan sendiri bisa hubungi di bawah ini sampai akhir.

  • Telepon : 1500400
  • Care Center : 165
  • Website Resmi : bpjs-kesehatan.go.id
  • Layanan Keluhan : sipp.bpjs-kesehatan.go.id/sipp
  • Twitter : @BPJSKesehatanRI
  • Facebook : @BPJSKesehatanRI
  • Instagram : @bpjskesehatan_ri

Selain itu bisa juga membuat laporan di situs lapor.go.id menyangkut kepesertaan BPJS nonaktif akibat adanya data ganda. Terkait menghubungi pihak BPJS Kesehatan di atas, silakan sampaikan secara jelas dan lengkap terkait permasalahan data double yang akibatkan kartu nonaktif.

2. Datang ke Kantor BPJS Kesehatan (Offline)

2. Datang ke Kantor BPJS Kesehatan Offline

Lalu untuk cara mengatasi kedua kartu BPJS tidak aktif karena ada data ganda yaitu secara offline dengan mendatangi kantor BPJS Kesehatan langsung. Dengan cara ini Anda bisa dijelaskan langsung oleh petugas BPJS atas kejadian nonaktif akibat data ganda ini.

Namun guna kelancaran dalam proses mengatasi kartu BPJS nonaktif akibat data ganda di kantor BPJS, maka peserta perlu melengkapi beberapa syarat dalam pemprosesannya. Adapun syarat dalam pengurusan data ganda itu sendiri seperti misalnya:

  • Kartu BPJS Kesehatan / KIS.
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Kartu Keluarga (KK).

Di mana data dari persyaratan tersebut nantinya akan digunakan oleh petugas BPJS untuk melakukan pengecekan kepesertaan BPJS data ganda milik Anda. Jika kepesertaan nonaktif dikarenakan ada data ganda, maka pihak BPJS akan menonaktifkan salah satu kepesertaan anda.

Kemudian petugas akan mengaktifkan kepesertaan BPJS Anda yang dianggap sudah benar. Dengan begitu nantinya peserta BPJS yang kartu sebelumnya memiliki data ganda dan tidak bisa digunakan untuk berobat di faskes atau rumah sakit terdaftar, maka sekarang sudah kembali aktif serta bisa kembali digunakan.

Kesimpulan

Mungkin itu saja informasi yang dapat kodebpjs.com sajikan mengenai kartu BPJS nonaktif karena ada data ganda atau double data. Semoga adanya informasi penyebab dan solusi cara mengatasi data ganda BPJS di atas bisa bermanfaat untuk semua, terutama peserta yang alami masalah serupa.

Sumber Gambar : health.detik.com, learniseasy.com