Kartu BPJS Kesehatan Sudah Tidak Aktif 2020 : Penyebab & Faktor

Kartu BPJS Kesehatan Sudah Tidak Aktif – Mengikuti sebuah program asuransi pemerintah bernama BPJS Kesehatan mungkin akan memiliki banyak keuntungan. Dimana nantinya anda dan anggota keluarga yang di daftarkan akan terjamin perihal soal kesehatan.

Namun sebelum itu anda harus sudah DAFTAR BPJS KESEHATAN terlebih dahulu agar menjadi peserta aktif dan mendapatkan kartu BPJS-nya. Nantinya jika sudah terdaftar maka anda sudah wajib membayarkan iuran tersebut perbulan sesuai dengan kelas apa yang di pilih saat pendaftaran.

Namun pada pembahasan kali ini kodebpjs.com akan menyampaikan sebuah informasi mengenai kartu BPJS Kesehatan sudah tidak aktif baik itu penyebab dan faktor yang akan muncul nantinya. Mungkin banyak peserta BPJS yang bertanya mengenai hal ini atau bahkan mengalaminya.

Hal ini sangat wajar ditemui oleh peserta BPJS Kesehatan. Apalagi jika peserta tersebut merupakan peserta BPJS PBI, biasanya tidak aktif atau penonaktifan disebabkan karena tidak adanya pembaharuan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Penyebab & Masalah Timbul Saat Kartu BPJS Kesehatan Sudah Tidak Aktif

Kartu BPJS Kesehatan Sudah Tidak Aktif

Nah untuk lebih jelas mengenai kartu BPJS tidak aktif berikut akan disampaikan lengkap dibawah ini. Jadi terus simak ulasan ini sampai akhir agar anda paham dan jelas mengenai kartu BPJS tidak aktif baik penyebab dan faktor yang akan muncul nantinya.

Penyebab Kartu BPJS Kesehatan Sudah Tidak Aktif

Penyebab Kartu BPJS Kesehatan Sudah Tidak Aktif

Bicara mengenai penyebabnya sendiri bisa dikatakan ada beberapa faktor yang membuat kartu BPJS menjadi tidak aktif atau non aktif selain salah satu penyebab diatas yang sudah disampaikan. Nah pada umumnya kartu peserta BPJS menjadi tidak aktif diakibatkan oleh beberapa hal berikut:

  • Menunggak Iuran Bulanan

Penyebab kartu BPJS anda menjadi tidak aktif yang pertama bisa disebabkan karena telat atau menunggak iuran bulanannya. Jadi jangan sampai anda telat membayarkan iuran tersebut, karena saat ini peserta BPJS Kesehatan dapat BAYAR IURAN LEWAT ATM bank, dan pembayaran online lainnya yang akan membuat lebih mudah.

  • Sudah Berusia 21 Tahun

Penyebab selanjutnya yang dapat membuat kartu BPJS para peserta tidak aktif yaitu jika anda merupakan peserta yang dimana biaya iuran masih tanggung oleh orang tua. Nantinya kepesertaan BPJS akan menjadi tidak aktif dengan sendirinya saat berusia 21 tahun yang menandakan anda perlu memiliki kartu BPJS sendiri.

  • Sudah Dianggap Mampu Bayar Iuran Sendiri

Penyebab kartu BPJS anda tidak aktif yaitu dapat di rasakan oleh peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI). Jika suatu hari ternyata status kepesertaan PBI berubah menjadi tidak aktif, maka bisa disebabkan oleh pemerintah yang sudah menganggap jika anda sudah mampu.

Dengan begitu nantinya anda akan ditujukan kepada pembuatan kepesertaan mandiri, dimana akan membayarkan iuran sendiri setiap bulannya. Besaran iuran juga akan disesuaikan dengan kemampuan atau kelas apa yang dipilih.

Masalah yang Muncul Saat Kartu BPJS Tidak Aktif

Masalah yang Muncul Saat Kartu BPJS Tidak Aktif

Untuk masalah atau faktor yang muncul saat kartu BPJS milik anda tidak aktif atau non aktif sendiri akan berdampak dengan sulitnya saat anda menggunakan kartu BPJS tersebut untuk berobat. Seperti tidak dapat menggunakan di fasilitas kesehatan/faskes saat berobat.

Hal tersebut tentunya sangat merugikan sekali bagi peserta BPJS Kesehatan, jika sudah mengalami tidak aktifnya kartu BPJS maka segera urus kembali agar tetap aktif. Dimana anda hanya perlu bayar iuran bulanan tersebut dengan bayar denda di kantor BPJS kesehatan atau ATM jika penyebabnya merupakan terjadinya penunggakan bayar iuran.

FAQ

1. Kapan BPJS Tidak Aktif?

Yaitu saat terlambat lebih dari 1 bulan sejak tanggal 10.

2. Biaya Iuran BPJS kesehatan Terbaru?

Iuran BPJS Kesehatan terbaru yaitu kelas I Rp 150.000, kelas II, Rp 100.000, dan kelas III Rp 42.000.

3. Cara Cek BPJS Kesehatan Masih Aktif Atau Tidak?

Peserta BPJS dapat cek lewat website resmi BPJS, SMS Gateway, Care Center BPJS 1500400 atau aplikasi BPJS Kesehatan (JKN Mobile).

Demikianlah informasi mengenai kartu BPJS Kesehatan yang dapat kodebpjs.com sampaikan untuk anda semua, baik itu dari penyebab dan masalah yang muncul akibat kartu BPJS tersebut tidak aktif. Semoga dengan adanya ulasan diatas dapat membantu anda terutama peserta BPJS yang mengalami masalah serupa yaitu tidak aktifnya kartu kepesertannya.