√ Kode ICD 10 Kolesterol 2021 : Penyebab, Gejala & Pengobatan

Kode ICD 10 Kolesterol – Masalah kesehatan memang terbilang sangat banyak, baik itu datang dari ujung kepala sampai ujung kaki. Baik itu penyakit di luar maupun penyakit yang menyerang organ dalam tubuh manusia.

Nah, dari semua gangguan kesehatan maupun penyakit yang menyerang tubuh manusia akan memiliki kode berbeda. Kode itu sendirilah yang dinamakan dengan kode ICD 10 atau banyak orang juga mengenalnya dengan kode BPJS.

Tidak hanya gangguan kesehatan saja, melainkan gejala dan tanda-tanda dari suatu penyakit juga akan memiliki kode ICD 10. Dengan begitu, adanya kode ICD 10 yang berfungsi mengindeks pencatatan penyakit sangat membantu.

Nah, pada pembahasan kali ini sendiri kodebpjs.com akan sampaikan informasi mengenai salah satu kode ICD 10 dari penyakit yang menyerang tubuh manusia. Di mana kode ICD 10 itu sendiri yaitu kode ICD dari penyakit bernama kolesterol.

Kode ICD 10 Kolesterol Penyebab Gejala Pengobatan

Bagi Anda yang penasaran akan kode ICD 10 tersebut, berikut akan disampaikan secara lengkap di bawah ini beserta informasi seputar penyakit kolesterolnya. Jadi, terus untuk simak pembahasan kode ICD kolesterol ini sampai akhir agar rasa penasaran Anda terjawabkan.

Apa Itu Kolesterol?

Apa Itu Kolesterol

Sebelum berlanjut ke pembahasan mengenai kode ICD 10 dari penyakit kolesterol, bagi Anda yang belum tahu apa itu kolesterol. Berikut akan disampaikan secara jelas apa itu pengertian dari kolesterol.

Di mana kolesterol adalah salah satu lemak yang berguna bagi tubuh. Namun jika kadarnya di dalam tubuh terlalu tinggi maka kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah dan mengganggu aliran darah.

Selain itu, kolesterol sendiri merupakan zat yang diproduksi secara alami oleh organ hati. Tidak hanya hati, namun bisa juga ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan, seperti daging maupun susu.

Kegunaan kolesterol sendiri nantinya akan dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel-sel sehat, memproduksi sejumlah hormon beserta menghasilkan vitamin D. Dengan catatan jika kadar terlalu tinggi maka tidak baik.

Kode ICD 10 Kolesterol

Kode ICD 10 Kolesterol

Mengenai kode ICD 10 atau kode BPJS dari penyakit bernama kolesterol ini sendiri yaitu E78.0. Di mana kode ICD 10 ini jelas berbeda dengan kode ICD 10 dari penyakit lain yang ada.

Sebagai contoh kode ICD kolesterol akan berbeda dengan KODE ICD BATU GINJAL, anemia dan lainnya. Dengan kode ICD 10 inilah nantinya Anda bisa tahu penyakit apa yang diderita.

Penyebab Kolesterol

Penyebab Kolesterol

Mengenai penyebab sendiri, jika kolesterol dalam darah melampaui kadar normal maka kondisi ini disebut sebagai hiperkolesterolemia atau kolesterol tinggi. Di mana kondisi kolesterol ini bisa meningkatkan risiko penyakit serius.

Untuk kolesterol sendiri ialah senyawa lemak berlilin yang sebagian besar diproduksi pada organ hati. Tidak hanya hati, sebagian lainnya juga didapatkan dari makanan yang berhasil di konsumsi serta masuk dalam tubuh.

Secara umum, serangan jantung dan stroke merupakan penyakit yang mengintai bagi para penderita atau pengidap kolesterol tinggi. Di mana itu diakibatkan dengan adanya endapan kolesterol berlebihan pada pembuluh darah.

Namun, penyebab utama dari kolesterol adalah pola hidup kurang sehat dan pengonsumsian makanan dengan kandungan kolesterol tinggi. Namun bisa juga terjadi akibat faktor keturunan yang menjadi pemicu dari kolesterol.

Gejala Kolesterol

Gejala Kolesterol

Ketika terjadi endapan di dinding arteri karena kadar kolesterol berlebihan, hambatan pada aliran darah di jantung, otak, maupun bagian tubuh lainnya maka bisa memunculkan beberapa tanda-tanda.

Namun jika kolesterol sudah termasuk parah tinggi maka bisa meningkatkan risiko seseorang terkena beberapa hal. Seperti penyempitan arteri atau aterosklerosis, penggumpalan darah di bagian tubuh tertentu, stroke ringan, stroke sampai serangan jantung.

  • Muncul rasa nyeri di dada.
  • Muncul rasa nyeri di tengkuk.
  • Sering mengalami kesemutan di beberapa bagian tubuh.
  • Badan akan mudah terasa lelah dan mengantuk.

Pengobatan Kolesterol

Pengobatan Kolesterol

Mengenai pasien yang menderita kolesterol dan dianggap sudah di diagnosis sebagai kolesterol tinggi. Biasanya kadar kolesterol ditangani dengan melakukan pemeriksaan ke dokter agar risiko bisa dihindari.

Secara umum dokter akan memberikan penanganan atau pengobatan dengan memberikan resep obat penurun kolesterol. Secara umum pasien maupun penderita kolesterol akan sebelum di berikan resep obat akan menjalani pemeriksaan.

Pencegahan Kolesterol

Pencegahan Kolesterol

Jika sudah tahu mengenai pengertian, kode ICD, penyebab, gejala, dan pengobatan dari penyakit kolesetrol. Anda juga perlu tahu hal untuk mencegah tubuh terjadi atau terserang kolesterol, adapun pencegahan bisa dilakukan seperti:

  • Selalu menjalani gaya hidup sehat.
  • Jaga pola makan teratur dan batasi makan makanan kurang sehat dengan kadar gula dan lemak tinggi.
  • Rajin berolahraga atau menggerakkan tubuh.

Mungkin seperti itulah informasi dapat kodebpjs.com sampaikan untuk Anda semua mengenai kode ICD 10 atau kode BPJS penyakit kolesterol. Semoga adanya informasi kode ICD 10 dan seputar kolesterol di atas bisa bermanfaat bagi semua.