√ Kode ICD 10 Epilepsi 2021 : Penyebab, Gejala & Pengobatan

Kode ICD 10 Epilepsi – Sudah Anda ketahui sendiri jika penyakit, tanda-tanda, gejala, temuan, keluhan, cedera pada tubuh manusia nantinya akan memiliki kode ICD 10 yang berbeda. Antara penyakit satu dengan lain akan memiliki kode-kode yang tidak sama.

Nah, kode ICD 10 itu sendiri banyak orang Indonesia juga menyebut dengan kode diagnosa BPJS Kesehatan. Hal itu karena setiap penyakit juga akan memiliki kode BPJS berbeda satu sama lain.

Bahkan satu jenis penyakit yang sama namun letaknya berbeda, juga akan memiliki kode ICD 10 yang berbeda pula. Sehingga nantinya pendiagnosisan penyakit ini sangat tepat sehingga kode ICD akan sangat membantu sekali.

Pada pembahasan kali ini sendiri kodebpjs.com akan sampaikan sebuah informasi mengenai kode ICD 10 dari penyakit epilepsi. Mungkin sudah banyak orang yang sudah mendengar epilepsi, namun belum tahu akan penyakit apa sebenarnya itu epilepsi.

Kode ICD 10 Epilepsi Penyebab Gejala Pengobatan

Jika penasaran dan ingin tahu kode ICD atau kode BPJS nya, maka simak terus pembahasan ini sampai akhir. Karen selain memberikan informasi kode ICD nya akan ada pula pembahasan mengenai penyebab, gejala dan pengobatannya.

Apa Itu Epilepsi?

Apa Itu Epilepsi

Namun sebelum berlanjut ke pembahasan kode ICD epilepsi, Anda harus tahu apa sebenarnya penyakit epilepsi dahulu. Epilepsi (ayan) menjadi salah satu gangguan sistem saraf pusat akibat pola aktivitas listrik otak yang tidak normal.

Nantinya hal ini akan memunculkan beberapa keluhan seperti kejang, sensasi dan perilaku yang tidak biasa, bahkan sampai hilang kesadaran. Gangguan pola aktivitas listrik otak saraf ini terjadi karena beberapa hal.

Seperti misalnya adanya kelainan pada jaringan otak, tidak seimbangnya zat kimia di dalam otak, bahkan bisa juga terjadi akibat kombinasi dari beberapa faktor penyebab dari penyakit eplilepsi.

Kode ICD 10 Epilepsi

Kode ICD 10 Epilepsi

Sedangkan untuk kode ICD 10 atau kode BPJS dari epilepsi sendiri yaitu G40 – G41, namun lebih spesifiknya pada G40.9. Nah, saat Anda menemui kode G40.9 maka itu merupakan kode ICD dari epilepsi.

Jelas kode ICD epilepsi ini akan berbeda dengan kode ICD dari penyakit lain yang bisa menyerang tubuh manusia. Seperti misalnya kode ICD epilepsi akan berbeda dengan KODE ICD 10 HHD, CHF dan lainnya.

Penyebab Epilepsi

Penyebab Epilepsi

Setelah mengetahui pengertian epilepsi dan kode ICD atau kode BPJS nya, maka Anda juga perlu tahu akan faktor risiko penyebab dari epilepsi. Ada beberapa faktor penyebab yang bisa meningkatkan risiko epilepsi:

  • Cedera pada kepala
  • Demensia (penurunan daya ingat dan cara berpikir)
  • Genetik
  • Infeksi otak
  • Riwayat kejang di masa kecil
  • Stroke dan penyakit vaskular
  • Usia

Gejala Epilepsi

Gejala Epilepsi

Sedangkan untuk gejala utama dari penyakit epilepsi sendiri yaitu penderita nantinya akan mengalami kejang-kejang. Karakteristik dari kejang juga nantinya akan ada beberapa macam tergantung dengan bagian otak yang terganggu pertama kali serta seberapa jauh gangguan telah terjadi.

Untuk kejang epilepsi dibagi menjadi dua berdasarkan gangguan pada otak yaitu kejang parsial (sebagian) dan kejang umum (menyeluruh). Nantinya bagi penderita epilepsi yang sudah cukup parah akan mengalami kejang hebat dan membahayakan.

Pengobatan Epilepsi

Pengobatan Epilepsi

Bisa dikatakan belum ada metode pengobatan yang bisa untuk menyembuhkan epilepsi. Namun, ada beberapa obat di mana diberikan untuk mencegah terjadinya kejang setelah dokter berhasil mendiagnosis dengan tindakan CT Scan menanyakan riwayat.

Karena seperti Anda ketahui sendiri jika kejang akan sangat berbahaya. Seperti misalnya penderita epilepsi bisa terjatuh, tenggelam, atau mengalami kecelakaan saat berkendara akibat kejang yang menjadi gejala utama.

Nah, epilepsi sendiri menjadi salah satu PENYAKIT YANG DITANGGUNG BPJS sehingga bagi penderita dan kebetulan peserta BPJS bisa untuk manfaatkan. Sehingga saat menjalani pengobatan RS atau klinik bisa digunakannya.

Pencegahan Epilepsi

Pencegahan Epilepsi

Dalam upaya pencegahan epilepsi sendiri, seorang penderita sebenarnya hanya perlu untuk menjalankan pola hidup sehat. Baik itu memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap harinya.

Selain itu, juga didukung dengan rajin berolahraga agar tubuh memiliki imun yang baik. Sehingga tidak hanya epilepsi saja, namun juga penyakit lainnya juga bisa terhindar dan tidak menyerang Anda.

Demikian informasi mengenai kode ICD atau kode BPJS epilepsi dan beberapa hal penting lain seputar epilepsi. Semoga dengan adanya informasi kode ICD 10 yang disampaikan kodebpjs.com di atas bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan.