√ Kode ICD 10 Insomnia 2021 : Penyebab, Gejala & Pengobatan

Kode ICD 10 Insomnia – Berbagai masalah kesehatan, gangguan atau gejala penyakit yang bisa saja menyerang tubuh manusia semua akan memiliki kode-kode yang berbeda. Kode-kode tersebut disebut dengan ICD 10 atau dikenal dengan kode BPJS.

Di mana kode ICD 10 ini berfungsi untuk mengindeks pencatatan penyakit dan tindakan di sarana pelayanan kesehatan. Tidak hanya itu, kode ICD 10 juga akan dimasukkan pada sistem pelaporan diagnosis medis.

Dengan begitu, dari berbagai macam gangguan kesehatan yang terjadi dari ujung kaki sampai kepala pastinya akan ada kode yang sangat banyak. Nah, tentunya untuk mengingat setiap kode ICD 10 tersebut pastinya menjadi hal yang sulit.

Pada pembahasan kali ini sendiri kodebpjs.com akan sampaikan informasi mengenai salah satu kode ICD 10 dari penyakit gangguan tidur atau banyak orang menyebutnya dengan insomnia. Siapa sangka insomnia juga akan memiliki kode ICD nya.

Kode ICD 10 Insomnia Penyabab Gejala Pengobatan Pencegahan

Lalu untuk kodenya sendiri berapa? Agar lebih jelas mengenai kode ICD 10 insomnia, berikut akan disampaikan secara lengkap dibawah ini. Jadi terus simak dan ikuti sampai akhir pembahasan ini kode ICD 10 ini sampai akhir.

Apa Itu Insomnia?

Apa Itu Insomnia

Insomnia sendiri merupakan suatu gangguan tidur yang menyebabkan penderita nantinya akan sulit tidur atau tidak cukup tidur walaupun terdapat cukup waktu untuk melakukannya. Biasa gangguan tidur ini akan menyebabkan kondisi penderita tidak prima/fit untuk melakukan aktivitas di kemudian harinya.

Memang seperti sudah Anda ketahui dan rasakan sendiri jika kualitas dan kuantitas tidur akan sangat memengaruhi kualitas hidup dan kesehatan setiap secara keseluruhan. Seperti misalnya tidur yang tidak cukup nantinya akan menimbulkan gangguan fisik bahkan mental.

Kode ICD 10 Insomnia

Kode ICD 10 Insomnia

Mengenai kode ICD 10 atau kode BPJS dari gangguan masalah tidur satu ini yaitu G47.00. Kode juga sudah tercatat dengan KODE DIAGNOSA BPJS KESEHATAN atau kode ICD 10 dari penyakit lainnya yang bisa menyerang tubuh manusia.

Penyebab Insomnia

Penyebab Insomnia

Lalu apa penyebab seorang mengalami insomnia? Bisa di kata penyebab insomnia yang bisa dialami oleh siapa saja dan menimbulkan beberapa risiko ini akan terjadi akibat faktor tertentu. Namun secara umum, insomnia disebabkan oleh beberapa hal seperti:

  • Depresi.
  • Gaya hidup tidak sehat.
  • Stres.
  • Telah konsumsi obat-obatan tertentu.
  • Terlalu banyak pikiran.

Gejala Insomnia

Gejala Insomnia

Nantinya, seorang penderita insomnia akan ditandai dengan sulit tidur atau tidur yang tidak nyenyak. Dengan begitu, akan mengakibatkan insomnia bisa secara mudah marah dan depresi. Tidak hanya itu, ada gejala lain di mana bisa dimunculkan seperti misalnya:

  • Badan terasa tidak enak saat digerakkan.
  • Merasa ngantuk di siang hari.
  • Mudah lelah saat dibawa aktivitas.
  • Sulit fokus atau kurang konsentrasi.

Pengobatan Insomnia

Pengobatan Insomnia

Dalam pengobatan insomnia atau gangguan tidur ini sendiri, ada sebuah mitos jika insomnia ialah adalah penyakit yang ringan dan tidak perlu diobati. Namun nyatanya insomnia, dari beberapa kasus insomnia bisa dibilang dan tergolong serius yang memerlukan penanganan dokter.

Untuk pengobatan dan penanganan insomnia sendiri bisa diatasi dengan beberapa cara seperti misalnya konsumsi obat-obatan, suplemen melatonin, terapi perilaku kognitif, bahkan jika perlu kombinasikan ketiganya jika insomnia termasuk sudah sangat-sangat parah.

Namun tetap saja penanganan insomnia akan dilakukan dan disesuaikan dengan kondisi setiap penderitanya. Bahkan bisa saja dokter akan meresepkan penderita konsumsi obat tidur untuk beberapa minggu, tujuannya yaitu untuk bisa mengatasi gangguan tidur tersebut.

Namun sebenarnya obat ini tidak dianjurkan untuk digunakan dalam jangka atau pengkonsumsian panjang karena bisa berisiko menimbulkan efek samping. Di mana bisa menimbulkan masalah atau gangguan kesehatan lainnya yang justru bisa menambah masalah pada penderita.

Pencegahan Insomnia

Pencegahan Insomnia

Lalu apakah ada pencegahan untuk mengatasi insomnia? Tentu saja ada, seperti misalnya penderita perlu melakukan beberapa cara pencegahan di antara lain:

  • Buat kamar jadi tempat ternyaman.
  • Hindari penggunaan HP saat waktunya jam tidur.
  • Lakukan olahraga secara teratur.
  • Menghindari banyak makan dan minum sebelum tidur.
  • Menghindari dan batasi konsumsi minuman beralkohol serta berkafein.
  • Usahakan aktif di siang hari agar terhindar dari tidur siang yang menyebabkan saat malah hari tidak tidur-tidur.

Demikian kiranya informasi yang dapat kodebpjs.com sampaikan untuk Anda semua mengenai kode ICD 10 dan beberapa informasi penting lainnya mengenai gangguan sulit tidur atau biasa disebut dengan insomnia. Semoga dengan adanya kode ICD gangguan tidur di atas dapat bermanfaat bagi semua yang memerlukannya.