√ Kode ICD 10 Miliaria 2022 : Penyebab, Gejala & Pengobatan

Advertisements

Kode ICD 10 Miliaria – Banyaknya masalah kesehatan pada tubuh manusia memiliki kode ICD 10 berbeda satu sama lain di setiap penyakit yang muncul. Terkadang banyak dari Anda yang belum mengetahui apa itu kode ICD atau dikenal dengan kode diagnosa.

Di mana ICD atau International Classification of Disease adalah suatu sistem klasifikasi penyakit dengan memberikan kode abjad dan angka. Yang mana ICD 10 ini digunakan untuk keperluan pelaporan dan klaim asuransi pada pelayanan kesehatan.

Mengingat dari banyaknya penyakit atau gangguan kesehatan yang ada pada tubuh manusia, tentu saja akan banyak pula kode ICD 10-nya. Yang mana seperti disinggung sedikit di atas jika setiap penyakit atau gangguan kesehatan memiliki kode berbeda-beda.

Advertisements

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan sajikan secara lengkap mengenai informasi kode ICD 10 dari salah satu gangguan kesehatan yang ada. Di mana akan dibahas yaitu mengenai kode ICD 10 gangguan kesehatan bernama miliaria.

Kode ICD 10 Miliaria

Advertisements

Apa Itu Miliaria

Sebelum lanjut ke kode ICD 10-nya, alangkah baiknya Anda mengetahui pengertian dari gangguan kesehatan satu ini. Di mana miliaria atau biang keringat adalah ruam kecil dengan warna kemerahan yang menyebabkan gatal dan perih pada kulit.

Permasalahan kesehatan ini juga kerap dikenal lebih sering dan berisiko terhadap bayi. Namun demikian bukan menutup kemungkinan jika miliaria juga bisa terjadi pula pada orang dewasa dari segala umur baik pria maupun wanita.

Namun miliaria lebih rentan menyerang bayi karena kendali suhu tubuh bayi masih belum sempurna. Tidak hanya itu, kelenjar keringat bayi pun masih terus berkembang, sehingga belum dapat mengeluarkan keringat dengan optimal.

Untuk lokasi atau bagian munculnya miliaria sendiri pada bayi akan sering terjadi di area leher, selangkangan dan wajah. Bukan menutup kemungkinan juga terjadi dibagian tubuh lain, apalagi jika kondisi mudah sekali lembab.

Kode ICD 10 Miliaria

Lantas bagi Anda yang penasaran dan belum mengetahui kode ICD 10 miliaria, simak penjelasan di bawah ini sampai akhir. Karena akan kami jelaskan secara lengkap kode ICD 10 tersebut beserta informasi lain terkait miliaria baik dari penyebab sampai pengobatan.

Untuk kode ICD miliaria sendiri jelas akan berbeda dengan kode ICD 10 neurodermatitis atau gangguan kesehatan kulit lain. Di mana untuk kode ICD miliaria yaitu L74.3, jadi bagi Anda yang menemui kode tersebut dapat dipastikan jika itu adalah kode diagnosa kesehatan atau ICD miliaria.

Penyebab Miliaria

Penyebab Miliaria

Setelah tahu pengertian dan kode ICD di atas, pastinya banyak dari Anda yang bertanya apa penyebab dari miliaria maupun biang keringat tersebut. Ada beberap faktor penyebab yang menjadikan miliaria menyerang atau muncul pada tubuh, diantara lainnya seperti:

  • Berat badan berlebih / obesitas.
  • Berbaring terlalu lama.
  • Iklim tropis.
  • Kelenjar keringat belum berkembang.
  • Kepanasan.
  • Melakukan aktivitas tertentu.

Gejala Miliaria

Lantas apa gejala yang muncul pada penderita miliaria? Untuk gejala sendiri sebenarnya miliaria yang merupakan masalah kesehatan yang tidak menular dan tidak membahayakan akan menunjukkan beberapa tanda-tanda seperti:

  • Bintik kecil akan berasa perih dan gatal jika sudah cukup banyak.
  • Munculnya bintik kecil berwarna kemerahan atau bahkan merah pada bagian tubuh yang sering berkeringat / lembab.
  • Bahkan dalam beberapa kasus juga menunjukkan, jika miliaria atau biang keringat terlihat seperti jerawat pasir.

Gejala-gejala tersebut bisa saja muncul pada semua bagian tubuh tanpa memandang usia. Kendati demikian, bayi dan anak-anak memang jauh lebih rentan mengalami miliaria.

Pengobatan Miliaria

Pengobatan Miliaria

Kemudian jika sudah alami miliaria, apakah pengobatan tepat untuk mengatasi gangguan kesehatan yang muncul pada kulit ini? Terkait pengobatan ataui penanganan yang perlu dilakukan oleh para penderita atau orang tua bayi yaitu dengan lakukan beberapa hal berikut:

  • Banyak minum air guna memenuhi asupan cairan tubuh agar terhindar dari dehidrasi.
  • Bisa menggunakan bantuan pendingin ruangan atau kipas angin untuk menyejukkan ruangan.
  • Memberikan kompres lembap atau dingin selama sekitar 20 menit sekali pada area tubuh yang mengalami ruam.
  • Mengenakan pakaian longgar supaya keringat yang keluar tidak terhambat.
  • Menggunakan bedak talek pada area yang mengalami miliaria guna membantu mengurangi ketidaknyamanan kelembaban kulit.
  • Menghindari tempat lembap dan cuaca panas ekstrem.
  • Menjaga kondisi kulit tetap dingin dengan cara mandi atau berendam di air.
  • Selalu menjaga kebersihan area tubuh yang mengalami ruam dengan menggunakan sabun dan air mengalir.

Jika sudah terlalu parah, maka Anda segera ke dokter kulit untuk berkonsultasi. Secara umum dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap miliaria tersebut kemudian memberikan tindakan seperti memberi obat-obatan, salep, losion dan obat antibiotik guna mencegah terjadinya penyumbatan kelenjar keringat.

Pencegahan Miliaria

Setelah tahu akan pengertian, kode ICD 10, penyebab, gejala dan pengobatan atas gangguan kesehatan kulit di atas. Berikutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana cara pencegahan yang tepat guna atasi miliaria atau dikenal dengan biang keringat. Di mana cara pencegahan paling umum seperti:

  • Menggunakan produk sabun dengan bahan lembut dan tidak ada kandungan parfum.
  • Selalu menjaga kulit agar tetap sejuk dan dingin.
  • Tidak mengenakan pakaian tebal dan ketat dalam jangka panjang.
  • Usahakan untuk menyeka atau membersihkan keringat setelah beraktivitas atau berolahraga.

Demikian kiranya pembahasan terkait kode ICD miliaria atau biang keringat lengkap dengan informasi penyebab, gejala, penanganan dan pencegahan yang perlu dilakukan. Semoga adanya kode ICD 10 dapat kodebpjs.com sajikan di atas bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan.

Advertisements