Kode ICD 10 Lipoma 2022 : Penyebab, Gejala & Pengobatan

Advertisements

Kode ICD 10 Lipoma – Banyaknya penyakit, menjadikan dunia kesehatan, memiliki kode ICD 10 atau revisi ke-10 dari buku International Statistical Classification of Diseases and Related Health Problems yang merupakan kumpulan kode ICD dari penyakit.

Setiap penyakit inilah nantinya akan memiliki kode ICD 10 yang berbeda satu sama lain antar penyakitnya. Bahkan satu jenis penyakit yang sama namun memiliki letak atau posisi berbeda juga akan mempengaruhi kode ICD.

Dalam kegunaan sendiri biasanya tenaga medis atau dokter akan menggunakan kode ini saat membuat laporan ketika mendiagnosis penderita. Tentu dengan banyaknya penyakit, menjadikan banyak pula kode ICD-nya.

Advertisements

Dengan demikian, pada kesempatan kali ini kodebpjs.com akan sajikan informasi kode ICD 10 atau kode diagnosa BPJS lipoma. Jadi untuk lebih jelas mengenai kode ICD 10 lipoma bisa simak dan ikuti pembahasan dibawah ini.

Kode ICD 10 Lipoma

Advertisements

Apa Itu Lipoma

Lipoma adalah sebuah benjolan berisi lapisan lemak yang secara bertahap akan menumpuk di bawah kulit. Benjolan ini berada di antara kulit dan lapisan otot, lipoma kerap berada di leher, punggung, tangan, bahu, lengan, dan paha.

Nantinya benjolan ini juga bisa berkembang di bagian tubuh lain seperti usus. Selain itu, benjolan ini juga disebut juga dengan tumor jinak dan akan sering terjadi pada orang dewasa, namun bukan menutup kemungkinan anak kecil bisa terjadi.

Kode ICD 10 Lipoma

Lalu untuk kode ICD 10 atau kode diagnosa kesehatan penyakit lipoma sendiri adalah I50.1. Kode ICD lipoma jelas akan berbeda satu sama lain dengan kode ICD 10 penyakit lain yang ada menyerang atau terjadi pada tubuh manusia.

Penyebab Lipoma

Penyebab Lipoma

Kemudian apa penyebab yang menjadikan seorang alami gangguan kesehatan berupa penyakit lipoma? Mengenai hal itu, penyebab dari munculnya penyakit lipoma masih belum diketahui secara pasti dan jelas.

Namun karena lipoma merupakan tumor jinak maka diduga kondisi ini disebabkan bahan karsinogenik, trauma, lingkungan, genetik, dan faktor imunologi. Diduga juga penyebab dari lipoma karena adanya faktor genetik.

Selain itu ada beberapa hal yang bisa menjadi faktor risiko seseorang terkena lipoma. Diantara lain dari risiko tersebut seperti misalnya:

  • Riwayat lipoma dalam keluarga atau genetik.
  • Usia sudah berusia 40 – 60 tahun.
  • Memiliki penyakit lain misalnya sindrom cowden dan gardner.

Gejala Lipoma

Lalu apa gejala yang akan dialami oleh para penderita lipoma? Terkait hal itu, nantinya lipoma bisa muncul di bagian tubuh mana saja, namun umum akan muncul benjolan di area punggung, paha, leher, lengan, tangan, perut dan bahu.

Tidak hanya itu, terkadang pula lipoma juga dapat muncul di kepala atau bagian belakang kepala. Benjolan yang muncul memiliki ciri atau tanda sebagai berikut:

  • Bisa tumbuh menjadi lebih besar (Semula seperti kelereng sampai sebesar bola pingpong).
  • Tumbuhnya benjolan sangat lambat.
  • Benjolan terasa lembek dengan konsistensi seperti lemak daging sapi.
  • Benjolan akan mudah untuk digoyangkan.

Pengobatan Lipoma

Pengobatan Lipoma

Setelah mengetahui kode ICD, penyebab dan gejala yang muncul pada penyakit lipoma. Maka selanjutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana pengobatan atau penanganan yang tepat untuk gangguan kesehatan lipoma ini.

Namun sebelum melakukan penanganan bisanya dokter akan diagnosis terlebih dahulu dengan pemeriksaan fisik dan menggunakan alat. Namun guna memastikan benjolan yang muncul, dokter akan melakukan USG, CT scan, MRI dan biopsi.

Baru setelah itu dokter akan melakukan penanganan atau tindakan pengobatan. Lalu apa saja pengobatan yang bisa dilakukan untuk tangani lipoma? Ada beberapa pengobatan yang nantinya akan dokter berikan seperti:

  • Pemberian obat-obatan.
  • Tindak operasi atau pengangkatan.
  • Liposuction atau sedot lemak.
  • Suntikan steroid di area benjolan.

Jika sampai dilakukan operasi, maka Anda juga perlu mengetahui biaya operasi lipoma. Dan di pembahasan sebelumnya sudah pernah dibahas terkait biaya operasi lipoma secara lengkap sehingga Anda bisa memperkirakan biaya yang dibutuhkan.

Namun bagi pasien lipoma yang merupakan peserta BPJS Kesehatan, maka bisa manfaatkan kepesertaan sehingga biaya nantinya gratis. Itu dikarenakan lipoma masuk menjadi salah satu penyakit yang ditanggung oleh BPJS pengobatannya.

Pencegahan Lipoma

Selain mengetahui kode ICD, penyebab, gejala dan pengobatan lipoma. Selanjutnya Anda tinggal mengetahui pencegahan atau cara menghindari gangguan bernama lipoma yang bisa dilakukan, antara lain seperti:

  • Rajin berolahraga 30 – 40 menit minimal 5 kali dalam seminggu.
  • Hindari konsumsi makanan tidak sehat.
  • Usahakan selalu konsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah.
  • Jaga berat badan tetap normal dan tidak berlebih.
  • Hindari konsumsi alkohol secara berlebih.

Itulah kiranya pembahasan terkait kode ICD 10 lipoma beserta informasi terkait lipoma lain seperti penyebab, gejala, pengobatan dan pencegahan yang dapat kodebpjs.com sajikan. Semoga dengan adanya pembahasan terkait kode ICD penyakit lipoma di atas bisa bermanfaat bagi semua.

Advertisements