√ Kode ICD 10 Pneumonia 2021 : Penyebab, Gejala & Pengobatan

Kode ICD 10 Pneumonia – Penyakit? banyak sekali jenis dan macamnya. Siapa saja dapat terserang penyakit, baik itu dari pria atau wanita, anak-anak atau orang tua bisa saja terserang penyakit.

penyakit tersebut rupanya sudah memiliki kode-kode nya sendiri, dimana antara kode antar penyakit tidak akan sama. Kode itu sendiri terdapat di kode ICD 10 atau kode diagnosa BPJS Kesehatan.

Nah, kali ini kodebpjs.com akan sampaikan informasi mengenai kode ICD atau kode BPJS dari salah satu penyakit yang ada. Di mana penyakit yang akan di bahas sendiri yaitu penyakit pneumonia.

Antara pneumonia dengan PPOK jelas memiliki kode ICD yang berbeda walaupun sama sama penyakit paru. Lalu berapa kode ICD dari penyakit pneumonia itu sendiri?

Kode ICD 10 Pneumonia Penyebab Gejala Pengobatan

Untuk Anda yang penasaran, berikut akan disampaikan secara jelas serta lengkap di bawah ini. Jadi, terus untuk simak juga pahami mengenai kode ICD atau kode diagnosa penyakit paru ini.

Apa Itu Pneumonia?

Apa Itu Pneumonia

Pneumonia sendiri adalah penyakit peradangan paru-paru di mana disebabkan oleh infeksi. Penyakit pneumonia juga bisa menimbulkan gejala ringan bahkan sampai berat, beberapa gejala umumnya seperti batuk berdahak, demam, bahkan sesak napas.

Selain itu pneumonia juga banyak dikenal dengan istilah paru-paru basah. Yang mana kondisi infeksi ini nantinya menyebabkan peradangan pada kantong-kantong udara (alveoli) di salah satu atau kedua paru-paru.

Dengan begitu, nantinya alveoli dapat dipenuhi dengan cairan atau nanah yang menyebabkan penderitanya akan sulit bernapas. Keadaan inilah yang terkadang sangat membahayakan sekali bagi para penderita jika tidak langsung ditangani.

Kode ICD 10 Pneumonia

Kode ICD 10 Pneumonia

Sedangkan untuk kode ICD 10 atau kode BPJS Kesehatan dari penyakit pneumonia itu sendiri yaitu pneumonia J 12 – J 18 dan kode ini sudah ada serta masuk di dalam KODE DIAGNOSA BPJS KESEHATAN dengan berbagai macam penyakit lainnya.

Kode tersebut akan berbeda dengan kode penyakit lainnya, bahkan pneumonia letak berbeda juga akan memiliki kode yang berbeda juga. Namun yang jelas kode ICD atau kode BPJS pneumonia sudah disampaikan di atas.

Penyebab Pneumonia

Penyebab Pneumonia

Untuk penyebab dari penyakit paru bernama pneumonia ini sendiri bisa terjadi akibat adanya infeksi bakteri, virus, maupun jamur. Untuk para orang dewasa, pneumonia paling sering disebabkan oleh infeksi bakteri.

Selain itu, penyebab pneumonia juga bisa dari organisme dan tempat penyebarannya. Di mana Pneumonia nantinya akan dibedakan menjadi dua, yaitu pneumonia komunitas yang penyebarannya terjadi di komunitas (lingkungan umum) dan pneumonia yang ditularkan di rumah sakit.

Gejala Pneumonia

Gejala Pneumonia

Lalu untuk gejalanya sendiri sudah sedikit disinggung di atas, namun itu gejala umum dan ringan saja. Jika sampai pneumonia sudah termasuk parah atau berat maka akan muncul gejala-gejala seperti :

  • Batuk berdahak.
  • Mudah dan cepat lelah.
  • Sesak napas.
  • Nyeri dada saat bernapas serta batuk.
  • Demam (panas tinggi) dan menggigil.
  • Mual bahkan sampai muntah.
  • Gangguan kesadaran. Ini kerap terjadi oleh pengidap dengan memiliki usia berusia > 65 tahun.
  • Selain itu, pengidap dengan usia > 65 tahun dan memiliki gangguan sistem imun, maka bisa saja mengalami hipotermia.

Pengobatan Pneumonia

Pengobatan Pneumonia

Untuk pengobatan pneumonia nantinya akan disesuaikan dengan penyebab dan tingkat keparahan pneumonia yang dialami oleh penderita. Semisal pneumonia di mana diakibatkan oleh infeksi bakteri akan ditangani dengan pemberian antibiotik dan pemberian obat pneumonia lain untuk meredakan gejala seperti batuk, demam, atau rasa nyeri.

Namun, saat penderita pneumonia sulit bernapas, maka dokter akan memberikan oksigen tambahan atau memasang alat bantu napas (ventilator). Untuk penderita pneumonia berat biasanya akan mendapat penanganan di rumah sakit dan pengawasan intensif untuk mencegah hal lain yang muncul dan meminimalisir risiko lebih fatal.

Pencegahan Pneumonia

Pencegahan Pneumonia

Lalu apa ada pencegahan pneumonia itu sendiri? Tentu saja ada, untuk pencegahan pneumonia ada beberapa cara bisa dilakukan. Dan berikut beberapa pencegahan yang bisa dilakukannya:

  • Berhenti atau hindari kebiasaan merokok.
  • Jaga jarak dengan orang yang sedang batuk pilek.
  • Menjaga kebersihan diri.
  • Perkuat daya tahan tubuh dengan mencukupi asupan nutrisi.
  • Tidak konsumsi minuman beralkohol.
  • Vaksinasi.

Mungkin itu saja dapat kodebpjs.com sampaikan mengenai kode ICD atau kode BPJS dari penyakit pneumonia dan beberapa informasi penting lainnya. Semoga dengan adanya kode ICD di atas dapat bermanfaat serta berguna bagi yang membutuhkan.