√ Kode BPJS ISK 2021 : Penyebab, Gejala & Pencegahan

Kode BPJS ISK – Kode diagnosa berbagai penyakit di BPJS kesehatan semua sudah ada dan kode-nya berbeda-beda. Antara satu penyakit dengan jenis penyakit lain nantinya kode tidak akan sama.

Sehingga Anda juga perlu mengetahui mengenai kode penyakit di dalam KODE DIAGNOSA-nya. Agar suatu saat menemukan kode BPJS dari salah satu penyakit bisa untuk mengartikan itu kode penyakit apa.

Nah pada kesempatan kali ini kodebpjs.com akan menyampaikan kode BPJS atau kode ICD 10 dari salah satu penyakit yang ada. Di mana kode tersebut yaitu mengenai kode BPJS Infeksi Saluran Kemih (ISK).

Mungkin banyak dari Anda yang sudah tidak asing dengan penyakit ISK itu sendiri. Yang mana penyakit ini akan menyerang organ sistem kemih, dan biasanya ISK akan menyerang wanita dan ibu hamil.

Kode BPJS ISK Lengkap dengan Penyebab, Gejala, Pengobatan & Cara Pencegahan

Kode BPJS ISK

Lantas apa kode BPJS ISK itu sendiri? Agar lebih jelas mengenai kode-nya, berikut akan disampaikan secara lengkap dibawah ini. Jadi terus simak ulasan ini sampai akhir agar nantinya Anda mengetahui kode-nya.

Apa Itu ISK?

Apa Itu ISK

Infeksi Saluran Kemih (ISK) merupakan kondisi di mana terjadinya infeksi para organ yang termasuk dalam sistem kemih. Seperti misalnya ureter, ginjal, kandung kemih, dan juga uretra. Pada umumnya penyakit ini menyerang dua area yaitu uretra dan juga kandung kemih.

Kode BPJS/Kode ICD 10 ISK

Kode BPJS Kode ICD 10 ISK

Nah berbicara mengenai kode BPJS atau kode ICD 10 dari penyakit ISK itu sendiri yaitu N39.0. Kode ini juga perlu Anda ketahui sehingga saat nantinya berobat di RS menemukan kode ini bisa untuk mengetahuinya.

Kode BPJS/ICD 10 semua jenis penyakit akan memiliki kode berbeda, antara KODE BPJS VERTIGO, wasir, ISPA maupun lainnya akan tidak sama. Sehingga perlu untuk mengetahui sebenarnya kode BPJS atau kode ICD 10 itu sendiri.

Penyebab & Gejala ISK

Penyebab Gejala ISK

Untuk penyebab dari infeksi saluran kemih (ISK) faktornya yaitu karena ada bakteri yang masuk ke saluran kemih melalui lubang kencing. Infeksi ini dapat menyerang siapa saja, namun lebih sering menyerang para wanita dan juga ibu hamil.

Sedangkan untuk gejalanya sendiri orang yang terkena ISK cukup beragam, sehingga untuk memastikannya Anda bisa berkunjung ke dokter. Gejala umumnya sendiri seperti :

  • Demam
  • Keluar darah dalam urine.
  • Nyeri ketika buang air kecil.
  • Saat buang air kecil terasa tidak tuntas.
  • Terasa sakit di perut dan panggul.

Pengobatan Terkena ISK

Pengobatan Terkena ISK

Saat dirasa telah merasakan beberapa gejala di atas, untuk memastikannya Anda bisa berobat atau memeriksakan ke dokter secara langsung. Sehingga nantinya ISK akan segera di tangani oleh dokter agar nantinya tidak menyebabkan kerusakan ginjal secara permanen.

Secara umum pengobatan ISK dari pihak dokter akan memberikan obat-obatan seperti obat anti biotik untuk ISK dengan dosis yang akan disesuaikan dengan kondisi si pasien. Selain itu juga nantinya dokter menganjurkan agar si pasien banyak-banyak beristirahat.

Cara Pencegahan ISK

Cara Pencegahan ISK

Nah agar terhindar dari apa itu ISK, perlu Anda ketahui juga cara pencegahannya. Ada beberapa hal musti dipahami atau diketahui agar nantinya ISK tidak menyerang Anda, seperti:

  • Tidak menahan buang air kecil.
  • Selalu membersihkan area kemaluan.
  • Menggunakan pakaian dalam yang longgar.
  • Meminimalisir pemakaian celana ketat.
  • Bersihkan organ vital setelah dan sebelum berhubungan intim.
  • Perbanyak minum air putih.

Demikianlah informasi dapat kodebpjs.com sampaikan untuk Anda semua mengenai kode BPJS atau kode ICD 10 penyakit ISK lengkap dengan penyebab, gejala, pengobatan dan cara pencegahannya. Semoga dengan adanya ulasan tersebut, nantinya dapat bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkan.