5 Cara Mengatasi Lupa Nomor BPJS Terbaru 2020

Lupa Nomor BPJS – Terhitung dari beberapa tahun lalu PT Askes telah merubah namanya menjadi BPJS Kesehatan dimana selaras dengan terjadinya hal tersebut mengakibatkan adanya perubahan pada kebijakan dalam Undang-Undang No. 40 Tahun 2004 tentang sistem jaminan sosial. Disamping itu, seluruh warga Indonesia dan warga negara asing yang telah berada di Indonesia lebih dari 6 bulan berhak menjadi peserta aktif BPJS Kesehatan, dengan cara melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan baik dengan jalur Online maupun Offline.

Seperti yang kita ketahui, terdapat banyak sekali manfaat dari program pemerintah yang satu ini, salah satunya adalah mengurangi beban masyarakat yang kurang mampu dalam urusan biaya pengobatan, pasalnya seperti yang kita ketahui saat ini biaya pengobatan sangat mahal. Lalu apakah setiap peserta BPJS Kesehatan tidak dikenakan biaya ketika melakukan pengobatan ? tentu saja tidak, peserta tetap dianjurkan untuk melakukan pembayaran BPJS Kesehatan sesuai dengan jumlah yang telah ditentukan dan jenis kelas yang dipilih. Sedangkan untuk batas akhir pembayaran BPJS Kesehatan adalah setiap tanggal 10.

Terdapat 3 kelas fasilitas kesehatan yang ditawarkan oleh BPJS Kesehatan, yakni kelas satu, kelas dua, dan kelas tingkat lanjutan yang meliputi Rumah Sakit Umum dan sejenisnya. Kemudian besar iuran yang dikenakan juga berbeda-beda, tergantung jenis kelas yang di pilih, yakni untuk faskes kelas satu dikenakan tarif 80 ribu setiap bulan, faskes kelas dua 51 ribu dan faskes kelas tiga atau lanjutan memiliki tarif 25.500. Selain itu, kalian juga berhak menerima surat rujukan dari petugas faskes kelas satu apabila kondisi kalian atau keluarga terbilang darurat dan fasilitas kesehatan kelas satu tidak mendukung sarana dan prasarana yang memadai.

Terlepas dari masalah tersebut, segala macam hal tidak menutup kemungkinan akan terjadi pada kalian, salah satunya adalah nomor BPJS Kesehatan lupa atau Kartu BPJS Kesehatan kalian hilang, jika hal tersebut terjadi kepada kalian, apa yang harus dilakukan ? ya, pada kesempatan kali ini kita akan berbagai informasi mengenai tata cara mengatasi lupa nomor BPJS dengan benar. Mungkin beberapa dari kalian pernah mengalami hal semacam ini, namun belum begitu paham langkah apa yang harus dilakukan, oleh karena itu simak baik-baik ulasan yang akan kami sajikan.

Cara Mengatasi Lupa Nomor BPJS Terbaru

Cara Mengatasi Lupa Nomor BPJS Terbaru

Cara Mengatasi Lupa Nomor BPJS Terbaru

Hal ini biasanya dikarenakan kartu BPJS kalian hilang dan kalian tidak memiliki catatan atau fotocopy kartu BPJS. Nomor BPJS biasanya kita perlukan ketika akan melakukan cek iuran, cek status, dan lainnya yang tentunya mengharuskan kita memasukan nomor BPJS Kesehatan. Baiklah, untuk lebih jelasnya, berikut kami sajikan langkah-langkah atau tata cara mengatasi lupa nomor BPJS dengan baik dan benar yang bisa kalian simak dibawah ini.

Lupa Nomor BPJS

Bagi kalian yang mengalami lupa berapa nomor atau kartu BPJS hilang, kalian tidak usah panik, karena kita mempunyai beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya adalah dengan cara mengunjungi website resmi BPJS Kesehatan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

Cara Mengatas Lupa Nomor BPJS via Website Resmi

Cara Mengatas Lupa Nomor BPJS via Website Resmi

  • Melalui Website Resmi BPJS Kesehatan

  1. Kunjungi website resmi BPJS Kesehatan.
  2. Masukan nomor BPJS Kesehatan anggota keluarga yang kartunya masih ada.
  3. Kemudian masukan tanggal lahir
  4. Masukan angka validasi
  5. Setelah itu pilih “cek”.
  6. Jika data yang dimasukan benar, maka akan muncul pada layar data seluruh keluarga yang menjadi peserta BPJS yang meliputi, nama, tempat tanggal lahir, nomor BPJS Kesehatan, hingga jumlah tagihan iuran yang wajib dibayarkan.
  7. Setelah itu salin nomor BPJS Kesehatan milik anda sementara agar jika suatu saat dibutuhkan kalian tidak kerepotan.
  8. Kemudian kami sarankan kalian untuk datang ke kantor BPJS kesehatan terdekat untuk melakukan pengajuan kartu BPJS Kesehatan baru.
  • Melalui Call Center BPJS Kesehatan di Facebook

Cara Mengatasi Lupa Nomor BPJS via Facebook

Cara Mengatasi Lupa Nomor BPJS via Facebook

  1. Buka Facebook
  2. Masukan username dan password facebook kalian
  3. Kemudian pada kolom pencarian ketik “BPJS Kesehatan”
  4. Setelah menemukan fanspage resmi dari BPJS Kesehatan yang ditandai dengan centang biru
  5. Pilih kirim pesan pada laman tersebut dan tulis bahwa kalian membutuhkan nomor BPJS karena kartu BPJS kalian hilang.
  6. Kemudian pihak Customer Service akan meminta NIK dan Nomor KK kalian untuk dilakukan pengecekan.
  7. Setelah berhasil, Customer Service akan segera  menghubungi kalian dan memberikan informasi mengenai nomor BPJS Kesehatan yang lupa.

Berikut merupakan dua cara atau metode yang bisa dilakukan jika suatu saat kalian mengalami lupa nomor BPJS Kesehatan. Cara pertama untuk mengatasi hal ini kami rasa cukup mudah, asalkan kalian sedang berada di rumah atau dengan saudara kalian karena untuk mencari data kepesertaan BPJS melalui website kalian wajib memasukan nomor peserta BPJS dari keluarga kalian yang masih dalam satu Kartu Keluarga. Sedangkan untuk cara yang nomor dua merupakan cara yang paling mudah, pasalnya kita cukup memberitahu via fanspage BPJS Kesehatan dan mengirim pesan yang berisi NIK dan Nomor KK maka Customer Service akan membantu memberikan nomor BPJS Kesehatan kalian. Oke, cukup sekian informasi yang bisa kami sajikan semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian. Terimakasih.