√ Apa Itu e-Dabu BPJS Kesehatan 2021 : Fitur & Manfaat

Apa Itu e-Dabu BPJS Kesehatan – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, selalu ingin memberikan yang terbaik untuk para pesertanya. Salah satunya seperti sudah ada aplikasi online yang memudahkan peserta untuk mengakses kepesertaan BPJS Kesehatannya.

Salah satu aplikasi yang di maksud itu sendiri seperti misalnya JKN MOBILE, Chat Assistant JKN (Chika) dan e-Dabu BPJS Kesehatan. Berbagai aspek mulai dari layanan administrasi, layanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), rumah sakit, hingga layanan informasi dan pengaduan peserta.

Dengan e-Dabu BPJS Kesehatan yang dikembangkan oleh pihak BPJS Kesehatan inilah, nantinya badan usaha atau organisasi buat akan dimudahkan dalam memproses pendaftaran, meng-update data, pembayaran iuran, serta beberapa lain-lainnya.

Di mana tentu saja aplikasi e-Dabu ini sangat bermanfaat karena secara umum banyak badan usaha atau organisasi peserta BPJS di mana merasa kesulitan dalam mendaftarkan kepesertaan bagi para pekerja atau karyawan-karyawannya.

Apa Itu e Dabu BPJS Kesehatan Fitur Manfaat

Nah, bagi Anda yang penasaran apa itu sebenarnya e-Dabu BPJS Kesehatan, berikut akan disampaikan secara lengkap di bawah ini secara lengkap. Dengan begitu, terus untuk simak dan ikuti pembahasan apa itu e-Dabu di bawah ini sampai akhir.

Apa Itu e-Dabu BPJS Kesehatan

Apa Itu e Dabu BPJS Kesehatan

e-Dabu BPJS kesehatan yaitu merupakan sebuah singkatan dari Elektronik Data Badan Usaha. Jadi Edebu sendiri adalah sebuah aplikasi dari BPJS Kesehatan yang berfungsi mempermudah perusahaan dalam mengelola BPJS Kesehatan para karyawannya.

Menggunakan aplikasi ini, para pengguna (pemilik badan usaha) bisa lebih mudah dalam memasukkan data karyawan atau calon peserta secara online. Seperti data peserta, perubahan data, pengaturan fasilitas kesehatan, dan laporan tagihan setiap pegawai dengan persetujuan sistem.

Mungkin ini menjadi salah satu bentuk kemudahan yang diberikan kepada peserta (pemilik badan usaha). Sehingga pemilik badan usah nantinya tidak perlu lagi mengantre panjang-panjang untuk mendaftarkan karyawannya di kantor BPJS Kesehatan setempat.

Aplikasi BPJS Kesehatan ini sudah mengalami beberapa kali pembaharuan versi yaitu pada tahun 2015 dan yang terbaru pada tahun 2019 dengan nama e-Dabu 4.2. Pembaruan aplikasi dari BPJS Kesehatan ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan para penggunanya.

Fitur di Aplikasi e-Dabu BPJS Kesehatan

Fitur di Aplikasi e Dabu BPJS Kesehatan

Lalu apa saja fitur-fitur yang ada pada aplikasi e-Dabu BPJS Kesehatan itu sendiri? Mengenai hal itu, berikut akan kita bahas tuntas di bawah ini secara lengkap dan jelas.

1. Upload Data Massal

Pertama, pengguna e-Dabu sudah bisa meng-upload data anggota BPJS sekaligus dalam jumlah banyak. Dengan begitu, fitur ini tentunya akan mempermudah pemilik usaha (badan usaha) untuk mengurus keperluan dari kepesertaan karyawannya.

2. Cek Status Data

Kedua, pengguna e-Dabu juga bisa mengecek status anggota BPJS (dalam artian kepesertaan BPJS Kesehatan). Jadi, para pemilik usaha nantinya bisa lebih mudah dalam memastikan keanggotaan BPJS karyawannya.

3. Laporan Iuran

Ketiga, di dalam layanan aplikasi e-Dabu BPJS Kesehatan ini juga ada fitur di mana pengguna bisa melihat jumlah iuran yang sudah dan perlu dibayar oleh anggota BPJS Kesehatan. Dengan begitu, Anda sudah bisa memperkirakan uang dibutuhkan untuk bayar iuran.

4. Cek Nomor Kepesertaan

Keempat, fitur yang cukup banyak digunakan lainnya yaitu fitur untuk cek nomor kepesertaan BPJS Kesehatan. Jika ingin mengecek nomor BPJS Kesehatan, para pemilik usaha perlu ikuti langkah-langkah berikut.

4. Approval

Kelima, para pengguna e-Dabu BPJS juga diberikan fitur yang bisa menyetujui atau meng-approve data peserta BPJS baru secara online. Hal inilah yang menjadi keuntungan, di mana pengguna tidak perlu datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan untuk mengurusnya.

5. Tambah & Edit

Keenam, selain beberapa fitur di atas melalui e-Dabu BPJS Anda juga bisa menambah dan mengedit informasi seperti penambahan anggota keluarga.

6. Cetak Kartu BPJS

Ketuju, para pemilik usaha yang menggunakan e-Dabu juga akan di tawari fitur yang bisa mencetak kartu BPJS milik karyawan. Dengan begitu, tentu saja kemudahan dalam mendapatkan kartu kepesertaan semakin dirasa dan tentunya akan jauh lebih praktis.

  • Pilih dan klik Data Peserta > Mutasi Peserta.
  • Lanjut isi keterangan diminta di kolom tersedia seperti nama dan lain-lainnya.
  • Setelah itu silakan klik Cari. Maka data lengkap peserta dengan Noka BPJS akan muncul.

Manfaat e-Dabu BPJS Kesehatan

Manfaat e Dabu BPJS Kesehatan

Lalu apa untuk manfaat yang dirasakan bagi pengguna aplikasi e-Dabu BPJS? Dengan melihat uraian pengertian yang sudah disampaikan di awal, jika pengguna cukup banyak kemudahan yang didapatkan olehnya.

Yang terjelas manfaat dapat dirasakan dari layanan e-Dabu BPJS ini yaitu membantu para pemilik badan usaha (HRD) yang memiliki banyak sekali karyawan. Dengan aplikasi ini, pendaftaran karyawan sebagai peserta BPJS Kesehatan jadi lebih efektif.

Tidak hanya itu saja, dengan e-Dabu BPJS juga bisa mempermudah pekerjaan perusahaan untuk memperhatikan kesejahteraan dari banyak tenaga kerjanya. Sehingga bisa mengontrol dan memantau data dari tenaga kerjanya.

Mungkin demikian informasi mengenai apa itu e-Dabu BPJS Kesehatan yang dapat kodebpjs.com sampaikan. Adanya informasi e-Dabu di atas, semoga bagi Anda yang bertanya dan penasaran bisa bermanfaat dan membantunya.