10 Cara Mengetahui Username dan Password e-Dabu Karena Lupa

Cara Mengetahui Username dan Password e-Dabu – Lupa password atau username e-Dabu merupakan hal yang paling sering dialami oleh peserta BPJS Kesehatan. Apabila hal itu terjadi, maka e-Dabu tidak bisa dibuka dan melakukan login akses e-Dabu.

Hal ini tentu saja akan menyulitkan Anda mengakses informasi BPJS Kesehatan secara online. Namun, Anda semua tidak perlu khawatir jika lupa password atau username e-Dabu, karena masalah itu bisa diatasi dengan sangat mudah, simpel bahkan tak perlu butuh waktu yang banyak.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui password dan username e-Dabu karena lupa. Dimana lupa username dan password e-Dabu BPJS Kesehatan bisa diatasi dengan cara melakukan reset password dan meminta bantuan customer service BPJS Kesehatan itu sendiri.

Cara mengetahui username dan password e-Dabu BPJS Kesehatan bisa dilakukan secara online maupun offline. Adapun bagi Anda yang belum mengetahui caranya, maka langsung saja simak artikel dari kodebpjs tentang cara mengetahui username dan password e-Dabu di bawah ini.

Citayam

Cara Mengetahui Username dan Password e-Dabu

Cara Mengetahui Username dan Password e Dabu

Pendaftaran dilakukan oleh peserta untuk MENDAPATKAN USERNAME DAN PASSWORD E-DABU. Namun, ketika username dan password tersebut lupa, tentu saja Anda tidak bisa mendaftar kembali untuk mendapatkannya, karena memang Anda sudah terdaftar sebagai pengguna e-Dabu dan memiliki akun.

Jadi, untuk mengetahui username dan password BPJS dilakukan dengan meminta username dan password baru melalui proses reset e-Dabu secara online ataupun melalui kantor cabang BPJS Kesehatan. Adapun cara reset username dan password e-Dabu karena lupa secara offline dan online yaitu sebagai berikut ini.

1. Mengetahui Username dan Password melalui Kantor BPJS

1. Mengetahui Username dan Password melalui Kantor BPJS

Cara pertama, untuk mengetahui username da password e-Dabu yaitu dengan mendatangi langsung kantor BPJS Kesehatan terdekat. Jangan lupa untuk membawa ponsel yang Anda gunakan untuk mengakses e-Dabu, serta bawa KTP dan kartu BPJS Kesehatan untuk berjaga-jaga.

Nantinya, tinggal minta antrian untuk ke customer service BPJS. Setelah menemui CS, sampaikan saja keluhan Anda yaitu lupa username atau password e-Dabu.

Nantinya, CS akan membantu Anda untuk melakukan reset akun e-Dabu dan membantu Anda mendapatkan password atau username e-Dabu yang baru. Jadi tinggal ikuti saja intruksi dari CS BPJS Kesehatan sampai Anda mendapatkan username dan password baru.

2. Reset Password e-Dabu secara Online

2. Reset Password e Dabu secara Online

Nah, bagi Anda yang lupa dengan password e-Dabu, maka cara mengatasinya yaitu dengan melakukan reset password. Cara ini dilakukan secara online melalui laman edabu.bpjs-kesehatan.go.id.

Cara ini memungkinkan Anda untuk mengetahui password e-Dabu tanpa perlu ke kantor BPJS. Adapun caranya, yaitu sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, silahkan jalankan Google Chrome di HP, Laptop atau Komputer Anda.
  2. Kemudian, masukkan kata kunci “Reset Password e-Dabu” di kolom pencarian atau buka laman https://edabu.bpjs-kesehatan.go.id/Edabu/User/RequestResetPassword.
  3. Setelah itu, masukkan username e-Dabu, email yang digunakan untuk mendaftar e-Dabu dan kode captcha yang tertera. Jika sudah tinggal tekan kirim email.
  4. Selanjutnya, silahkan buka akun email yang sebelumnya Anda masukkan dan silahkan buka email dari BPJS.
  5. Nantinya pada pesan email tersebut akan tersedia 2 opsi untuk melakukan reset password yaitu dengan mengirim permintaan informasi melalui email atau melalui WhatsApp kantor cabang yang beroperasi pada hari Senin-Jum’at mulai pukul 08.00 – 15.00.
  6. Agar lebih mudah, maka silahkan pilih opsi melalui nomor WA. Jadi silahkan salin dan save nomor WhatsApp yang tertera pada pesan email BPJS tersebut.
  7. Untuk mengawali komunikasi, silahkan chat dengan mengucapkan “Selamat pagi, siang atau sore“.
  8. Setelah mendapatkan balasan, selanjutnya tinggal kirim pesan ingin melakukan reset password e-Dabu.
  9. Nantinya, pihak BPJS akan meminta sejumlah data. Silahkan kirim data yang diminta oleh pihak BPJS.
  10. Setelah itu, maka pihak BPJS akan mengirim pesan berupa password e-Dabu yang baru untuk Anda gunakan. Selesai.

Nah, itulah beberapa cara mengetahui username dan password e-Dabu yang dapat kodebpjs.com sajikan. Agar tidak lupa dengan username dan password e-Dabu, maka sebaiknya mencatat password dan username tersebut. Meskipun cara mengatasi lupa password e-dabu terbilang mudah, namun jika terlalu sering maka akan merepotkan. Demikian informasi tentang cara mengetahui username dan password e-Dabu, semoga informasinya bermanfaat.