√ Biaya Cek Golongan Darah di Puskesmas 2021 : Prosedur & Tujuan

Biaya Cek Golongan Darah di Puskesmas – Mengetahui golongan darah mungkin menjadi salah satu hal yang dianggap penting oleh sebagian orang. Dengan tahu akan golongan darah di tubuh nantinya bisa bermanfaat saat dibutuhkan.

Nah, bagi Anda yang belum tahu golongan darahnya sendiri apa, maka bisa lakukan cek golongan darah dahulu. Untuk cek golongan darah sendiri Anda bisa lakukan cek golongan darah di klinik, dokter, rumah sakit maupun puskesmas.

Mengenai cek golongan darah tersebut tentunya akan membutuhkan sebuah biaya. Biaya tersebutlah yang terkadang banyak di pertanyakan oleh seorang yang berkeinginan mengetahui golongan darah yang ada pada tubuhnya.

Nah, pada pembahasan kali ini kodebpjs.com akan sampaikan informasi mengenai tarif atau biaya cek golongan darah di puskesmas. Mungkin bagi Anda yang berkeinginan cek golongan darah di puskesmas menanyakan hal ini.

Biaya Cek Golongan Darah di Puskesmas Prosedur Tujuan

Untuk lebih jelas mengenai biaya yang dibutuhkan saat melakukan cek golongan darahnya. Berikut akan disampaikan secara lengkap di bawah ini, jadi terus simak pembahasan biaya cek golongan darah ini sampai akhir.

Tujuan & Manfaat Cek Golongan Darah

Tujuan Manfaat Cek Golongan Darah

Pastinya sudah banyak yang mengetahui mengenai tujuan dan manfaat dari cek golongan darah. Di mana tujuan serta manfaat utama yaitu sebagai salah satu syarat penting saat seseorang ingin mendonorkan darah atau menerima transfusi darah.

Hal itu dikarenakan tidak semua golongan darah orang (pasien yang membutuhkan) nantinya akan sama dan cocok satu sama lain. Tidak hanya itu saja, cek golongan darah juga pening untuk dilakukan oleh ibu hamil dan janin di dalamnya.

Tujuan cek golongan darah pada ibu dan janin yaitu untung mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Karena seperti sudah banyak diketahui sendiri jika rhesus yang tidak cocok akan berpotensi membahayakan kondisi janin.

Klasifikasi Golongan Darah

Klasifikasi Golongan Darah

Untuk klasifikasi golongan darah sendiri secara umum ada dua teknik yang bisa digunakan untuk mengelompokkan darah seperti menggunakan sistem ABO dan rhesus. Nah berikut akan disampaikan pengelompokan golongan darah menggunakan teknik ABO:

Golongan darah A

Orang dengan golongan darah A nantinya akan memiliki antigen A pada sel darah merahnya. Tidak hanya itu, seorang dengan golongan darah A nantinya akan menghasilkan antibodi untuk melawan sel darah merah dengan antigen B.

Golongan darah B

Sedangkan golongan darah B akan memiliki antigen A pada sel darah merahnya. Orang dengan golongan darah B akan menghasilkan antibodi A untuk melawan sel darah merah dengan antigen A.

Golongan darah AB

Untuk golongan darah AB, itu menandakan jika nantinya memiliki antigen A dan B pada sel darah merah. Hal ini juga menandakan jika seorang tidak memiliki antibodi A dan B pada darah.

Golongan darah O

Lalu untuk golongan darah O tidak memiliki antigen A dan B pada sel darah merah. Namun, orang dengan golongan darah O akan memproduksi antibodi A dan B di dalam darahnya.

Sedangkan untuk klasifikasi rhesus yang dimiliki, nantinya akan melihat rhesus pada antigen atau protein yang ada di permukaan sel darah merah. Pada klasifikasi sistem ini, golongan darah terbagi menjadi rhesus positif dan rhesus negatif.

Di mana jika golongan darah atau sel darah merah memiliki faktor Rh, maka golongan darah Anda adalah Rh positif. Itu berlaku sebaliknya, saat golongan darah Anda dinyatakan Rh negatif maka tidak memiliki faktor Rh.

Prosedur Cek Golongan Darah

Prosedur Cek Golongan Darah

Lalu bagaimana dengan prosedur cek golongan darah di puskesmas? Mengenai prosedurnya sendiri bisa dibilang sangat sederhana dan sangat mudah dilakukan. Untuk lebih jelas mengenai langkah maupun prosedurnya, bisa untuk simak pembahasan ini sampai akhir. berikut langkahnya:

1. Datang ke Puskesmas

Pertama silakan datang ke puskesmas terdekat di daerah Anda. Setelah sampai di puskesmas, langsung saja untuk ambil dan tunggu nomor antrean sampai di panggil oleh petugas.

2. Sampaikan Kedatangan

Tiba giliran dipanggil, langsung saja untuk temui dokter dan Anda akan ditanya mengenai maksud kedatangannya. Sampaikan secara jelas jika Anda ingin melakukan cek golongan darah.

3. Pengambilan Sampel

Jika sudah demikian, maka dokter akan memulai pemprosesan dengan langkah pengambilan sampel darah. Pengambilan darah nantinya akan dilakukan dengan cara menusukkan sebuah jarum kecil di ujung jari.

4. Pencampuran Darah

Langkah selanjutnya, dokter akan mulai mencampurkan sampel darah dengan antibodi A dan B. Jika darah hancur ketika diberi antibodi A, itu menunjukkan jika golongan darah adalah A. Sementara jika darah hancur ketika diberi antibodi B, maka golongan darah AB.

5. Pemeriksaan Bank Typing

Langkah berikutnya berupa pemeriksaan serum atau plasma darah berisi antibodi. Pada langkah ini nantinya pemeriksaan plasma darah akan dicampur dengan darah orang lain yang memiliki antigen A serta B.

6. Pemeriksaan Rhesus

Kemudian langkah terakhir yaitu pemeriksaan rhesus. Dimana pemeriksaan sistem rhesus ini sendiri secara umum akan sama seperti pemeriksaan darah ABO. Di mana darah nantinya akan dicampur dengan antibodi Rh.

Jika sudah melalui serangkaian prosedur maupun langkah cek golongan darah di atas, maka Anda hanya perlu tunggu sampai hasil golongan darah keluar. Biasanya dokter akan menyampaikan golongan darah apa yang berhasil di identifikasi baik A, B, AB,atau O.

Efek Samping Mengecek Golongan Darah

Efek Samping Mengecek Golongan Darah

Walaupun cek golongan darah menjadi salah satu prosedur yang dibilang aman, ternyata ada saja efek samping yang bisa muncul. Adapun beberapa efek samping yang muncul pada seorang pasien saat melakukan cek golongan darah.

  • Infeksi pada bagian bekas tusukkan jarum.
  • Pendarahan berlebihan.
  • Pendarahan di bawah lapisan kulit atau hematoma.
  • Pusing bahkan pingsan.

Biaya Cek Golongan Darah di Puskesmas

Biaya Cek Golongan Darah di Puskesmas

Berbicara mengenai biaya cek golongan darah sendiri, di setiap puskesmas akan memberlakukan biaya yang berbeda satu sama lain. Antara puskesmas di Jogja, Semarang, Jakarta, Bandung maupun puskesmas di daerah lain akan berbeda.

Secara umum, untuk biaya cek golongan darah di puskesmas sendiri yaitu berkisar di angka Rp 10.000 – Rp 15.000 saja. Untuk mengantisipasi pembengkakan biaya Anda bisa siapkan uang atau biaya lebih.

Sebagai catatan, tarif maupun biaya mengecek golongan darah di puskesmas ini sendiri tidak ditanggung oleh BPJS sama seperti BIAYA USG atau lainnya. Hal itu dikarenakan cek golongan darah membutuhkan pemeriksaan laboratorium yang dilakukan karena keinginan dari seorang.

Namun beda lagi jika cek golongan darah yang dianjurkan oleh dokter dengan tujuan tindak medis lanjutan. Maka cek golongan darah bisa saja di ditanggung oleh BPJS, seperti misalnya kebutuhan transfusi darah pada penyakit tertentu.

Demikian informasi yang dapat kodebpjs.com sampaikan mengenai biaya, tarif atau uang diperlukan saat ingin melakukan pengecekan golongan darah di puskesmas. Semoga dengan adanya informasi biaya cek golongan darah di atas bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan.