√ Harga Rapid Test di Puskesmas 2021 : Pengertian & Prosedur

Harga Rapid Test di Puskesmas – Dengan adanya virus corona yang tak kunjung berakhir di tanah air. Menjadikan setiap orang dituntut untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dengan selalu menjaga protokol yang sudah ditetapkan.

Tidak hanya menjaga saja, Anda juga perlu melakukan test atau pemeriksaan untuk mengetahui apakah tubuh terindikasi corona atau tidak. Biasanya pemeriksaan dilakukan melalui pengecekan di rumah sakit dan puskesmas dengan prosedur yang sudah ditetapkan.

Mengenai pemeriksaan apakah terindikasi corona atau tidak sendiri bisa diketahui dengan melakukan pemeriksaan rapid test, swab dan PCR. Namun kebanyakan masyarakat Indonesia memilih pemeriksaan rapid test yang terbilang cukup mudah dan sederhana.

Selain itu, hasil juga akan keluar lebih cepat dari pada pemeriksaan jenis lainnya. Namun, pada pembahasan kali ini kodebpjs.com sendiri akan membahas mengenai harga jika melakukan serangkaian rapid test di puskesmas.

Harga Rapid Test di Puskesmas Pengertian Prosedur

Untuk lebih jelas dan tahu lebih dalam mengenai besaran harga rapid test tersebut, berikut akan disampaikan di bawah ini. Dengan begitu, terus simak dan ikuti pembahasan ini sampai agar rasa penasaran akan harga test COVID-19 di puskesmas ini terjawabkan.

Apa Itu Rapid Test?

Apa Itu Rapid Test

Sebelum berlanjut ke pembahasan harga yang dibutuhkan untuk menjalani rapid test. Anda terlebih dahulu untuk tahu akan pengertian apa itu rapid test sendiri. Sehingga nantinya saat menjalani pemeriksaan Anda sudah paham.

Di mana rapid test sendiri adalah metode pemeriksaan maupun tes secara cepat yang hasilnya juga akan keluar cepat. Pemeriksaan ini nantinya akan menggunakan alat bernama catridege yang bisa menunjukkan hasil.

Nah dalam rapid test sendiri ada dua macam yaitu rapid tes antigen dan rapid test antibodi. Di mana rapid test andibodi yaitu mengambil sampel darah dari kaliper vena/jari, sedangkan rapid test yaitu dengan mengambil sampel lendir.

Prosedur Rapid Test di Puskesmas

Prosedur Rapid Test di Puskesmas

Mengenai prosedur atau cara kerja dari rapid test sendiri terbilang cukup sederhana, di mana nantinya Anda hanya perlu datang ke puskesmas. Untuk lebih jelasnya simak langkah atau prosedur di bawah ini.

1. Datang ke Puskesmas

Pertama silakan datang langsung ke puskesmas terdekat di lokasi Anda berada. Pastikan selalu patuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker dan menjaga jarak.

2. Ambil & Tunggu Nomor Antrean

Sesampainya di puskesmas, langsung saja untuk ambil nomor antrean dan tunggu nomor antrean Anda di panggil oleh petugas. Jika nomor antrean Anda kecil maka menunggu tidak terlalu lama.

3. Pengambilan Sampel

Tiba giliran Anda dipanggil, maka petugas kesehatan mulai menanyakan maksud kedatangan. Sampaikan secara jelas jika Anda ingin melakukan rapid test baik rapid tes antigen atau antibodi.

Kemudian petugas akan mulai melakukan pemeriksaan dengan mengambil sampel darah atau lendir di dalam hidung. Tinggal pilih salah satu jenis rapid test yang diinginkan.

4. Proses Pengecekan

Setelah pengambilan sampel darah tersebut, maka selanjutnya petugas puskesmas akan melakukan pengecekan dengan meneteskan sampel darah pada alat uji bersama cairan penanda antibodi.

5. Tunggu Beberapa Saat

Untuk mendapatkan hasilnya, para pasien perlu menunggu waktu kurang lebih 10-15 menit. Dengan begitu, tunggu sebentar sampai benar hasil keluar.

6. Hasil Keluar

Saat hasil sudah keluar, maka akan menunjukkan garis pada alat ujinya. Di mana jika hasil ada pada C itu mengindikasikan jika pasien negatif, sedangkan garis pada IgG atau IgM (T) menandakan bahwa pasien terinfeksi.

Harga Rapid Test di Puskesmas

Harga Rapid Test di Puskesmas

Lalu berapa biaya yang dibutuhkan untuk melakukan rapid test di puskesmas? Apakah sama seperti HARGA PERIKSA MATA, THT, GIGI dan lainnya di mana pasien bisa periksa dengan manfaatkan kepesertaan BPJS.

Ya, terkadang banyak pertanyaan seperti itu muncul dan ditanyakan oleh para orang yang ingin melakukan pemeriksaan apakah dirinya terbebas dari virus corona atau tidak. Hal itu bertujuan memastikan jika dirinya benar-benar dalam keadaan sehat.

Kementerian Kesehatan memastikan jika rapid test sama seperti RT-PCR. Di mana rapid test maupun tes cepat antigen di Puskesmas untuk penelusuran kontak pasien terkena virus COVID-19 tidak akan dipungut biaya alias gratis.

Namun batasan tertinggi mengenai tarif, harga maupun biaya rapid test bisa mencapai Rp 150.000 itu untuk rapid test antibodi, sedangkan rapid test antigen bisa mencapai Rp 250.000. Namun dipastikan jika Anda tes di puskesmas akan gratis.

Demikian informasi mengenai harga maupun biaya rapid test di puskesmas yang bisa kodebpjs.com sampaikan. Semoga dengan adanya informasi harga rapid test di atas bisa bermanfaat, terutama bagi Anda yang ingin melakukan rapid test untuk mengetahui apakah terindikasi corona atau tidak.