√ Biaya Tes HBsAg di Puskesmas Pasien Umum & BPJS 2022

Biaya Tes HBsAg di Puskesmas – Dalam beberapa keperluan, terkadang seseorang diminta untuk melakukan tes kesehatan di Puskesmas. Beberapa keperluan tersebut diantaranya mendaftar pekerjaan, menjalani pengobatan dan lain sebagainya.

Bicara mengenai tes kesehatan di Puskesmas, perlu diketahui bahwa pada faskes seperti Puskesmas kini juga melayani beberapa jenis tes kesehatan, salah satunya adalah tes HBsAg.

Tes HBsAg terkadang perlu dilakukan oleh orang yang mengalami gejala penyakit Hepatitis B. Dengan begitu, tes HBsAg bisa dikatakan sebagai upaya untuk mendeteksi seseorang apakah di dalam tubuhnya telah terjangkit virus Hepatitis B atau tidak.

Bagi kalian yang mungkin membutuhkan tes ini, kalian bisa datang ke lokasi Puskesmas terdekat. Lalu bagaimana dengan ketentuan biaya? Apakah biaya tes ini mencapai ratusan ribu atau bahkan sampai jutaan rupiah? Cari tahu jawabannya dibawah ini.

Citayam

Biaya Tes HBsAg di Puskesmas

Biaya Tes HBsAg di Puskesmas

Seperti kami sebutkan diatas bahwa tes HBsAg merupakan upaya untuk mendeteksi adanya virus Hepatitis B di dalam tubuh. Apabila hasil tes nya Positif, artinya orang tersebut sudah terinfeksi virus tersebut. Sebaliknya, jika hasil tes Negatif, maka orang tersebut bebas dari virus Hepatitis B.

Sekarang untuk menjalani tes tersebut sudah bisa dilakukan di Puskesmas, tanpa harus pergi ke Rumah Sakit. Tapi jika pada saat menjalani tes HBV di Puskesmas ternyata hasilnya positif, nantinya Dokter yang menangani akan menganjurkan kalian untuk mengikuti pemeriksaan lebih lanjut di rumah sakit.

Terlepas dari apapun hasilnya, yang jelas ketika melakukan tes ini, dari pihak Puskesmas menerapkan ketentuan terkait biaya. Sama seperti saat menjalani tes darah, tes mata maupun tes lainnya di Puskesmas. Lalu berapa sih biaya tes HBsAg di Puskesmas? simak penjelasannya dibawah ini :

Pasien Umum

Pertama, untuk pasien atau peserta tes HBV yang tidak menggunakan layanan BPJS Kesehatan bakal dikenai biaya antara Rp. 20.000 (Dua Puluh Ribu Rupiah) sampai dengan Rp. 45.000 (Empat Puluh Lima Ribu Rupiah).

Pasien BPJS

Kedua, untuk pasien yang terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan dan menggunakan layanan tersebut untuk menjalani tes HBsAg di Puskesmas, kalian tidak akan dikenai biaya dalam bentuk apapun alias gratis.

Prosedur Menjalani Tes HBV

Sampai disini kalian sudah tahu mengenai berapa biaya tes HBsAg di Puskesmas untuk pasien Umum maupun BPJS Kesehatan. Sementara itu, beberapa dari kalian mungkin banyak yang belum pernah sama sekali menjalani tes ini sehingga penasaran seperti apa prosesnya.

Jadi, proses atau prosedur tes HBV ini memiliki langkah-langkah sebagai berikut :

  • Pertama-tama petugas Puskesmas akan melilitkan sabuk elastis di sekitar lengan. Proses ini dilakukan untuk menghentikan aliran darah.
  • Setelah itu petugas akan mengambil darah pasien menggunakan jarum suntik di area lengan kebawah.Sebelum itu, bagian yang akan di suntik terlebih dahulu dibersihkan menggunakan cairan alkohol / antiseptic
  • Jika sudah, petugas akan melepas ikatan dari lengan pasien
  • Terakhir, petugas akan membalut bekas suntikan menggunakan kain kassa dan perban

Berapa Lama Hasil Tes HBsAg Keluar ?

Berapa Lama Hasil Tes HBsAg Keluar

Setelah menjalani tes HBsAg di Puskesmas, nantinya kalian sudah bisa kembali beraktivitas seperti biasa. Lalu bagaimana dengan hasil pemeriksaannya? pasti setiap pasien yang melakukan tes ini ingin tahu hasilnya.

Jadi, untuk hasil tes atau pemeriksaan tersebut akan diumumkan kurang lebih 3 sampai 7 hari setelah pemeriksaan. Sebab, nantinya dari pihak petugas akan melakukan penelitian terlebih dahulu pada darah yang sudah diambil dari pasien.

KESIMPULAN

Demikianlah informasi dari kodebpjs.com terkait biaya tes HBsAg di Puskesmas. Ketentuan biaya menjalani pemeriksaan tersebut juga berlaku untuk pasien Umum dan pasien BPJS Kesehatan.

Sementara itu, kalian juga perlu tahu bahwa proses pemeriksaan HBsAg di Puskesmas mungkin menggunakan metode tes dengan tingkat akurasi kurang dari 70%. Oleh karena itu, jika kalian punya budget lebih, sebaiknya menjalani tes HBsAg di Rumah Sakit agar hasil pemeriksaan tersebut lebih akurat.

Dengan begitu, jika hasilnya ternyata Positif, maka dari pihak Dokter bakal langsung menganjurkan ke pemeriksaan lebih lanjut. Atau bisa juga langsung mengambil tindakan untuk mencegah virus tersebut menjalar ke seluruh tubuh yang bisa berakibat fatal.

sumber gambar :

  • sehatq.com
  • biayatarif.com