Biaya Operasi Caesar Melahirkan 2020 : BPJS & Non BPJS

Biaya Operasi Caesar – Melahirkan secara normal mungkin menjadi salah satu hal yang diinginkan oleh setiap para ibu hamil, namun karena beberapa hal menjadikan melahirkan harus dilakukan secara caesar. Hal tersebut biasanya harus cepat dilakukan agar bayi di dalam kandungan tidak terjadi hal tidak di inginkan.

Bayi harus segera di keluarkan untuk cepat keluar, biasanya penyebab harus di operasi caesar sendiri karena posisi kaki bayi dibawah, ari-ari menutupi jalan bayi ketika ingin keluar secara normal, ukuran janin lebih besar dari pada jalan keluarnya. Itulah beberapa hal dimana membuat bayi harus dikeluarkan dari perut si ibu.

Bicara soal sebuah caesar sendiri pastinya memerlukan sebuah biaya dimana harus di keluarkan, seperti yang anda ketahui sendiri sebuah caesar pastinya memerlukan biaya tidak sedikit. Nah pada pembahasan kali ini kodebjs.com akan menginformasikan sebuah biaya operasi caesar pada ibu hamil yang akan melahirkan.

Pastinya biaya tersebut tidaklah sedikit, mengingat ini adalah operasi penyelamatan baik dari sang buah hati atau sang ibunya itu sendiri. Jadi tidak heran jika biaya operasi caesar pada ibu melahirkan memiliki biaya yang cukup mahal, namun dengan biaya mahal tersebut pasti semuanya harus tetap dilakukan karena ini soal urusan nyawa seseorang.

Besaran Biaya Operasi Caesar Saat Melahirkan

Besaran Biaya Operasi Caesar Saat Melahirkan

Bicara biaya ibu hamil yang akan melakukan caesar sendiri akan kodebpjs.com sampaikan dibawah nanti. Besaran tersebut juga terbilang tidak jauh berbeda dengan biaya bedah atau operasi lain, seperti biaya operasi batu ginjal, operasi patah tulang dan jenis operasi lainnya.

Biaya Operasi Caesar

Biaya Operasi Caesar

Biaya operasi pada ibu hamil akan melahirkan sendiri juga sangat bervariatif, hal tersebut karena di setiap rumah sakit atau klinik melahirkan tidak memasang biaya operasi yang sama. Sehingga jika ingin mengetahui biaya tersebut langsung saja tanyakan pada rumah sakit bersangkutan dimana nantinya akan melakukan caesar tersebut.

Biaya sebuah operasi umum di Indonesia sendiri mulai dari Rp 11.000.0000 sampai lebih dari Rp 50.000.000, hal tersebut nantinya dilihat dari sebuah perlengkapan (alat) dan juga kelas ruangan perawatan. Itu hanya biaya operasinya saja, belum di tambah dengan obat-obatan dan perlengkapan lain guna mendapatkan pelayanan terbaik terhadap bayi dan juga ibunya.

Operasi caesar juga bisa ditanggung oleh BPJS kesehatan, namun operasi tersebut terdapat beberapa persyaratan atau hal dimana harus diperhatikan. Berikut beberapa hal dimana ingin melakukan operasi caesar dengan BPJS:

  • Operasi caesar tidak atas permintaan sendiri, dimana bertujuan agar ingin anaknya lahir di hari dan tanggal cantik.
  • Harus dalam anjuran atau perintah medis/dokter/bidan untuk segera mungkin bayi dan ibunya segera mendapatkan penanganan karena beberapa hal.
  • Menunjukan surat rujukan dari faskes 1.
  • Kartu BPJS dalam kondisi masih aktif dan tidak terjadi penunggakan iurannya.

Untuk biaya operasi dengan BPJS sendiri juga akan dilihat dan dibedakan melalui sebuah tingkatan ringan, sedang, atau berat. Tidak hanya itu saja besaran juga nantinya akan dilihat dari kelas BPJS apa yang anda pilih dahulunya.

1. Operasi ringan

  • Kelas 1 : Rp 7.333.000
  • Kelas 2 : Rp 6.285.500
  • Kelas 3 : Rp 5.257.900

2. Operasi Sedang

  • Kelas 1 : Rp 8.092.000
  • Kelas 2 : Rp 6.936.000
  • Kelas 3 : Rp 5.780.000

3. Operasi Berat

  • Kelas 1 : Rp 11.081.400
  • Kelas 2 : Rp 9.498.300
  • Kelas 3 : Rp 7.915.300

Yang jelas para ibu yang ingin melakukan sebuah operasi caesar, terlebih dahulu untuk melakukan sebuah pemeriksaan kandungan di faskes pertama. Jika sudah melakukan pemeriksaan dan dianjurkan untuk operasi caesar oleh dokter maka lakukan sesuai perintah dokter secepat mungkin.

Hal Sebelum & Sesudah Operasi

Hal Sebelum Sesudah Operasi

Nah ada sebuah hal yang harus dilakukan sebelum atau sesudah operasi, untuk menjadikan operasi tersebut akan berjalan lancar dan tidak terjadi hal apapun setelah operasi nantinya. Berikut beberapa hal yang harus di lakukan baik sebelum dan sesudah operasi caesar pada para ibu atau calon ibu.

  • Sebelum Operasi

Ketika akan melakukan sebuah operasi caesar nantinya ada hal harus di perhatikan, biasanya sebuah operasi mengharuskan untuk berpuasa terlebih dahulu sebelum operasi dimulai. Namun pada operasi ini hanya dianjurkan jangan melakukan atau memakan makanan berat selama 12 jam, boleh makan tapi makan ringan.

Selain itu hilangkan rasa panik dan ketegangan pada saat akan melakukan sebuah operasi, sehingga nantinya akan berjalan lancar tanpa ada hambatan pada saat proses operasi caesar berjalan.

  • Setelah Operasi

Setelah operasi pastinya akan ada sebuah hasil atau sisa jahitan dimana akan merasakan nyeri, kram dan bisa terjadi pendarahan. Dengan begitu setelah operasi tersebut anda harus benar-benar istirahat untuk cepat dalam proses penyembuhannya, jika ingin melakukan kegiatan jangan lakukan kegiatan berat terlebih dahulu.

Dalam proses penyembuhan ini nantinya akan memakan waktu lumayan lama yaitu sekitar 3 sampai 4 minggu untuk bisa dikatakan pulih sempurna. Yang jelas hal-hal berat sangat dihindari terlebih dahulu setelah melakukan sebuah operasi caesar.

Itulah biaya caesar pada saat melahirkan yang bisa kodebpjs.com sampaikan baik dengan menggunakan BPJS maupun biaya mandiri. Mungkin itu saja informasi bisa disampaikan, semoga bisa membantu anda semua yang penasaran dan bertanya-tanya mengenai besaran biaya operasi caesar.