Biaya Operasi Eracs Semua Kelas 2022 : BPJS & Non BPJS

Biaya Operasi Eracs – Bagi semua Ibu di Dunia, persalinan atau melahirkan merupakan suatu proses hidup dan mati. Bagi yang pernah melahirkan, pasti kalian setuju bahwa proses tersebut sangatlah menyakitkan. Namun seperti apapun sakitnya tetap harus dilakukan demi melahirkan sang buah hati.

Bicara mengenai persalinan atau proses melahirkan, sekarang telah tersedia beberapa pilihan metode persalinan yang di klaim bisa mengurangi rasa sakit, salah satunya adalah Eracs. Cara ini dilakukan melalui jalur operasi sehingga para Ibu tidak perlu menahan rasa sakit yang luar biasa.

Metode persalinan Eracs belakangan ini sedang cukup populer sehingga banyak masyarakat yang penasaran mengenai berapa biaya operasi Eracs. Nah, bagi kalian para Ibu yang membutuhkan informasi tersebut, silahkan simak terus artikel ini untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut.

Sementara itu, beberapa orang juga masih bingung apakah metode persalinan Eracs sama seperti Caesar? Jawabannya adalah BERBEDA. Ya, metode persalinan operasi Eracs dan operasi Caesar memiliki perbedaan di beberapa segi, mulai dari biaya hingga cara penanganan. Baiklah, daripada penasaran langsung saja simak informasi selengkapnya dibawah ini.

Citayam

Apa Itu Eracs ?

Seperti kami singgung diatas bahwa setiap Ibu bakal melakukan apapun untuk melahirkan, tidak peduli seberapa sakit yang harus dirasakan maupun resiko yang bisa terjadi. Nah, untuk saat ini tersedia metode persalinan berupa operasi Eracs.

Metode ini sedang cukup populer belakangan ini, bahkan Aktris terkenal, Nagita Slavina juga menggunakan metode ini untuk melahirkan anak kedua nya. Berdasarkan informasi yang kami peroleh, ketika melahirkan melalui operasi Eracs si Ibu tidak akan merasakan sakit berlebih, bahkan kurang dari 1 x 24 jam pasien bisa meninggalkan rumah sakit.

Sementara itu mengenai perbedaan operasi Eracs dan operasi Caesar, kedua metode persalinan tersebut memiliki perbedaan di beberapa segi, antara lain :

  • Metode Eracs menggunakan dosis anestesi yang lebih kecil dari operasi Caesar Konvensional
  • Penggunaan jarum pada proses persalinan operasi Eracs juga lebih kecil
  • Untuk persalinan Eracs, Teknik mengiris yang digunakan langsung ke dalam demi mendapatkan hasil lebih baik
  • Teknik jahitan Tummy Tuck yang diterapkan pada persalinan Eracs berguna untuk merapikan perut supaya tidak bergelambir
  • Biaya operasi Eracs juga lebih murah dibandingkan biaya operasi Caesar Konvensional

Hal-hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Menjalani Persalinan Eracs

Hal hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Menjalani Persalinan Eracs

Setelah mengetahui sedikit mengenai perbedaan antara operasi Eracs dan Caesar Konvensional, mungkin beberapa dari kalian ada yang berminat menggunakan metode tersebut saat melahirkan. Jika demikian, kami sarankan untuk mempersiapkan beberapa hal sebagai berikut :

  • Melakukan Skrining Covid-19 sesuai prosedur yang berlaku. Jika belum tahu, silahkan konsultasi dengan Dokter terkait
  • Melakukan pemeriksaan darah guna menentukan kadar Hemoglobin
  • Melakukan pemeriksaan riwayat kesehatan
  • Melakukan Waxing (pencabutan) rambut kemaluan
  • Mengkonsumsi makanan ringan minimal 4 jam sebelum operasi Eracs
  • Mengkonsumsi makanan berkarbohidrat minimal 2 jam sebelum operasi Eracs

Biaya Operasi Eracs

Biaya Operasi Eracs

Selain beberapa persyaratan diatas, kalian juga perlu menyiapkan biaya untuk menjalani operasi Eracs. Perlu diketahui bahwa biaya operasi untuk melahirkan dengan metode ini terbagi menjadi beberapa kelas, yaitu kelas III, kelas II, kelas I dan kelas Deluxe. Supaya lebih jelas langsung saja simak informasi selengkapnya dibawah ini :

Kelas III

Untuk pasien melahirkan yang menggunakan metode Eracs di kelas III bakal dikenai biaya sebesar Rp. 12.800.000

Kelas II

Sedangkan untuk kelas II, persalinan menggunakan metode Eracs perlu menyiapkan biaya operasi sebesar Rp. 14.800.000

Kelas I

Kemudian ada juga pilihan kelas I untuk menjalani operasi Eracs. Pada kelas ini pasien bakal dibebankan biaya operasi sejumlah Rp. 18.900.000

Kelas Deluxe

Terakhir ada kelas Deluxe yang menerapkan biaya operasi Eracs sebesar Rp. 26.900.000. 

Jadi, untuk menggunakan metode Eracs setidaknya kalian harus menyiapkan biaya antara 13 juta sampai dengan 30 juta. Sementara itu, biaya operasi Eracs yang kami sebutkan diatas berlaku untuk semua pasien, baik untuk peserta BPJS maupun Non BPJS yang ingin melahirkan dengan metode persalinan Eracs. Sebab, operasi Eracs tidak termasuk dalam pelayanan medis yang ditanggung BPJS. 

Proses Pemulihan Pasien Operasi Eracs

Proses Pemulihan Pasien Operasi Eracs

Setelah mengetahui informasi seputar biaya operasi Eracs, selanjutnya kami juga bakal menjelaskan proses pemulihan pasien setelah melahirkan menggunakan metode Eracs. Jadi, seperti kami sebutkan diatas bahwa pasien bisa meninggalkan rumah sakit maksimal 1 x 24 jam setelah melahirkan. Meskipun demikian, hal tersebut juga tetap harus di dukung dengan beberapa komponen penyembuhan, antara lain :

  • Melatih gerakkan lebih awal, 8 sampai 12 jam pasca operasi
  • Mengkonsumsi obat anti nyeri Multimodal guna meminimalisir kebutuhan Opioid
  • Makan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi
  • Menjalani Konseling Laktasi pasca operasi bagi pasien yang belum paham mengenai proses menyusui

Itu saja informasi dari kodebpjs.com mengenai biaya operasi Eracs bagi pasien BPJS maupun Non BPJS. Diatas kami juga menyebutkan ketentuan biaya operasi Eracs sesuai dengan kelas yang digunakan, yaitu antara kelas III sampai dengan kelas Deluxe.

Bagi kalian yang telah melahirkan pakai metode Eracs bisa menggunakan beberapa tips diatas untuk pemulihan pasca operasi. Sedangkan untuk yang baru akan menjalani operasi Eracs, diatas kami juga menyebutkan beberapa hal perlu disiapkan sebelum melakukan operasi.