Biaya Operasi Hernia Terbaru 2020 : BPJS & Non BPJS

Biaya Operasi Hernia – Hernia atau biasa disebut juga dengan turun berok merupakan suatu kondisi dimana terjadi saat organ dalam tubuh menekan dan mencuat melalui jaringan otot atau jaringan ikat di sekitarnya yang melemah. Kebanyakan penyakit ini sendiri menyerang pria dan anak-anak, namun tidak kemungkinan juga menyerang wanita.

Hernia dialami oleh anak-anak umumnya disebabkan kurang sempurnanya procesus vaginalis dalam menutup testis. Sementara, pada orang dewasa, hernia terjadi karena adanya tekanan tinggi didalam rongga perut serta bisa juga disebabkan oleh faktor usia dimana membuat otot dinding perut akan melemah.

Jika sudah terjadi penyakit hernia maka harus segera di tangani dengan benar dan cepat, untuk penanganannya sendiri kebanyakan ditangani dengan sebuah operasi dirumah sakit. Nah dalam penanganan operasi ini sendiri pastinya banyak yang menanyakan mengenai biaya dari operasinya.

Berapa si besaran biaya operasi hernia di rumah sakit di Indonesia? Nah pada kesempatan kali ini kodebpjs.com akan sampaikan informasi tersebut berupa soal biaya operasinya. Dirumah sakit Indonesia sendiri pastinya sangat beragama besarannya, tidak mungkin rumah sakit satu dengan yang lainnya memiliki besaran sama.

Besaran Biaya Operasi Hernia Terbaru

Besaran Biaya Operasi Hernia Terbaru

Untuk yang penasaran mengenai sebuah biaya operasinya, simak terus ulasan berikut ini sampai akhir. Selain itu pahami dan ketahui juga penyebab dan gejala yang dialami oleh para pasien dimana terkena penyakit hernia.

Biaya Operasi Hernia

Biaya Operasi Hernia

Untuk sebuah operasi hernia itu sendiri sangatlah bervariatif dan banyak sekali besaran harganya. Tidak jauh berbeda dengan sebuah biaya operasi penyakit lainnya, seperti biaya operasi prostat, operasi varikoke, operasi amandel dan lainnya.

Dimana besaran tersebut nantinya akan dilihat dari rumah sakit dan juga parahnya Hernia tersebut, semakin parah hernia akan semakin tinggi pula biaya operasinya. Rumah sakit juga akan menentukan besaran biayanya, semakin berkualitas rumah sakit dan alat untuk operasi semakin lengkap maka biaya juga akan semakin besar.

Untuk operasinya sendiri juga terdapat beberapa metodenya, berikut beberapa metode tersebut:

  • Herniotomi, dimana dokter akan memberi sayatan pada dinding perut dan mendorong hernia kembali ke dalam rongga perut serta membuang kantung hernia.
  • Herniorafi, pada operasi ini sendiri hampir sama seperti operasi diatas. Namun dokter akan menjahit area keluarnya hernia untuk lebih memperkuat pada area dinding perut.
  • Hernioplasti, sedangkan operasi ini dilakukan jika lubang tempat keluarnya hernia cukup besar.
  • Laparoskopi atau operasi lubang kunci, dimana nantinya dokter akan membuat sayatan kecil di dinding perut. Kemudian akan menggunakan laparoskop serta alat penunjang lainnya.

Untuk operasi mandiri atau dilakukan sendiri sangat bervariatif seperti sudah disampaikan di awal, secara umum operasi hernia secara mandiri bisa memerlukan biaya sebesar Rp 7.000.000 sampai Rp 20.000.000. Bahkan bisa lebih dari itu tergantung dengan parahnya hernia dan cara penanganannya.

Namun jika anda merupakan peserta program pemerintah yaitu BPJS kesehatan, maka anda bisa benafas lebih tenang. Hal tersebut karena penyakit hernia menjadi salah satu penyakit dimana ditanggung oleh BPJS kesehatan, semua biaya ditanggung oleh pihak BPJS.

Namun dengan biaya tersebut jika para pasien hernia mengikuti semua prosedurnya, mulai dari konsultasi ke faskes hingga surat rujukan ke rumah sakitnya. Selain itu BPJS kesehatan milik anda juga harus dalam kondisi aktif atau tidak memiliki tunggakan iuran.

Gejala & Penyebab Hernia

Gejala Penyebab Hernia

Untuk gejalanya juga sangat beragam dimana tergantung dengan lokasi serta tingkatan keparahan dari hernia. Dimana hernia di perut atau selangkangan ditandai dengan munculnya benjolan dimana bisa hilang ketika berbaring, namun akan muncul lagi jika penderita tertawa dan batuk. Nah berikut beberapa gejala umum lainnya:

  • Akan merasakan sebuah rasa nyeri di benjolan, biasanya terjadi pada saat membawa barang berat.
  • Rasa berat atau nyeri dan tidak nyaman pada perut saat dibawa membungkuk.
  • Ukuran benjolan semakin hari akan semakin membesar.
  • Jika hernia tersebut termasuk dalam kategori parah, maka bisa timbul rasa nyeri di dada serta sulit untuk menelan.
  • Jika rasa nyeri terlalu hebat bisa saja penderita hernia tiba-tiba muntah, sulit buang air besar, benjolan mengeras, dan sakit ketika disentuh.

Sedangkan untuk penyebabnya sendiri juga terdapat beberapa faktor, dimana hernia tersebut disebabkan oleh kombinasi antara kondisi otot yang tertarik serta melemah. Berikut beberapa hal atau faktor penyebab otot melemah penyebab hernia:

  • Usia, memang usia sangatlah berpengaruh sekali.
  • Bawaan kronis, terutama di area sekitar pusar serta diafragma.
  • Cedera maupun komplikasi pada daerah perut sehabis operasi.
  • Batuk kronis atau hebat.
  • Sering mengangkat beban terlalu berat.
  • Penumpukan cairan didalam rongga perut.
  • Bersin terlalu lama, sehingga otot bisa tertarik.
  • Serta beberapa penyebab lainnya.

Demikianlah besaran biaya operasi yang bisa kodebpjs.com sampaikan beserta beberapa gejala dan penyebabnya. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkan.