Biaya Operasi Varikokel Terbaru 2020 : BPJS & Non BPJS

Biaya Operasi Varikokel – Varikokel sendiri merupakan sebuah penyakit yang biasanya menyerang kaum pria. Penyakit ini merupakan kondisi dimana terjadi pelebaran pembuluh darah di atas testis, sehingga akan terjadi rasa sakit.

Varikokel ini sendiri memiliki bentuk seperti kantong yang tertutup oleh kulit dimana didalam pembuluh darah tersebut mengalirkan darah ke kelenjar reproduksi. Nantinya jika terjadi varikokel anda bisa merasakan atau meraba pembuluh darah.

Jika sudah terjadi dan mengalami masalah penyakit seperti ini, dan merasakan beberapa penyakit seperti rasa nyeri serta tidak nyaman, infertilitas selama 2 tahun, serta kadar sperma menurun. Maka langsung saja konsultasikan secara langsung dengan dokter.

Nantinya dokter akan menyarankan untuk melakukan sebuah operasi, bicara soal operasi sendiri pastinya akan memerlukan sebuah biaya. Nah besaran biaya operasi varikokel di rumah sakit di Indonesia ini juga sudah sangat bervariatif.

Besaran Biaya Operasi Varikokel Terbaru

Besaran Biaya Operasi Varikokel Terbaru

Tidak jauh berbeda dengan sebuah biaya operasi lainnya, seperti biaya operasi usus buntu, operasi batu ginjal, atau biaya operasi kuret. Ternyata operasi varikokel juga memerlukan biaya tidak sedikit dimana nantinya akan dilihat dari rumah sakit yang akan melakukan tindakan operasi.

Biaya Operasi Varikokel

Biaya Operasi Varikokel

Untuk bicara soal biaya operasinya sendiri, seperti yang sudah disampaikan di atas jika sebuah operasinya memiliki sebuah besaran bervariatif. Hal tersebut tergantung dengan rumah sakit yang akan melakukan sebuah operasi varikokel tersebut.

Selain rumah sakitnya, jenis operasi juga akan menentukan besaran biayanya, hal tersebut karena penanganannya berbeda setiap jenisnya. Berikut beberapa jenis operasi dimana bisa dilakukan kepada pasien penderita varikokel:

  • Operasi Laparoskopi, pada operasi ini nantinya dokter akan memberikan sebuah sayatan kecil di perut serta memasukkan peralatan tertentu untuk memulihkan kembali pembuluh darah yang bermasalah.
  • Varikokelelektomi, operasi ini dilakukan dengan ultrasound dan mikroskop bedah. Dimana nantinya pembuluh darah bermasalah akan di tutup sehingga darah akan mengalir di pembuluh darah yang lain.
  • Embolisasi Perkutan, pada operasi ini dilakukan oleh spesialis radiologi dimana nantinya akan memasukkan tabung kedalam tubuh melalui leher.

Nah pada umumnya operasi varikokel dirumah sakit di Indonesia dan dilakukan secara mandiri bisa mencapai angka Rp 10 juta – 15 juta. Biaya tersebut belum termasuk dengan biaya perawatan dan juga obatnya, jadi bisa dikatakan lebih dari itu.

Namun jika anda ikut serta dalam sebuah program pemerintah bernama BPJS kesehatan, maka bisa manfaatkan BPJS tersebut untuk operasinya. Biaya tersebut nantinya di cover dengan BPJS, sehingga terasa tidak terlalu berat pembayarannya.

Untuk bisa operasi varikokel dengan BPJS juga harus memerlukan sebuah prosedur dan persyaratan yang menjadi ketentuannya. Biasanya penyakit atau operasi dimana pembiayaannya dilakukan dengan BPJS, maka BPJS yang akan digunakan dalam kondisi aktif.

Selain itu, rujukan atau tindak lanjutan sudah diberikan ijin oleh faskes sebelumnya yaitu faskes 1. Jika sudah semua, maka hanya perlu datang ke rumah sakit dan berlanjut dengan tindakan atau pelaksanaan operasi.

Gejala & Pencegahan Varikokel

Gejala Pencegahan Varikokel

Beberapa gejala mungkin sudah disebutkan di awal seperti rasa nyeri yang dirasakan. Nah pada umumnya para pasien yang mengidap penyakit varikokel akan merasakan sebuah gejala seperti berikut.

  • Rasa sakit nantinya bisa sangat menusuk.
  • Semakin bertambahnya waktu dan tidak mendapatkan penanganan secara cepat akibat tidak berkonsultasi, maka semakin hari akan merasa sakit berlebih.
  • Jika ingin melakukan sebuah aktivitas atau hanya berdiri maka akan terasa sakit berlebihan.
  • Namun rasa sakit tersebut bisa berkurang jika berbaring terlentang.

Memang terkadang penderita penyakit varikokel tidak memahami, tidak merasakan dan tidak mengetahui jika mengidap penyakit varikokel. Dengan demikian jika merasakan beberapa masalah seperti diatas, segeralah untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter.

Untuk pencegahannya sendiri penyakit varikokel belum diketahui, dimana para dokter juga belum mengetahui secara tepat. Karena penderita penyakit varikokel sendiri kebanyakan memiliki usia 15 sampai 25 tahun, maka dalam usia tersebut lakukan sebuah pemeriksaan rutin kepada dokter jika merasakan salah satu masalah tersebut.

Mungkin itu saja yang bisa kodebpjs.com sampaikan untuk anda semua mengenai besaran biaya operasi sebuah penyakit varikokel serta gejala dan pencegahan yang bisa dilakukan. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkannya.