Biaya Operasi Lasik Terbaru 2020 : BPJS & Non BPJS

Biaya Operasi Lasik – Operasi lasik pada mata merupakan sebuah cara pengobatan penglihatan pada mata dengan cara penanganan bedah. Namun tidak semua operasi dengan metode lasik ini bisa dilakukan, hanya beberapa gangguan saja seperti miopia (rabun jauh), hiperopia (rabun dekat), dan astigmatisme (silinder).

Penanganan tersebut biasanya dilakukan di rumah sakit dimana akan di tangani oleh dokter spesialis mata. Operasi lasik sendiri merupakan salah satu jenis bedah refraktif menggunakan laser, dimana prosedur bedah lasik memiliki bertujuan mengubah bentuk kornea mata guna memperbaiki penglihatannya.

Pastinya bicara operasi memerlukan sebuah biaya cukup banyak terlagi ini didaerah penting yaitu pada mata. Nah kali ini kodebjs.com akan sampaikan informasi mengenai besaran biaya operasi lasik, pasti banyak yang mempertanyakan soal besaran biaya operasi penanganan mata ini.

Mengapa di lakukan sebuah operasi lasik sendiri yaitu lebih bertujuan untuk mengurangi sebuah pemakaian kacamata serta lensa kontak atau bahkan terbebas dari keduanya. Ini sangat membantu sekali dalam urusan penglihatan orang yang mengalami beberapa masalah tersebut.

Besaran Biaya Operasi Lasik Terbaru

Besaran Biaya Operasi Lasik Terbaru

Nah sebelum menjalani prosedur lasik itu sendiri, terlebih dahulu anda harus melakukan pemeriksaan serta berkonsultasi dengan dokter spesialis mata. Untuk memastikan bahwa anda merupakan pasien yang baik untuk menjalani operasi lasik tersebut, nah berikut informasi mengenai biaya operasi yang kodebpjs.com akan sampaikan untuk anda.

Biaya Operasi Lasik

Biaya Operasi Lasik

Bicara soal biaya sebuah operasi lasik itu sendiri, di Indonesia memiliki besaran cukup beragam dan setiap rumah sakit akan memiliki besaran berbeda antara satu dengan rumah sakit yang lainnya. Menjadikan besaran tersebut tergantung pemilihan sebuah rumah sakit mana yang dipilih nantinya.

Selain itu penyakit mata tersebut juga nantinya mempengaruhi biayanya, dimana semakin parah penyakitnya maka akan besar juga biaya diperlukan. Di Indonesia sendiri sebuah operasi lasik bisa memakan biaya sampai Rp 6.000.000 sampai Rp 45.000.000 bahkan lebih.

Itu hanya biaya operasinya saja, jika di hitung dengan biaya pengobatan dan biaya rawat inapnya pastinya besaran tersebut akan bertambah lagi. Yang jelas siapkan uang lebih dari biaya operasi untuk mengantisipasi pembengkakan biaya tidak terduga.

Untuk para peserta BPJS kesehatan sendiri bisa memanfaatkan kepesertaannya ini hanya untuk menanggung biaya operasi bersifat pengobatan. Seperti tindakan operasi katarak, namun sementara itu untuk penanganan masalah seperti rabun jauh, BPJS kesehatan hanya menanggung biaya untuk kacamatanya.

Jadi jika ingin melakukan operasi lasik dengan pembiayaan BPJS dilihat terlebih dahulu penyakit apa yang di deritanya. Sehingga nantinya memanfaatkan sebuah kepesertaan BPJS tersebut.

Sebelum & Setelah Operasi Lasik

Sebelum Setelah Operasi Lasik

Sebelum melakukan sebuah operasi lasik nantinya dokter akan mendiskusikan risiko dan manfaat dari operasi lasik itu sendiri. Setelah semuanya telah di diskusikan, dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap mata pasien dengan diawali menanyakan riwayat medis, bedah, dan lainnya.

Saat pemeriksaan mata ini, dokter nantinya akan memberi evaluasi tajam penglihatan serta mencari tanda-tanda infeksi mata, radang, mata kering, pupil besar, tekanan mata tinggi dan kondisi mata lainnya. Dokter yang menangani juga akan mengukur kornea, mencatat bentuk, kontur, ketebalan serta pada setiap penyimpangan yang ada.

Jika semuanya sudah menemukan titik terang dan dokter menyarankan melakukan sebuah operasi lasik, maka dokter akan melakukan secara cepat. Operasi tersebut nantinya dilakukan dengan waktu kurang lebih 30 menitan.

Setelah melakukan sebuah operasi nantinya mata akan terasa gatal, terbakar serta berair. Penglihatan tidak seperti sebelum operasi dimana pasien operasi lasik sedikit akan kabur penglihatannya sementara waktu serta mengalami sedikit rasa sakit, namun bisa sembuh dengan cepat.

Biasanya dokter akan memberi obat nyeri atau obat tetes mata dimana bisa menghilangkan rasa sakit setelah operasi sehingga akan terasa nyaman selama beberapa jam setelah operasi dilakukan. Dokter mata mungkin juga nantinya akan meminta pasien operasi lasik ini untuk menggunakan pelindung mata sampai mata sembuh sempurna.

Efek & Bahaya Operasi Lasik

Efek Bahaya Operasi Lasik

Setelah melakukan sebuah operasi lasik pastinya memiliki efek samping dan juga bahayanya. Hal ini juga perlu anda ketahui, sehingga nantinya akan lebih mudah memahami mengenai penganan secara tepatnya.

  • Undercorrections, yaitu ketika laser menghilangkan sedikit jaringan kornea. Nantinya hasil penglihatan setelah operasi tidak sejelas yang diharapkan.
  • Overcorrections, kemungkinan laser menghilangkan terlalu banyak jaringan kornea dimana mungkin akan sedikit lebih sulit memperbaiki dari pada undercorrections.
  • Penglihatan terasa buram kembali, seiring waktu nantinya mata perlahan dapat kembali ke keadaan semula. Dimana bisa terjadi karena beberapa kondisi tertentu, seperti penyembuhan luka abnormal, tidak seimbangnya hormon atau kehamilan.
  • Mata kering, juga menjadi efek samping setelah operasi telah dilakukan sehingga menyebabkan penurunan sementara dalam produksi air mata.
  • Hilangnya penglihatan atau perubahan akibat terjadinya komplikasi.
  • Serta beberapa efek dan bahaya lain setelah operasi tersebut.

Demikian informasi mengenai biaya operasi lasik yang kodebpjs.com sampaikan. Dimana yang jelas biaya operasi tersebut tidak jauh berbeda dengan biaya operasi prostat, hernia dan penyakit lainnya yang akan melihat seberapa parah penyakit dan rumah sakit yang melakukan operasi.