√ Biaya Operasi Tumor Otak 2021 : BPJS & Non BPJS

Biaya Operasi Tumor Otak – Seperti kita ketahui bahwa segala bentuk penyakit yang menyerang ke sistem saraf di area Otak pastinya sangat berbahaya. Penyakit yang menyerang area tersebut salah satunya adalah Tumor Otak dimana perlu penanganan serius dalam mengobati penyakit ini, yaitu dengan cara operasi.

Sebelum kami jelaskan lebih lanjut, perlu diketahui bahwa penyakit Tumor Otak sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah Glioma, Meningioma dan Medullobalstoma. Kemudian masing-masing jenis Tumor Otak tersebut bisa berkembang di area-area yang berbeda.

Tumbuhnya Tumor Otak biasanya disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Selain itu penyakit ini juga bisa terjadi karena adanya pertumbuhan yang tidak normal dalam sel otak. Terlepas dari apapun penyebab dari terjadinya Tumor Otak, yang jelas penyakit ini kerap ditangani dengan cara melakukan operasi.

Nah, pada artikel berikut ini kami bakal menjelaskan secara lengkap mengenai biaya operasi Tumor Otak untuk pasien BPJS Kesehatan maupun Non peserta (pasien umum). Baiklah, tanpa perlu berlama-lama lagi langsung saja simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Hal-Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Operasi Tumor Otak

Hal Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Operasi Tumor Otak

Sebelum masuk ke inti pembahasan, disini kami bakal menjelaskan sedikit mengenai beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum menjalani operasi Tumor Otak. Jadi bagi kalian atau saudara kalian yang sedang menderita Tumor Otak dan ingin menjalani operasi perlu menyiapkan hal-hal sebagai berikut :

1. Kondisi Mental

Pertama, pasien penderita Tumor Otak harus mempersiapkan kondisi mental sebelum menjalani operasi. Faktor ini penting agar pada proses operasi pasien bisa lebih tenang sehingga memperlancar jalannya operasi.

2. Pilih Dokter Spesialis Terbaik

Kedua, pasien juga perlu memilih dokter spesialis terbaik dari Rumah Sakit yang memiliki kredibilitas baik juga. Dengan demikian, penanganan penyakit tersebut bisa lebih terjamin keberhasilan nya.

3. Biaya Operasi

Ketiga, biaya operasi tentu saja merupakan persiapan paling penting sebelum melakukan operasi  Tumor Otak.  Sementara itu, mengenai besaran biaya yang harus disiapkan untuk menjalani operasi Tumor  Otak bakal kami jelaskan nanti.

4. Berkas Persyaratan (Khusus Pasien BPJS)

Keempat, khusus untuk pasien penderita Tumor Otak yang menjadi peserta BPJS Kesehatan wajib memenuhi berkas persyaratan sesuai ketentuan yang berlaku.

5. Puasa Minimal H-3 Sebelum Operasi

Kelima, sebelum menjalani operasi alangkah baiknya pasien melakukan puasa selama kurang lebih 3 hari sebelum hari H. Atau selama waktu tersebut kalian hanya mengkonsumsi nasi putih dan perbanyak minum air putih.

Biaya Operasi Tumor Otak

Biaya Operasi Tumor Otak

Setelah menyimak beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum operasi Tumor Otak, sekarang mari kita lanjut ke inti pembahasan yaitu biaya yang diperlukan untuk menjalani operasi Tumor Otak. Sementara itu, perlu diketahui bahwa biaya operasi Tumor Otak terbagi menjadi dua macam, yaitu untuk pasien BPJS Kesehatan dan pasien umum.

Untuk yang pertama kami bakal menjelaskan ketentuan biaya operasi pengangkatan Tumor Otak bagi para pasien Non BPJS. Artinya, biaya yang diterapkan wajib dilunasi oleh pihak pasien tanpa adanya bantuan apapun dari Pemerintah.

Biaya operasi dari penyakit tersebut berbeda-beda antara Rumah Sakit satu dan Rumah Sakit lainnya. Berikut telah kami rangkum biaya operasi Tumor Otak di beberapa Rumah Sakit di Indonesia :

  • Rumah Sakit Mayapada Jakarta Selatan – Rp. 27.940.000
  • MRCCC Siloam Semanggi – Rp. 102.000.000
  • Rumah Sakit Mayapada Tangerang – Rp. 25.300.000

Memang biaya yang diterapkan untuk penanganan Tumor Otak lebih mahal dari biaya operasi Gegar Otak dan biaya operasi Kelenjar Getah Bening yang dibanderol tidak kurang dari 100 juta rupiah.

Biaya Pengangkatan Tumor Otak Pakai BPJS

Biaya Pengangkatan Tumor Otak Pakai BPJS

Sementara itu bagi para peserta BPJS Kesehatan, kalian bisa menjalani operasi Tumor Otak tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Sebelum kami jelaskan lebih lanjut, perlu diketahui bahwa pada program BPJS Kesehatan terdapat beberapa penyakit yang bisa ditanggung, salah satunya adalah Tumor Otak.

Penanganan penyakit tersebut juga sudah termasuk menjalani operasi untuk mengangkat sel Tumor yang berkembang di area Otak. Namun untuk melakukan proses tersebut setiap peserta diminta untuk memenuhi beberapa syarat, antara lain :

  • Kartu BPJS Kesehatan
  • Surat Rujukan dari Puskesmas
  • Kartu pasien

Setelah itu kalian akan memperoleh instruksi selanjutnya untuk melakukan operasi pengangkatan sel Tumor melalui Rumah Sakit dan Dokter Spesialis sesuai dengan rujukan. Untuk urusan biaya, peserta BPJS Kesehatan tidak akan dikenai biaya apapun untuk menjalani pengobatan tersebut.

Cara Mengobati Tumor Otak Tanpa Operasi

Cara Mengobati Tumor Otak Tanpa Operasi

Selain melalui jalan operasi, untuk mengatasi atau mengobati penyakit Tumor Otak juga bisa dilakukan tanpa harus melakukan operasi. Namun cara ini mungkin hanya berlaku apabila sel Tumor tumbuh di area Otak yang tidak terjangkau atau memiliki resiko besar jika dilakukan operasi.

Selain itu, cara ini juga bisa diterapkan apabila Tumor Otak yang diderita masih tergolong jinak (belum fatal). Dengan cara ini, maka pasien tidak perlu keluar biaya banyak untuk menangani penyakit tersebut. Nah, penasaran apa saja metode pengobatan yang bisa digunakan oleh penderita Tumor Otak ? Simak penjelasan selengkapnya dibawah ini :

1. Radioterapi

Cara pertama adalah menjalani proses Radioterapi. Bagi yang belum tahu, Radioterapi merupakan proses pemberian energi radiasi untuk membunuh sel Tumor.

Ketika menjalani pengobatan ini, penderita akan mengalami efek samping berupa kelemahan daya tahan tubuh, nyeri kepala hingga muncul iritasi pada kulit kepala.

2. Kemoterapi

Cara kedua adalah melakukan pengobatan Kemoterapi. Dalam menjalani Kemoterapi, pasien akan menerima obat dalam bentuk kapsul atau suntik yang tentunya berguna untuk membuang sel Tumor pada Otak.

3. Rehabilitasi

Cara ketiga adalah Rehabilitasi. cara ini biasanya dilakukan pada penderita Tumor Otak yang telah melakukan operasi. Proses ini bertujuan untuk membantu pemulihan pasien, khususnya untuk melatih fungsi dan kekuatan otot dan Speech Therapy untuk kemampuan bicara. Selain itu Rehabilitasi juga mampu mencegah tumbuhnya sel Tumor Otak di area sebelumnya.

Jadi seperti itulah informasi dari kodebpjs.com mengenai ketentuan biaya operasi Tumor Otak bagi pasien Umum maupun pasien BPJS Kesehatan. Selain itu, diatas kami juga menjelaskan beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum menjalani operasi pengangkatan sel Tumor Otak. Bahkan ada juga informasi seputar cara lain untuk mengobati Tumor Otak tanpa harus melakukan operasi.

Semoga dengan adanya informasi diatas, para penderita Tumor Otak bisa lebih menyiapkan biaya untuk melakukan operasi pengangkatan sel Tumor Otak. Apabila belum mempunyai biaya untuk operasi, maka bisa menggunakan alternatif lain dengan cara menjalani Kemoterapi atau Radioterapi.