Biaya Operasi Tumor Payudara Dengan BPJS & Tanpa BPJS

Biaya Operasi Tumor Payudara – Di Indonesia bahkan di Dunia, Tumor Payudara merupakan satu dari sekian banyak penyakit paling mematikan. Meski begitu, bukan berarti penderita Tumor Payudara tidak memiliki kesempatan untuk sembuh.

Penyakit tersebut bisa disembuhkan melalui proses Operasi. Sementara itu, biaya Operasi untuk menangani penyakit ini memang tidak murah, oleh karena itu terkadang penderita Tumor Payudara, khususnya dari kalangan masyarakat tidak mampu terkadang memilih untuk berjuang sendiri karena tidak sanggup membayar biaya Operasi.

Memangnya berapa sih biaya Operasi Tumor Payudara di Rumah Sakit Indonesia? Apakah mencapai angka ratusan juta rupiah? Bagi kalian yang penasaran dengan tarif Operasi Tumor Payudara, silahkan simak artikel ini sampai akhir.

Sementara itu, untuk kalian yang juga penasaran apakah Operasi penyakit ini bisa ditanggung BPJS atau tidak, kami telah menyiapkan jawabannya pada artikel ini. Baiklah, daripada terus penasaran langsung saja simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Citayam

Biaya Operasi Tumor Payudara

Biaya Operasi Tumor Payudara

Seperti kami sebutkan diatas bahwa penyakit Tumor atau Kanker Payudara menjadi salah satu penyakit paling berbahaya di Dunia. Hampir 70% kasus wanita penderita Tumor Payudara berakhir meninggal dunia.

Sedangkan untuk cara mengobati penyakit ini para Dokter menyarankan mengambil jalur Kemoterapi, radioterapi, cryosurgery, hingga mengambil jalur Operasi untuk mengangkat Tumor yang bersarang di area tersebut.

Tapi biaya yang dibutuhkan untuk menjalani Operasi ini tentu jauh lebih mahal dibandingkan biaya Operasi Prostat, Mata Minus dan beberapa penyakit lainnya. Mahal nya biaya untuk Operasi ini tentu saja tidak lepas dari metode dan fasilitas yang digunakan pada proses Operasi pengangkatan Tumor Payudara.

Sebelum kami jelaskan informasi terkait biaya Operasi Tumor Payudara, terlebih dahulu perlu diketahui bahwa setiap penderita Tumor Payudara harus melakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan Dokter Spesialis.

Selanjutnya Dokter bakal menganjurkan metode pengobatan yang perlu dilakukan, apakah itu cukup dengan radioterapi maupun cryosurgery. Tapi jika Tumor sudah akut yang ditandai dengan adanya benjolan besar di area Payudara, maka jalan terakhir yang perlu diambil adalah Operasi.

Budget yang harus disiapkan untuk menjalani Operasi ini kurang lebih antara 7 sampai 80 juta rupiah. Nantinya besaran biaya yang dibutuhkan bakal ditentukan dari pihak Rumah Sakit tempat kalian menjalani penanganan medis tersebut.

Selain itu, Operasi Tumor Payudara juga terbagi menjadi beberapa jenis, sesuai kondisi penderita, diantaranya :

1. Mastektomi

Jenis Operasi merupakan proses pengangkatan satu atau dua Payudara guna mencegah penyebaran sel Tumor ke area lain.

2. Lumpektomi

Jenis Operasi ini merupakan proses pengangkatan bagian Payudara yang sudah terjangkit sel Tumor.

3. Rekonstruksi Payudara

Sedangkan untuk Rekonstruksi Payudara merupakan proses perbaikan pada bagian Payudara yang telah dibersihkan sel Tumor nya. Pada proses ini Dokter bakal menggunakan metode Implan atau menggunakan daging pada bagian tubuh lain seperti paha, perut, punggung dan bagian bokong.

Setelah mengetahui jenis-jenis Operasi Tumor Payudara, berikut ini kami berhasil merangkum informasi terkait biaya Operasi Kanker Payudara di beberapa Rumah Sakit ternama di Indonesia, antara lain:

Rumah Sakit

Biaya Operasi

RS Citra Medika LamonganMulai dari Rp. 6.340.000
RS Kebon Jati BandungMulai dari Rp. 7.552.000
RSAL Dr Ramelan SurabayaMulai dari Rp. 11.200.000
RS Balimed DenpasarMulai dari Rp. 15.853.000
RS Medielle Clinic SurabayaMulai dari Rp. 25.000.000
RS Telogorejo SemarangMulai dari Rp. 30.000.000
RS Premier SurabayaMulai dari Rp. 82.000.000

Biaya diatas berlaku untuk pasien tanpa BPJS Kesehatan (tidak terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan). Dengan begitu, apakah artinya Operasi Tumor Payudara bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan? Jawabannya adalah IYA.

Operasi Tumor Payudara merupakan salah satu dari sekian banyak jenis Operasi yang ditanggung BPJS. Tapi, untuk menggunakan fasilitas ini kalian perlu melengkapi beberapa syarat yang berlaku, antara lain :

  • Sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan aktif
  • Sudah membayar seluruh iuran atau Premi
  • Memiliki surat rujukan dari Dokter di Puskesmas / Klinik
  • Rumah Sakit yang menjadi tempat Operasi sudah terdaftar sebagai Faskes BPJS Kesehatan
  • Siap dalam kondisi fisik maupun mental

Setelah memenuhi semua syarat diatas, kalian para penderita Tumor Payudara bisa langsung mendatangi Rumah Sakit yang akan dipakai sebagai tempat Operasi. Disana kalian bisa menemui petugas Resepsionis untuk melakukan registrasi pengobatan dengan jalur BPJS Kesehatan.

Selanjutnya petugas akan menjelaskan semua prosedur  yang berkaitan dengan penanganan Tumor Payudara menggunakan BPJS Kesehatan, lengkap dengan jadwal, hal-hal yang perlu disiapkan dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk biaya nya sendiri adalah GRATIS 100%. Sebab, seluruh biaya untuk Operasi ini akan ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah selaku penyelenggara program BPJS Kesehatan.

KESIMPULAN

Demikianlah informasi dari tim Kodebpjs.com mengenai tarif Operasi Tumor Payudara di Rumah Sakit Indonesia. Penanganan medis tersebut juga ditanggung oleh BPJS Kesehatan, sehingga untuk para penderita Tumor Payudara yang terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan bakal menerima keringanan biaya hingga 100%.

sumber gambar :

  • lifepal.co.id