√ Biaya Operasi Kraniotomi 2022 : Umum & BPJS

Biaya Operasi Kraniotomi – Operasi adalah tindakan medis yang dilakukan untuk menangani suatu penyakit atau masalah kesehatan yang bersifat serius. Cara ini dilakukan agar penderita tidak mengalami risiko berbahaya yang mungkin bakal ditimbulkan dari penyakit tersebut.

Mendengar kata operasi, seringkali hal yang pertama kali terbesit di pikiran adalah soal biaya. Meskipun Dokter menganjurkan supaya dilakukan operasi guna menangani penyakit yang di derita, tapi bagi penderita yang memiliki kemampuan finansial lemah pastinya harus memikirkan soal biaya yang dibutuhkan.

Belum jika tindakan operasi bertujuan menangani kasus penyakit yang cukup serius, salah satunya adalah operasi Kraniotomi. Secara garis besar, operasi Kraniotomi dilakukan untuk mengatasi penyakit serius yang bersarang di kepala pasien.

Dengan begitu, tindakan operasi ini tentunya harus dilakukan oleh Dokter ahli karena menyangkut organ vital dari tubuh manusia. Sementara itu, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menjalani operasi Kraniotomi? Temukan jawaban selengkapnya dibawah ini.

Citayam

Apa Itu Operasi Kraniotomi ?

Apa Itu Operasi Kraniotomi

Seperti biasa, sebelum masuk ke inti pembahasan terlebih dahulu kami ingin menjelaskan sedikit mengenai apa itu operasi Kraniotomi. Jadi operasi ini adalah tindakan medis berupa pembedahan kepala pasien untuk menangani masalah saraf di dalamnya.

Selain itu, operasi Kraniotomi juga bisa dibilang sebagai bentuk penanganan terhadap gangguan saraf otak yang berfungsi mengirim pesan ke tulang belakang maupun bagian tubuh lainnya. Dengan begitu, tindakan medis seperti ini pastinya harus dilakukan oleh Spesialis Dokter Bedah terbaik dan sudah berlisensi.

Kemudian perlu diketahui bahwa operasi Kraniotomi juga tidak hanya dilakukan untuk bedah saraf di bagian kepala, melainkan di beberapa anggota tubuh yang memiliki saraf penting. Hal tersebut dikelompokkan menjadi beberapa jenis operasi Kraniotomi berikut ini :

1. Kraniotomi Tumor

Pertama ada Kraniotomi Tumor yang dilakukan untuk mendiagnosis maupun mengobati sel Tumor yang tumbuh pada sistem saraf.

2. Kraniotomi Vaskular

Kedua, dalam Dunia Medis juga terdapat operasi Bedah Saraf Vaskular untuk menangani kelainan pembuluh darah pada otak.

3. Kraniotomi Fungsional

Ketiga, Kraniotomi Fungsional digunakan untuk menangani kelainan fungsi sistem saraf.

4. Kraniotomi Traumatik

Keempat, ada juga Kraniotomi Traumatik untuk mengobati gangguan saraf pada otak maupun tulang belakang yang disebabkan oleh suatu cedera.

5. Kraniotomi Pediatrik

Kelima, operasi Kraniotomi yang dilakukan pada saraf bayi  dan anak-anak disebut sebagai Kraniotomi Pediatrik.

6. Kraniotomi Spinalis

Terakhir adalah Kraniotomi Spinalis yang khusus dilakukan untuk mengobati penyakit saraf di area tulang belakang.

Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Operasi Bedah Saraf

Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Operasi Bedah Saraf

Setelah menyimak sedikit penjelasan mengenai operasi Kraniotomi beserta jenisnya, sekarang kita lanjut ke pembahasan berikutnya. Jadi, sebelum menjalani operasi Kraniotomi, pasien diharapkan untuk mempersiapkan beberapa hal sebagai berikut :

  • Menyiapkan fisik dan mental
  • Melakukan konsultasi pada Dokter Bedah Saraf
  • Mencari Dokter Spesialis terbaik untuk melakukan operasi Kraniotomi
  • Memilih Rumah Sakit dengan fasilitas dan pelayanan terbaik
  • Menyiapkan biaya untuk operasi Kraniotomi
  • Berpuas setidaknya 1 hari sebelum operasi Kraniotomi

Berapa Lama Proses Operasi Kraniotomi ?

Sampai disini kalian juga mungkin bertanya-tanya mengenai berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjalani operasi Kraniotomi. Jadi, berdasarkan informasi yang kami peroleh, proses penanganan medis ini berlangsung antara 3 sampai 5 jam.

Namun estimasi tersebut juga menyesuaikan kasus medis yang dialami pasien. Jika penyakit yang diderita cukup parah, mungkin proses operasi bakal berjalan lebih lama. Selain itu, dosis obat bius yang digunakan juga lebih tinggi, sehingga pasien akan sadar beberapa jam setelah operasi.

Biaya Operasi Kraniotomi

Biaya Operasi Kraniotomi

Setelah menyimak semua penjelasan diatas, sekarang kita sampai pada inti pembahasan dari artikel ini yaitu mengenai berapa biaya operasi Kraniotomi. Disini perlu kami ingatkan bahwa biaya operasi Kraniotomi nantinya menyesuaikan jenis penyakit pasien.

Selain itu, kalian juga mungkin penasaran apakah biaya operasi bedah saraf bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan atau tidak. Supaya lebih jelas, berikut telah kami siapkan informasi seputar biaya operasi Kraniotomi baik untuk pasien Umum maupun pasien BPJS Kesehatan.

1. Pasien Umum

Pertama, untuk kalian penderita penyakit yang memerlukan operasi Kraniotomi, disini kalian wajib menyiapkan budget antara Rp. 720.000 sampai dengan Rp. 100.000.000. Besar kecilnya biaya yang dikeluarkan tergantung seberapa besar kasus yang ditangani dan lokasi melakukan operasi tersebut. Oleh karena itu, kami sarankan agar melakukan konsultasi pada pihak Fasilitas Kesehatan terkait biaya untuk operasi Kranotomi.

2. Pasien BPJS

Kedua, untuk pasien BPJS Kesehatan yang hendak melakukan operasi Kraniotomi juga perlu menyiapkan budget yang sama seperti pasien umum. Sebab, penanganan medis untuk penyakit saraf tidak termasuk dalam daftar penyakit yang ditanggung BPJS Kesehatan. Hanya saja untuk pasien BPJS Kesehatan mungkin bisa menggunakan layanan tersebut sebagai biaya perawatan pasca operasi Kranotomi.

Demikianlah penjelasan dari tim kodebpjs.com mengenai biaya operasi Kranotomi yang ternyata bisa lebih mahal daripada biaya operasi Gegar Otak. Selain itu, diatas kami juga menjelaskan informasi seputar hal-hal yang perlu disiapkan sebelum operasi hingga estimasi waktu menjalani operasi Kranotomi.

Satu lagi, disini juga kami beritahukan bahwa  setelah melakukan operasi Kranotomi mungkin terdapat efek samping berupa sakit kepala, pendarahan dan lain sebagainya. Oleh karena itu, setelah operasi kalian masih harus menjalani perawatan medis secara berkala untuk memantau pemulihan pasca operasi Kranotomi.